Tips Memilih Tripod Sesuai dengan Budget & Kebutuhan !

Anda membutuhkan tripod yang sesuai dengan budget anda? Tripod yang terjangkau, berkualitas, dan tentunya bisa membantu kegiatan fotografi anda.

Sudah berminat¬†membeli tripod namun bingung harus beli yang seperti apa? merknya apa? dan yang paling penting tripodnya harus “Value for Money!”

Oke ini dia solusi untuk anda ! Dalam artikel ini saya akan memberikan rekomendasi tripod yang memenuhi semua kriteria diatas ūüôā Ini dia tips memilih tripod sesuai budget & kebutuhan !

Istilah tripod merujuk pada benda berkaki tiga yang membantu fotografer dalam pemotretan khususnya yang menggunakan waktu diatas satu menit / long exposure.  Beberapa pertanyaan terkait memilih tripod sering diutarakan para fotografer, pertanyaan yang diajukan kurang lebih seperti ini :

Tripod yang bagus itu seperti apa?

Merk tripod yang bagus apa ya?

Merk tripod yang bagus untuk pemula apa ya?

Oke langsung saja, “Tripod yang bagus itu seperti apa?” Tripod yang baik tentunya sesuai dengan kebutuhan anda sebagai fotografer, apakah hanya digunakan sebagai alat bantu saat seru-seruan memotret (sekedar hobi), atau untuk kegiatan fotografi yang merupakan pekerjaan anda (profesi).

Semuanya berawal dari kebutuhan, akan lucu jika kita membeli tripod seharga sekian juta rupiah tapi tripod tersebut hanya digunakan sekali seminggu.

Untuk menghindari kesalahan saat anda membeli, ini dia beberapa rekomendasi tripod sesuai dengan kebutuhan dan budget anda !TIPS MEMILIH TRIPOD YANG BAIK 1
(Budget <200 ribu)

Untuk Anda yang Baru Terjun Ke Dunia Fotografi (Beginner / Pemula) & Senang Memotret Diluar Ruangan 

Tripod yang tepat untuk anda yang baru terjun ke dunia fotografi sekaligus sering memotret diluar ruangan / outdoor memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Harganya berada di kisaran 100 – 200 ribu¬†– Untuk apa beli tripod yang kelas professional jika anda baru memulai, benar kan?
  • Memiliki bobot yang ringan –¬†sehingga mudah untuk dibawa hunting / sekedar jalan-jalan, pemilihan bahan yang ringan seperti alumunium¬†akan memudahkan anda dalam akomodasi.
  • Memiliki bentuk yang ringkas dan dapat dilipat menjadi kecil – sehingga memudahkan anda saat membawanya dalam tas /¬†ransel. (Tidak memakan banyak ruang)
  • [Opsional]¬†Memiliki gantungan – ¬†gantungan ini bukan hanya untuk menggantungkan barang agar tidak hilang, Fungsi lainnya adalah¬†tempat mengaitkan pemberat saat anda memotret outdoor / diluar ruangan seperti di pantai, pegunungan , atau daerah dengan angin yang bertiup kencang.

Mengingat bobot tripod yang ringan tadi (untuk kemudahan akomodasi), maka saat anda menggunakannya di tempat / daerah berangin kencang, alangkah baiknya tripod memiliki gantungan untuk pemberat. Tujuannya jelas, agar tripod anda tidak terbang terbawa angin hehehe !

Rekomendasi untuk anda !


Suka Konten Unik dan Menarik ? Disini Tempatnya !

Bergabung sekarang juga dan nikmati konten-konten viral terbaik secara GRATIS !

BERGABUNG SEKARANG

Konten Viral 779 Magz

Bergabung dengan komunitas viral terbaik di Facebook ūüėÄ
Jadilah bagian dari 3.373 member aktif dan mulai berbagi cerita viral di Facebook !

Mari kejutkan teman-teman kamu dengan konten keren disini !

Bergabung sekarang juga : https://www.facebook.com/groups/779magz/

Dikirim oleh 779 Magz – Sahabat Viral Kamu pada 10 Desember 2017


TIPS MEMILIH TRIPOD YANG BAIK 2
(Budget <200 ribu)

Untuki Anda yang Semi-Pro dan Memiliki Budget Lumayan

Untuk anda yang sudah cukup lama di dunia fotografi dan berencana mencari tripod dengan fitur yang cukup lengkap, maka kriteria dibawah ini layak anda pertimbangkan dalam memilih tripod :

  • Memiliki “Hand Crack” alias tuas putar – Fitur ini berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan ketinggian leher tripod. Tidak perlu menarik tuas pengunci dan menggeser-geser leher tripod, cukup putar kedepan (searah jarum jam) untuk meninggikan & putar ke belakang (berlawanan arah jarum jam) untuk menurunkan ketinggiannya.
  • Memiliki kaki-kaki non slip¬†– Berfungsi sebagai penyeimbang tripod ketika diletakkan diatas permukaan yang tidak rata. Kaki-kaki non-slip ini akan menjaga tripod agar tetap seimbang meskipun permukaan tanah tidak rata.
  • Memiliki Hook¬†– Sudah saya jelaskan tadi diawal bahwa “Hook” ini berfungsi untuk mengaitkan pemberat agar tripod lebih stabil khususnya saat anda memotret di daerah dengan angin yang kencang.
  • Range harga 200-300 ribu rupiah¬† – Sebagai seorang fotografer Semi-Pro tentunya tripod dengan mahar 200ribuan sudah cukup masuk akal jika memiliki ketiga fitur yang sudah saya bahas barusan.

 

Rekomendasi untuk anda !

TIPS MEMILIH TRIPOD YANG BAIK 3
(Range Budget 500 ribu Р1 juta)

Untuk Anda yang Menjadikan  Fotografi Sebagai Profesi

Sebagai seorang professional di bidang fotografi, tentunya anda membutuhkan partner kerja yang memiliki kualitas terbaik & tentunya bisa membantu pekerjaan anda jadi lebih mudah.

Urusan budget tentu bukan masalah besar karena dari fotografi juga anda mendapatkan uang. Dengan budget 500ribu – 1 juta rupiah sepertinya “Pantas” jika anda mendapatkan sebuah tripod kelas professional yang bisa menunjang pekerjaan anda.

Untuk kelas PRO tentunya semua fitur yang saya sebutkan dari awal tadi sudah menjadi fitur wajib yang tersedia, ditambah beberapa tambahan fitur. Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa anda andalkan !

  • Dilengkapi Quick Release Plate – Memudahkan anda melepas kamera dari tripod tanpa harus repot-repot membongkar dudukan / plate.
  • Dilengkapi Non-Slip Rubber Pad – Bantalan karet yang membuat permukaan plate menjadi kesat dan tidak mudah slip, memberikan cengkraman maksimal pada kamera ketika dipasangkan dengan tripod.
  • Bisa Disulap Menjadi Monopod¬†– Untuk anda yang senang selfie / memotret menggunakan smartphone, fitur ini akan berguna untuk anda. Dengan beberapa penyesuaian, Tripod bisa diubah menjadi Monopod untuk smartphone
  • Dilengkapi Mekanisme Pelipatan yang Praktis¬†– Tripod dengan mekanisme pelipatan yang praktis akan memudahkan dalam akomodasi, dari tinggi yang bisa direnggangkan hingga 1,5 Meter menjadi lipatan tripod kecil dengan ukuran 265 Milimeter saja. Kabar baik untuk anda yang berprofesi sebagai “Travel Photographer !”

Rekomendasi untuk Anda :

Kesimpulan

Untuk memilih tripod yang terbaik, anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Jika anda baru mulai maka tripod entry level dengan mahar dibawah 200.000 sudah cukup ūüôā

Jika anda semi-pro dan memiliki budget yang lumayan, maka tripod dengan fitur seperti “Hand Crank” , dan kaki-kaki non-slip cukup masuk akal dengan range budget 200-300 ribu rupiah.

Untuk anda yang professional dan sudah mendapatkan penghasilan dari seni fotografi, maka tripod dengan harga 900ribuan tidak menjadi masalah selama tripod tersebut “Value fot Money”.

Baca juga artikel lainnya :

Tips Memilih Tripod Agar Sesuai Budget & Kebutuhan

Komentar ditutup.