Halo guys, selamat datang di blog tentangfotografi.com ! Kali ini kita akan membahas mengenai tempat menjual foto di. Wow menarik ya, mari kita mulai saja !

Menjual foto secara online bukanlah hal yang sulit jika kita tahu dimana menjualnya, dan bagaimana caranya. Beberapa pertanyaan dibawah ini mungkin akan mengganjal pikiran teman-teman :

  1. Dimana tempat menjual foto secara online & Bagaimana caranya menjual foto secara online ?
  2. Berapa bayaran untuk satu foto ?
  3. Pembayarannya bagaimana ?
  4. Bagaimana tips dan trik jitu agar diterima menjadi kontributor shutterstock?

Tenang-tenang, semuanya akan kita selesaikan dalam artikel ini guys ! Let’s check this out

Dimana tempat menjual foto secara online ?

Beberapa website ini bisa teman-teman jadikan “pasar” atau tempat kita menjual hasil jepretan, apakah website lokal ? Jawabannya bukan, beberapa website ini adalah website luar negeri yang otomatis pembayarannya juga menggunakan mata uang asing (Dollar).

Jangan khawatir soal pembayaran karena akan kita bahas dibawah. Oke langsung saja kita bahas pertanyaan pertama :

Dimana tempat menjual foto secara online ? & Bagaimana Cara Menjual Foto Secara Online ?

Untuk menjual hasil karya fotografi / foto lewat internet, teman-teman bisa mengunjungi :

Shutterstock.com – Sejak pertama diluncurkan, situs Shutterstock telah memiliki banyak sekali kontributor alias orang-orang yang berkontribusi lewat karya fotografinya & telah memberikan bayaran > 350 juta dollar untuk kontributornya (WOW, angka yang fantastis ya).

Ketika teman-teman meng-upload foto ke “Market Place” (Pasar), Seketika itu juga ada “Hak Cipta” alias Copyright untuk karya yang diupload, teman-teman bisa mendapatkan komisi hingga 30% dari harga jual foto.

Menurut informasi, penghasilan dari shutterstock berkisar antara antara $0,25 sampai $28 per penjualan. Wow, menarik ya? o,25 dollar jika dikonversikan ke mata uang rupiah berarti Rp. 3.328,78 sedangkan maksimalnya yaitu $28 atau setara dengan 372.899,02 rupiah.

Wuih, menggiurkan sekali bukan?

Tertarik menjual foto anda di shutterstock.com? Tapi bingung bagaimana cara daftar shutterstock ?

Tenang ini dia caranya ! Oiya saya juga menambahkan video cara upload di shutterstock 🙂

Pertama, Masuk ke halaman pendaftaran disini kemudian isi formulir pendaftarannya, step selanjutnya adalah menunggu email balasan / respon dari shutterstock.com jika diterima, selamat ! anda bisa mulai menjual foto dengan harga yang lumayan tinggi

Ketika teman-teman sudah diterima, anda  mulai upload karya fotografi anda dengan mengikuti langkah-langkah berikutnya via video dibawah ini :

“cara upload di shutterstock” 


Selain shutterstock.com, 2 situs dibawah ini bisa menjadi referensi lain untuk anda :

iStockphoto.com – Setelah diterima menjadi kontributor iStockphoto, Teman-teman akan menerima komisi minimal 15% dari setiap penjualan. Namun, jika Anda memiliki status “Exclusive“, penghasilan yang anda dapatkan bisa meningkat menjadi 45% per penjualan.

Dreamstime.com – Setelah kita mendaftar & disetujui, Royalti yang bisa teman-teman terima berkisar dari angka 25-50%. Oiya ada juga penawaran “Eksklusifitasuntuk kontributor yang bisa meningkatkan royalti teman-teman menjadi 60%.  Hhmm menarik !

Tempat menjual foto beserta informasi bayaran sudah saya bahas, selanjutnya mari kita lanjutkan pada :

Bagaimana Saya Menerima Pembayaran ?

Untuk masalah pembayaran royalti, setiap situs “marketplace”  memiliki aturan sendiri untuk waktu dan bagaimana pembayaran dilakukan. Aturan untuk situs shutterstock dan dreamstime tentu berbeda.

Namun, biasanya pembayaran akan dilakukan ketika teman-teman mencapai batas minimum pembayaran ( Biasanya $ 100 ), setelah mencapai angka tersebut barulah gaji anda bisa ditarik hehe 🙂

Caranya gimana ?

Paypal
Paypal

Sebagian besar situs jual-beli fotografi seperti shutterstock, istockphoto, dan situs lainnya menggunakan metode pembayaran yang sudah umum digunakan seperti Paypal, transfer bank, dan cek. So? Teman-teman tidak usah khawatir soal pembayaran ya hehe

Genre Foto yang Bisa Dijadikan Pilihan

Untuk diterima menjadi kontributor di situs jual-beli foto online, seperti shutterstock dan lainnya. Kita perlu menentukan genre foto yang populer seperti :

Landscape Photography
Food Photography, dan
Sunset Photography

Silahkan tentukan genre fotografi favoritmu guys !

Kesimpulan

Menarik bukan? Disamping hobi, ternyata karya fotografi juga bisa kita jadikan ladang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah guys ! Gimana nih apakah teman-teman berminat untuk menjadikan hasil jepretannya sumber penghasilan ?

Segera upload dan daftarkan diri anda menjadi kontributor shutterstock sekarang juga ! Lumayan kan bisa dapet puluhan-ratusan ribu dari hasil jepret-menjepret hehehe 🙂

Terimakasih banyak sudah menjadi bagian dari keluarga Subscriber blog tentangfotografi.com ! Untuk teman-teman yang belum bergabung, bisa join sekarang juga disini. Come join us ! Dapatkan update tips, trik, dan tutorial fotografi kekinian secara eksklusif via email, Facebook notification, dan update artikel rutin langsung ke smartphone teman-teman !

Demikianlah artikel “Cara mengetahui Shutter Count kamera”, semoga bermanfaat ! Selalu kunjungi blog saya dan bagikan apa yang anda sukai pada teman-teman ! Terimakasih Banyak ! 🙂

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman anda yang tertarik dengan dunia fotografi & ingin belajar fotografi dengan cara yang berbeda! Sekaligus tunjukan pada teman-teman anda bahwa belajar fotografi itu tidak sesulit yang orang katakan!

Bergabung sekarang juga !


Tempat Menjual Foto Secara Online (Mengubah Hobi jadi Profit)
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.