Trik Fotografi HP Android

Mungkin anda adalah sebagian dari orang yang lebih senang memotret menggunakan kamera smartphone daripada menggunakan kamera DSLR ataupun Mirrorless. Memang memotret menggunakan kamera smartphone itu lebih mudah, praktis, dan cepat (cepat upload ke Instagram biar dapet Like yang banyak hehe 🙂 ) Artikel ini akan membahas tips dan trik fotografi hp android / smartphone yang berbasis iOS dan lainnya.

Tapi bagaimana caranya agar memotret menggunakan kamera smartphone / kamera hp supaya bisa menghasilkan foto yang jernih, fokus, menarik dan tidak kalah dengan hasil kamera DSLR dan Mirrorless ? Artikel ini akan memberikan tips dan trik fotografi smartphone agar hasil yang anda peroleh bisa maksimal.

Oiya biasanya jenis fotografi yang menggunakan teknik fotografi ponsel android atau ponsel iOS ini adalah “Food Photography” ala anak hits kekinian yang biasanya langsung diunggah ke Instagram hehehe.

Langsung saja, untuk mengerti cara memotret yang baik dengan hp / smartphone  anda harus paham terlebih dahulu beberapa hal dibawah ini : (3 Hal penting yang harus anda ketahui sebelum anda menguasai trik fotografi hp android)

  • Spesifikasi hp / smartphone anda sangat berpengaruh pada hasil yang didapatkan
  • Cahaya alami / natural lebih baik dari cahaya dari “flash” kamera smartphone anda
  • Fitur “Tap to Focus” sangat bermanfaat dalam kegiatan memotret menggunakan kamera hp / smartphone

Berbicara mengenai fitur “Tap to Focus” mungkin sebagian dari pembaca blog tentangfotografi.com masih asing dengan istilah ini, fitur ini memungkinkan kita memfokuskan kamera pada satu titik saja guna menghindari blur. Tap sekali sampai kamera fokus kemudian tap lagi untuk mengambil gambar. (Pengalaman saya menggunakan Red Mi 2 Prime)

Kita mulai masuk pada tips dan trik fotografi smartphone :

Tips dan Trik Fotografi HP Android Pertama

Download APP yang Mendukung Kegiatan Fotografi Ponsel Anda

Karena anda akan berurusan dengan kegiatan mengolah gambar maka sediakan terlebih dahulu APP pengolah gambar yang anda suka, cocok, dan anda rasa pas! Saya biasanya menggunakan SnapSeed garapan Google karena mudah dalam penggunaannya dan tidak memenuhi memory hehehe 🙂

Mengedit foto menggunakan SnapSeed saya rasa adalah pilihan yang tepat karena banyak pengaturan yang sangat mudah anda oprasikan hanya dengan menggeser ke atas dan ke bawah. Jika anda cocok dengan APK lain tentunya tidak menjadi masalah, its choice ! 🙂

Tips dan Trik Fotografi HP Android Kedua

Hindari Menggunakan Zoom In, Mendekatlah ke Objek !

Mengapa kita harus menghindari zoom in? Alasannya sederhana, jika anda zoom in gambar akan terlihat pecah dan kurang menarik dilihat. Akan lebih baik jika anda mendekat saja ke objek daripada menggunakan zoom in. Kecuali keadaan yang tidak memungkinkan kita mendekat ke objek, barulah kita menggunakan zoom in 🙂

Akan berbeda ceritanya jika kita menggunakan lensa eksternal untuk smartphone, mau zoom in sampai mentok pun tidak menjadi masalah hehe. Oiya seperti pada kamera DSLR, teknik meredam guncangan juga sangat penting dalam fotografi ponsel cuma memang agak sedikit berbeda tekniknya saja. Kita akan bahas sebentar lagi !

Tips dan Trik Fotografi HP Android Ketiga

Genggam Smartphone Anda dengan Teknik yang Benar !

Untuk menghindari resiko blur /  gambar menjadi buram, kabur, dan tidak jelas maka teknik kita dalam menggenggam smartphone haruslah benar. Seperti apa teknik yang benar itu ? Pastikan anda menggenggam smartphone menggunakan 2 tangan! Hindari menggenggam ponsel hanya menggunakan 1 tangan saja, selain beresiko blur gadget anda juga bisa saja jatuh – rusak!

fotografi-ponsel
Teknik yang benar

Sumber Gambar

Sebenarnya ada tips yang lebih ampuh untuk menggenggam kamera dengan satu tangan, oiya tips tersebut sudah saya bagikan di grup subscriber tentangfotografi.com ya teman-teman. Bisa dicek sekarang juga!

Tips dan Trik Fotografi HP Android Keempat

Pastikan Pencahayaan Cukup, Jangan Berlebihan Apalagi Kekurangan Cahaya

Dalam teknik fotografi apapun, baik itu “Food Photography” ataupun teknik lain tentunya sangat membutuhkan peran cahaya (Cahaya Natural). Begitupula dengan teknik memotret menggunakan kamera hp / smartphone, kita harus memastikan intensitas cahaya yang menerangi objek cukup. Tidak kurang dan tidak lebih, yang terbaik adalah  pencahayaan yang”Pas” apalagi kita memotret menggunakan kamera smartphone.

Waktu terbaik untuk memotret menggunakan kamera smartphone biasanya di pagi dan sore hari, hindari memotret ketika siang bolong! Selain cahaya yang berlebih, kulit anda juga akan hitam hehehe. Apalagi memotret ketika malam hari tanpa bantuan pencahayaan lain, jika ditingkatkan kecerahannya malah akan muncul “noise” yang mengganggu. Terus apa yang bisa kita lakukan untuk memotret di malam hari? Cari pencahayaan lain yang membantu meneranagi objek, jika terpaksa (tidak ada lagi pencahayaan lain) maka anda bisa menggunakan flash. Tapi hindari penggunaan flash jika berkemungkinan mengganggu oranglain, maksudnya?

Misalnya ketika kita ingin mengupdate momen keseruan saat menonton film di Bioskop bersama pacar, keluarga, atau siapapun itu kemudian kita memotret menggunakan flash, nah itu sangat mengganggu (sekali) bisa-bisa kita dilempari oleh penonton lain hehehe. So? gunakan flash dengan bijak ya guys!

Tips dan Trik Fotografi HP Android Kelima

Hindari Flash!

fotografi-ponsel

Sumber gambar

Masih soal flash, mengapa flash tidak boleh digunakan sembarangan? Ini dia salah satu alasannya (True Story) “Ketika saya mengikuti seminar dari salah satu dosen di aula, ada seorang dokumentator yang memegang kamera Canon 1200D (kayaknya) kemudian dia memotret menggunakan flash padahal waktu itu sekitar jam 11 siang alias tengah hari dan aula pun mendapatkan cahaya yang cukup. Karena hal ini serentak beberapa mahasiswa langsung menoleh dan 1/2 kaget, konsentrasi buyar, dan kepala juga pening karena melihat cahaya yang begitu silau.

Mengganggu sekali bukan? Inilah salah satu alasan mengapa kita harus menggunakan flash secara bijak 🙂

Tips dan Trik Fotografi HP Android Keenam

Gunakan Ide Komposisi Foto yang Menarik

Salah satu upaya meningkatkan kualitas foto agar terlihat lebih menarik adalah menggunakan komposisi foto yang unik. Seperti apa komposisi yang menarik itu ? Coba perhatikan foto dibawah ini :

Trik Fotografi HP Android

Sumber Gambar : Digital-Photography-School.com

Bagus ya komposisinya, teknik diatas menggabungkan 3 elemen yaitu tarikan garis horizontal & vertikal, warna cerah, dan 2 orang yang berada  di sisi kiri-kanan garis vertikal. Ide komposisi ini saya bahas dalam artikel khusus dengan judul 2+1 Ide Komposisi Menarik yang Harus Anda Coba Sekarang! Selain ide diatas anda juga bisa menggunakan ide anda sendiri, untuk referensi ide-ide lain anda bisa membaca artikel yang satu ini.

Tips dan Trik Fotografi HP Android Ketujuh

(Opsional) Gunakan Lensa Eksternal

Lensa eksternal yang akan saya bahas dalam artikel ini adalah SONY QX Series (yang sebenarnya bukan lensa eksternal, tanya kenapa? Ini Jawabannya). SONY QX Series ini membantu anda memberikan hasil yang tidak main-main karena sensor yang digunakan didalamnya adalah sensor SONY yang diadopsi dari SONY RX 100 Mark II.

Baca juga kumpulan artikel menarik seputar fotografi di tautan yang saya sematkan dibawah ini !

Kumpulan Artikel Menarik Seputar Fotografi !

Jadi jika budget anda berlebih, anda bisa menjadikan tips nomor 6 ini sebagai pilihan. Namun jika anda belum memiliki budget yang cukup anda bisa menggunakan lensa wide, fisheye, dan makro yang banyak dijual di toko aksesoris handphone. Saya suka menggunakan lensa wide apalagi untuk memotret landsekap 🙂 Baca juga artikel terkait tips memotret menggunakan kamera smartphone yang saya kutip dari blog anaksantai.com 

Oiya untuk anda yang belum mengetahui seperti apa bentuk smartphone anda jika sudah dikolaborasikan dengan SONY QX Series, ini dia bentuk gaharnya :

fotografi-ponsel

Sumber Gambar : formengift.com

Tips dan Trik Fotografi HP Android (Tips Tambahan)

Jaga Kebersihan Lensa Anda!

Jika anda memotret menggunakan kamera smartphone apalagi menggunakan lensa eksternal seperti tips nomor 6 diatas, anda “Wajib” menjaga dan memastikan agar lensa tetap dalam keadaan bersih dan kering! Agar tidak menjadi lahan bertumbuhnya jamur lensa.

Membeli paket pembersih yang banyak dijual di toko aksesoris kamera adalah pilihan yang tepat ! Hindari mengelap lensa dengan kain bertekstur kasar, bukannya bersih lensa anda bisa-bisa malah jadi lecet.

Itulah ke 7 tips dan trik fotografi hp android yang saya bahas dalam artikel ini, jangan lupa tinggalkan jejak dengan berkomentar di kolom dibawah ini guys ! 🙂


Suka Konten Unik dan Menarik ? Disini Tempatnya !

Bergabung sekarang juga dan nikmati konten-konten viral terbaik secara GRATIS !

BERGABUNG SEKARANG

Konten Viral 779 Magz

Bergabung dengan komunitas viral terbaik di Facebook 😀
Jadilah bagian dari 3.373 member aktif dan mulai berbagi cerita viral di Facebook !

Mari kejutkan teman-teman kamu dengan konten keren disini !

Bergabung sekarang juga : https://www.facebook.com/groups/779magz/

Dikirim oleh 779 Magz – Sahabat Viral Kamu pada 10 Desember 2017

Ingin Belajar Fotografi Menggunakan Smartphone? – Ini Dia 5+2 Tips Mudah Memotret Menggunakan HP