Teknik Memotret Pemandangan – Halo selamat datang di blog tentangfotografi.com ­čÖé┬áSudah berteman di Facebook dengan saya? Jika belum ayo berteman !┬áKita akan sharing seputar fotografi setiap hari !

Apakah anda suka memotret pemandangan alias landscape photography? Jika anda suka maka artikel “Tips landscape photography + settingan ala professional” ini tepat untuk anda !

Dalam artikel ini kita akan membahas “4 aturan komposisi dalam fotografi lansekap” ! Mari kita mulai dengan aturan yang pertama ! Oiya, siapkan kopi atau teh hangat untuk menemani anda ya ­čÖé

Teknik Memotret Pemandangan

Diagonal Lines / Garis Diagonal

Sumber Gambar

Aturan yang pertama adalah “Diagonal Line” atau garis diagonal, dalam komposisi ini kita akan memainkan sebuah garis lurus baik horizontal maupun vertikal, bisa dari ujung ke ujung atau dari samping memusat ke tengah seperti foto diatas.

Menggunakan garis lurus merupakan cara efektif untuk membuat foto terlihat ┬áprofessional, garis lurus bisa dibuat dari jajaran pohon, alur sungai, pegunungan, bahkan bayangan. It’s about creativity guys !

Teknik Memotret Pemandangan

Menggunakan “Geometric Shape”┬áSimetris

Sumber Gambar

Maksudnya bagaimana mas Andry? Maksudnya begini, kita menempatkan objek “Utama” di bagian tengah kemudian membuat objek di sisi kiri & kanan supaya┬áterlihat simetris / seimbang.

Komposisi ini menjadi menarik karena objek utama terletak di tengah (menjadi fokus pandangan mata), sedangkan sisi kanan-kiri dihiasi oleh objek yang simetris.

Contohnya seperti foto diatas yang saya kutip dari sumber terkait, kakek bersepeda sebagai objek utama diletakkan di tengan sebagai “point of interest” kemudian tiang jembatan di sisi kiri-kanan dibuat dibuat simetris.

Taraa, komposisi “Geometric Shape” sudah selesai, tinggal post di Instagram kemudian gunakan “Cara Memperbanyak┬áLike di Instagram Secara praktis” ini.

Tertarik menggunakan komposisi ini guys? Saya juga !

Teknik Memotret Pemandangan

Rule of Third

Sumber Gambar

Aturan legend ini sudah pernah saya bahas dalam artikel ini, tapi tidak apa-apa mari kita bahas lagi!

Rule of Third adalah aturan dimana kita akan menempatkan bagian terpenting dari foto / objek foto pada 1/3 bagian frame.

Jika anda memotret menggunakan iPhone biasanya anda akan melihat 2 garis horizontal dan 2 garis vertikal bukan?

Jika anda tidak melihatnya anda bisa mengaktifkannya terlebih dahulu di menu setting/option. Jangan lupa untuk membaca artikel lain blog tentangfotografi.com! Ini dia :

Nah, garis-garis inilah yang digunakan sebagai patokan menempatkan objek, tadi saya bilang tentang menempatkan objek di 1/3 bagain frame.mpatkan objek di titik mana saja sesuka anda, yang penting hasinya bagus dan menarik perhatian.

Oiya, jika anda memotret objek berupa manusia / makhluk hidup lain secara close up, akan lebih menarik jika perpotongan garis tadi diletakan pas pada bagian mata objek.

Sumber Gambar

Teknik Memotret Pemandangan

Framing / Nge-Frame

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa teknik Framing ini adalah proses memberikan bingkai pada karya fotografi. Betul tidak? Tapi gimana caranya ?

Teknik “Framing” yang merupakakan satu dari 4 aturan dalam landscape photography ini adalah teknik dimana kita akan menambahkan “Foreground” atau latar depan yang kemudian akan kita jadikan sebagai bingkai.

Yang perlu diingat adalah “fokus” kamera harus tetap pada objek utama yang berada di tengah frame ya guys (foreground blur)

Masih bingung? Tenang-tenang, perhatikan foto dibawah ini :

Sumber Gambar

Sumber Gambar

Bagaimana tertarik mencoba semuanya guys?
Yang mana favoritmu? ┬áKalo saya sih “Framing” soalnya asik hahaha ­čÖé

Kini update konten fotografi semakin mudah ! Langsung ke smartphone kamu┬á🙂
Yuk follow @779fotografi sekarang juga !

Bisa buka smartphone kamu sekarang juga dan follow @779fotografi, atau

Ikuti tautan berikut ini -> FOLLOW SEKARANG

 

3+1 Aturan Komposisi dalam Landscape Photography

13 gagasan untuk “3+1 Aturan Komposisi dalam Landscape Photography

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.