Sejarah Kamera Hasselblad – Halo guys, selamat datang di blog informatif tentangfotografi.com ! Kali ini kita akan bahas brand alias merk legendaris di dunia fotografi, what is? The Hasselblad !

Mari kita mulai dengan sejarahnya terlebih dahulu kemudian kita lanjutkan dengan review kamera teranyar mereka yang diberi nama X1D.

Yuk kita mulai dengan sejarah singkat kamera Hasselblad !

Sejarah Kamera Hasselblad

Hasselblad adalah perusahaan yang berasal dari Swedia tepatnya di Gothenburg. Dirintis sejak tahun 1841 oleh F.W Hasselblad (Nama Pendiri), sekedar informasi nih guys perusahaan Hasselblad merupakan salah satu perusahaan dagang terbesar di masanya.

Sejarah Kamera Hasselblad sampai menjadi perusahaan “Per-kamera-an” dimulai saat anak dari F.W Hasselblad yaitu Arvid Viktor menjalin kerjasama dengan pendiri perusahaan “Kodak” (George Eastman).

Sumber Gambar

Berawal dari kerjasama tersebut “Hasselblad” mengimpor produk per-fotografi-an dari George Eastman untuk dijual dan dipasarkan di Swedia. Produk Hasselblad nyatanya mendapatkan respon sangat baik oleh pasaran seiring meningkatnya popularitas seni fotografi.

Hasselblad’s Fotografis AB merupakan perusahaan yang mendistribusikan produk fotografi “eksklusif“. Memasuki era modern, perusahaan Hasselblad mulai ikut terjun dalam industri fotografi digital.

Pada tahun 1998 (Waktu saya masih 3 tahun) mulai merilis kamera digital rancangan FujiFilm – Jepang.

Review Singkat Hasselblad X1D

Sumber Gambar

Hasselblad merilis sebuah kamera terbarunya yang diberi nama X1D, yang merupakan kamera mirrorless medium format pertama di dunia. cek gambar diatas !

Hingga saat ini (2017) Hasselblad telah memproduksi berbagai varian kamera yang telah tersebar di seluruh dunia antara lain seri V-System :  (V-System 500, V-System 2000, V-System Superwide, V-System Flexbody), XPan, dan H-System serta Lunar.

Hasselblad X1D ini punya sensor CMOS dengan resolusi yang sangat besar, berapa megapiksel?

50 megapiksel guys ! Tahi lalat jarak 20 meter juga kayaknya jernih bro haha 🙂

Perry Oosting (CEO dari perusahaan Hasselblad) menyebutkan bahwa peluncuran X1D ini menjadi titik yang sangat penting dalam sejarah Hasselblad selama 75 tahun kebelakang.

Kamera ini membuat fotografi medium format bisa dilakukan oleh pengguna Hasselblad generasi baru, dengan tetap membawa batasan fotografi ke titik yang baru“.

Sensor CMOS dengan resolusi 50 megapixel mempunyai “dinamic range” sebesar 14 stop, dengan rentang ISO antara 100 sampai 25600 (Gila !)

Layar kameranya berukuran 3′ inchi dengan resolusi 920 ribu titik berteknologi layar sentuh

(Gile bener!)

Oiya buat teman-teman yang males ngintip viewfinder, ada electronic viewfinder XGA dengan resolusi 2,36 juta titik

GPS WiFi, dan 2 slot SD card, serta hot shoe flash (kompatibel dengan system Nikon), konektor USB 3.0 Type-C (kayak iphone) dan port mini HDMI.

Karena mirrorless adalah format baru garapan Hasselblad ini punya dua lensa dengan mounting XCD. Yaitu 45mm f/3.5 dan 90 f/4.5

Namun 12 lensa Hasselblad lainnya dengan mounting H tetap bisa digunakan menggunakan adaptor khusus.

Yuk bergabung dengan grup subscriber biar nggak ketinggalan update terbaru tips, trik, dan tutorial seputar fotografi. Yuk bergabung sekarang !

Berapa Harga Kamera 50 MP Ini?

Mahar untuk sebuah Hasselblad X1D mulai USD 8.995 atau sekitar Rp 119 juta untuk versi body only, Body only geng ! Kalo saya sih mendingan beli Xiaomi Yi M1 aja deh hehe, kalo ada budget lebih yaa melirik Canon EOS M3 dihatiku dong wkwkwk 🙂

Sedangkan untuk paket lensa (45mm f/3.5), mahar yang harus ditebus adalah USD 11.290, dan harga 13.985 US Dollar untuk paket dengan dua buah lensa didalam box.

Gimana nih guys, berminat membeli Hasselblad X1D? siapkan budget Rp. 119.000.000 untuk meminang (Body-nya saja!) Jika ingin paket satu lensa / dua lensa, maka siapkan budget lebih ya 🙂

Hhhmm apakah ini menjadi kamera incaran teman-teman? Saya sih enggak, hati saya untuk Nikon wkwkwk

Terimakasih banyak sudah membaca artikel ini sampai akhir guys ! Jangan lupa share dan subscribe ya hehe, Enjoy photography ! Salam 🙂

Artikel Lain yang Bermanfaat dan Tentunya Menghemat Budget Anda

Sejarah Kamera Hasselblad – Monster Ganas dari Swedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *