Teknik Fotografi Dasar – Dasar Fotografi yang harus Anda pahami sebelum mulai memotret !

Teknik fotografi dasar atau dasar fotografi bisa dibilang landasan atau pondasi bagi pemula yang ingin belajar fotografi. Kalo kata guru sih, “ngerti dasarnya dulu baru bisa mahir”.

Nah kali ini admin ingin share beberapa teknik fotografi dasar yang dijamin mudah dipahami dan dipraktekkan, trust me ! 🙂

Tidak usah kebanyakan intro nanti malah ngantuk, ini dia 10 Dasar Fotografi yang harus Anda pahami sebelum mulai memotret !

Untuk teman-teman yang belum memiliki kamera DSLR atau Mirrorless, berikut beberapa rekomendasi kamera dengan budget Mahasiswa 🙂 Semoga bermanfaat !

Mari kita lanjutkan . . .

Dasar Fotografi 1 : Mengerti istilah-istilah dalam fotografi

Hal dasar dalam fotografi atau sebut saja teknik fotografi dasar yang pertama adalah memahami istilah yang digunakan dalam dunia fotografi, apa saja? Berikut daftar beberapa istilah dasar yang sebaikya anda pahami !

  • ISO
  • Aperture atau diafragma kamera
  • White Balance
  • Shutter Speed

Mari kita bahas satu per satu supaya lebih jelas !

  1. ISO adalah tingkat kesensitifan sensor kamera terhadap cahaya yang diterima. Kesensitifan ini diatur dalam satuan angka, semakin tiggi angkanya maka semakin tinggi juga kesensitifan sensor kamera terhadap cahaya yang diterima. (Baca selengkapnya di artikel khusus yang membahas ISO lebih mendalam!)

  2. Diafragma kamera atau aperture kamera adalah ukuran seberapa besar lubang pada lensa terbuka. Lubang ini befungsi sebagai “pintu” bagi cahaya untuk masuk kedalam sensor kamera. (Baca selengkapnya disini)

  3. White Balance adalah fungsi untuk membuat hal-hal berwarna putih tampak putih dalam fotografi dengan memgkompensasi pengaruh warna cahaya di bawah lingkungan pengambilan gambar. (Pahami white balance lebih lanjut!)

  4. Shutter speed adalah  waktu ketika “shutter blade” pada kamera terbuka sampai tertutup kembali. Ketika shutter terbuka, sensor pada kamera melakukan pekerjaannya yaitu menangkap gambar. (Baca selengkapnya mengenai shutter speed dalam artikel khusus disini.)

Teknik Fotografi Dasar 2 : Peralatan Pendukung Fotografi

Setelah mengetahui beberapa istilah seputar fotografi, kini saatnya mempersiapkan gear tambahan alias peralatan penunjang dalam memotret. Apa saja? Siapkan catatan anda sekarang 🙂 Ini dia :

  • Tripod (Saya sangat merekomendasikan anda untuk memiliki aksesoris ini )

Alat ini sudah tidak asing lagi bagi para pecinta fotografi, fungsi tripod sangat penting dalam proses pemotretan khususnya yang membutuhkan waktu/durasi yang cukup lama seperti memotret pergerakan cahaya dalam seni melukis cahaya atau yang kita kenal sebagai (Light Painting Photography).

Kenapa saya tambahkan keterangan “wajib” untuk tripod? karena kita sebagai fotografer baik pemula maupun profesional akan sangat-sangat membutuhkan si tripod ini khususnya ketika pemotretan diluar ruangan seperti memotret galaksi bima sakti, light painting fotografi, dan masih banyak lagi jenis fotografi yang membutuhkan peran si tripod ini.

Selain alasan diatas, kita juga akan sangat membutuhkan si tripod ini ketika akan melakukan foto grup bersama teman-teman, keluarga, dan ketika melakukan teknik “Long Exposure” / Teknik dengan durasi yang panjang seperti yang sudah saya bahas diatas.

Anda tidak perlu khawatir masalah harga tripod untuk pemula, Harganya mulai 150-300 ribu untuk yang standar namun saya kira cukup untuk pemula.

Memilih tripod tidak harus yang paling mahal, karena tripod terbaik adalah tripod yang sesuai dengan kebutuhan anda! Berikut saya bahas tips untuk memilih tripod agar sesuai dengan budget dan kebutuhan anda 🙂

  • Filter Lensa (Untuk Melindungi Lensa Anda dari Goresan)

a. Filter UV/Ultra Violet – Berfungsi menyaring sinar UV agar hasil foto tidak terlihat berkabut/Haze Effect, sinar UV seringkali membuat hasil foto terlihat berkabut. Sekaligus memberikan perlindungan/proteksi pada lensa kamera.

b. Filter Neutral Density – Berfungsi mengurangi cahaya yang berlebihan pada saat pemotretan di siang hari yang terik dan beberapa filter lainnya.

Baca selengkapnya artikel mengenai filter lensa disini : Tips memilih filter lensa

  • Cable Release (Opsional)

Cable Release?  Alat ini berfungsi untuk mengambil gambar tanpa harus menekan tombol shutter kamera sehingga getaran pada kamera bisa diminimalisir.

Terkadang jika kita menekan tombol shutter kamera pada pemotretan dengan durasi yang lama akan menimbulkan guncangan sehingga hasilnya tidak fokus atau istilahnya adalah “nge-blur”.

Nah untuk menghindari resiko gambar menjadi blur maka kita membutuhkan cable release, alat ini bisa anda dapatkan di toko-toko kamera terdekat.

Penggunaannya sangat mudah, cukup sambungkan cable release ke perangkat kamera anda, dan anda sudah siap menangkap objek !

Teknik Fotografi Dasar 3 : Mulai Belajar!

Kini saatnya mulai belajar fotografi mulai dari dasarnya! Siapkan catatan anda, jangan lupa 🙂 Kemudian ikuti step-by-step dibawah ini :

  1. Baca teori mengenai ISO, White Balance, Aperture dan ShutterSpeed kemudian coba memotret menggunakan pengaturan yang berbeda-beda. Misalnya : cobalah memotret menggunakan ISO terendah – tertinggi kemudian lihat perbedaannya. Lakukan hal yang sama untuk White Balance, Aperture, dan Shutter speed.
  2. Pahami “Rule of Thirds“. Silahkan pahami konsepnya disini, mudah kok 🙂 cepat juga tidak sampai 5 menit hehe. Begini bentuk komposisi Rule of third :
    Image by : pinterest.com

     

  3. Sekarang siapkan objek yang akan dijadikan model, lego misalnya. Kemudian potret lego tersebut menggunakan konsep “Rule of Third” + ISO + White Balance + Aperture + Shutter Speed yang bervariasi.

Nah, jika sudah lihat perbedaan dari setiap kombinasi ISO dan kawan-kawannya kemudian tentukan yang terbaik ! Lakukan langkah 3 namun menggunakan objek lain, bisa pohon, kendaraan, orang, bahkan hewan peliharaan.

Khusus untuk anda yang tertarik dengan “Foto Pemandangan”, berikut saya siapkan artikel yang membahas tips, trik, serta settingan terbaik ala professional. Selamat membaca !

Untuk memudahkan teman-teman belajar mengkombinasikan settingan ISO dan kawan-kawannya, gunakan infografis ini :

Image by : pinterest

Mudah bukan? Ternyata kardus yang diwarnai hitam bermanfaat ya subs?

Kini update konten fotografi semakin mudah ! Langsung ke smartphone kamu 🙂
Yuk follow @779fotografi sekarang juga !

Bisa buka smartphone kamu sekarang juga dan follow @779fotografi, atau

Ikuti tautan berikut ini -> FOLLOW SEKARANG

Teknik Fotografi Dasar – Dasar Fotografi yang harus Anda pahami sebelum mulai memotret !