Tips Foto Sunset Menggunakan Software

Sebagai orang dibalik perangkat kamera, saya pribadi selalu mengincar waktu khusus saat SUNSET  maupun SUNRISE.

Momen saat matahari terbit ataupun terbenam menjadi saat yang dinantikan banyak fotografer, khususnya yang suka dengan foto pemandangan alias Landscape Photography (Baca juga : Tips Foto Landscape + Settingan terbaiknya).

Apakah anda bingung mencari waktu terbaik untuk memotret sunset ataupun  sunrise? Jangan khawatir !

Gunakan bantuan software dari situs “timeanddate.com”. Silahkan teman-teman mengunjungi situs tersebut untuk mengetahui waktu akurat terbitnya sunset / sunrise.

Yuk dicoba !

Tips Foto Sunset

Anda bisa mengetahui kapan waktu sunset/sunrise dengan akurat melalui timeanddate.com, anda cukup memasukan nama kota tempat anda akan mengambil foto sunset/sunrise kemudian klik TAB “Sun & Moon”

(dalam contoh diatas saya menggunakan waktu untuk daerah Denpasar-Bali).

untuk teman-teman yang ingin lebih mudah mengakses software semacam ini, bisa menggunakan APL yang bisa didownload langsung di smartphone teman-teman 🙂

Untuk yang berbayar : Stellarium

Untuk yang gratis : AccuWeather

Tentu fiturnya lebih lengkap APL yang berbayar, tapi i’ts okay lah ! Yuk lanjut ke tips memotret sunset !

BAGIAN SATU – TIPS FOTO SUNSET: PERSIAPAN

(SETTING KAMERA DAN PERLENGKAPAN MEMOTRET)

Beberapa hal ini harus anda lakukan terlebih dahulu sebagai persiapan, tujuannya? Agar hasil yang anda dapatkan adalah hasil yang terbaik/hasil yang maksimal. Baiklah mari kita mulai saja!

Persiapan Peralatan :

  1. Kamera kesayangan anda
  2. Sebuah tripod (Baca juga Tips Memilih Tripod yang baik)
  3. Filter (Opsional saja, tidak wajib)
  4. Baterai cadangan (Opsional saja, tidak wajib)

Persiapan Kamera (Settingan Kamera) :

Anda bisa menggunakan AUTO mode jika tidak memiliki waktu untuk mengatur kamera anda, namun saya sarankan anda untuk menggunakan pengaturan MANUAL agar hasilnya maksimal, terkadang menggunakan mode AUTO akan memberikan hasil yang kurang maksimal.

Namun, settingan seperti apa yang bisa memberikan hasil maksimal? Saya mengutip dari website fotografi professional untuk urusan setting kamera khususnya settingan untuk sunset / sunrise, anda bisa mengunjunginya sesekali untuk mencari referensi digitalcameraworld.com

Berikut settingan terbaik untuk kamera anda pada saat memotret sunset/sunrise :

Mode Eksposur / Exposure Mode : Gunakan MANUAL

Fokus : Gunakan MANUAL juga, terkadang ketika menggunakan AUTO fokus pada saat memotret sunset bagian yang terfokus bukanlah bagian yang kita harapkan.

Kecepatan Shutter / Shutter Speed : Atur pada angka 1/30 detik atau lebih lama.

Apertur : Gunakan Aperture pada f / 16

Kesensitifan Sensor Terhadap Cahaya / ISO : Gunakan angka 100 atau lebih rendah (disesuaikan dengan kondisi saja)

Rekomendasi Lensa yang Digunakan : Lensa dengan ukuran 18-24 milimeter (mm)

Drive Mode : Gunakan shot tunggal, atau sering disebut Single Shot.

Pengaturan WB (White Balance) : Karena sunset dan sunrise identik, anda bisa menggunakan Preset WB “Daylight”.

Rekomendasi Filter Lensa yang Digunakan : Gunakan filter ND (Neutral Density)

Rekomendasi settingan lain :

Image By : pinterest.com

BAGIAN DUA – TIPS FOTO SUNSET / SUNRISE MENGGUNAKAN SLR / DSLR

Setelah melakukan persiapan yang matang, kini saatnya kita terjun ke lapangan dengan berbekal tips yang akan membuat foto sunset anda semakin menggoda. Oiya, foto diatas diambil dengan memanfaatkan “Golden Hour / Golden Time” sehingga terlihat keemasan.

Pengertian Golden Time / Golden Hour dalam fotografi adalah waktu dimana langit memancarkan cahaya keemasan yang lembut, waktu-waktu emas ini sekitar 1 jam sebelum matahari terbenam.

Kemudian golden time ini ada yang menyebutkan muncul sekitar jam 7.00 sampai 9.00 pagi hari, sedangkan untuk sore hari sekitar jam 16.00 – jam 17.00 / 1 jam sebelum sunset.

Cahaya saat golden time memiliki karakter lembut dan tidak berlebihan, sangat pas untuk anda yang suka dengan foto romantis nan dramatis.

Agar lebih akurat, anda bisa mendownload aplikasi untuk mengetahui waktu golden time melalui smartphone android /  perangkat iOS anda.

Langsung saja pada tips memotret sunset / sunrise, berikut selengkapnya :

  • Tips pertama, sebisa mungkin anda melakukan observasi terlebih dahulu sebelum memotret. Tujuannya adalah memilih tempat / spot yang bagus untuk memotret sehingga angle yang didapatkan juga bagus. Observasi dilakukan beberapa jam sebelum pemotretan atau beberapa hari sebelumnya juga tidak masalah.

Intinya, agar anda mendapatkan gambaran tempat dan akan seperti apa foto sunset anda nantinya

  • Yang kedua, berdayakan semua peralatan anda yang telah dipersiapkan pada tahap satu diatas. Gunakan tripod dan pakai filter ND (Neutral Density)
  • Ketiga, setting kamera anda sesuai dengan settingan yang telah saya kutip dari website fotografi professional
  • Keempat, manfaatkan waktu ketika langit mulai keemasan (golden time)  karena ini adalah waktu yang bagus untuk mendapatkan foto dramatis dimana intensitas cahaya tidak terlalu banyak dan memberikan nuansa keemasan.
  • Kelima,  Manfaatkan siluet yang muncul akibat pancaran cahaya matahari yang mengenai objek. Dengan menggunakan siluet, foto yang kita dapatkan akan nampak lebih keren dan lebih dramatis.
  • Posisikan matahari, tempatkan matahari pada tempat yang menurut anda bagus dalam frame. Seperti dalam referensi foto dibawah ini, dimana matahari diletakkan pada bagian tengah pohon sehingga memberikan hasil yang menarik sekaligus unik.
  • Terakhir, Tidak harus di pantai ! Sekitar 80% foto sunset yang dibuat oleh para fotografer mengambil spot di pantai. Mengapa kita tidak memilih spot lain yang anti-mainstream? Saya rasa memotret sunset tidak harus selalu mengambil spot di pantai bukan?

Spesial untuk anda, download sekarang juga 2 aplikasi GRATIS  khusus penggila landscape yaitu PASHADELIC dan SUN SEEKER, baca pembahasannya disini guys ! (Plus link download)


Jangan lupa bergabung dengan komunitas pecinta fotografi terbaik di facebook ya subs ! Jadilah bagian dari 3.500 lebih orang-orang yang antusias dengan fotografi 🙂 Admin sediakan konten-konten terbaik untuk kamu semua !

BERGABUNG SEKARANG (100% GRATIS)

 

5+2 Tips Memotret Sunset Menggunakan Software ? – Coba Sekarang!

Komentar ditutup.