Rule of Third dalam Fotografi merupakan salah satu dari banyak komposisi dalam fotografi.

Sebagai Photography Enthusiast kadang kita sering merasakan yang namanya “Bingung mau ngapain lagi”, ingin rasanya mencoba hal yang baru dan unik. Memotret memang menjadi alternatif menghilangkan kejenuhan, tapi memotret menggunakan teknik apa lagi ?

Nah artikel ini memuat Rule of Third dalam Fotografi dan beberapa komposisi dalam fotografi yang bisa anda jadikan ide untuk menghilangkan rasa bosan anda hehe 🙂

Oiya baca juga artikel saya yang membahas tentang “Tidak selamanya jadi fotografer itu menyenangkan!

Dalam artikel ini saya juga akan memberikan inspirasi yang saya dapat dari berbagai sumber mengenai 3 komposisi dalam fotografi yang menarik guna meningkatkan kualitas foto anda, tidak harus menggunakan DSLR atau kamera Mirrorless karena anda bisa menggunakan tips komposisi yang akan saya bahas ini menggunakan kamera smartphone.

Pengertian dari komposisi dalam fotografi adalah cara seorang fotografer menyusun elemen-elemen foto kedalam sebuah frame.

Elemen dalam fotografi bisa diartikan sebagai objek utama, objek pendukung, background, dan foreground.

Menyusun objek dalam sebuah frame tidak sembarangan, ada beberapa aturan yang sudah lumrah menjadi acuan, dalam artikel ini kita akan membahasnya !

Oke langsung saja, kita mulai dengan ide komposisi pertama yaitu Rule of Third dalam Fotografi

Rule of Third dalam Fotografi

Pengertian Rule od Third adalah menempatkan bagian terpenting dari foto / objek foto pada 1/3 bagian frame, jika anda memotret menggunakan iPhone biasanya anda akan melihat 2 garis horizontal dan 2 garis vertikal bukan?

Nah, garis-garis inilah yang digunakan sebagai patokan menempatkan objek, tadi saya bilang tentang menempatkan objek di 1/3 bagain frame. Ini dia maksudnya :

Rule of Third dalam Fotografi
Rule of Third dalam Fotografi

Sumber Gambar

Pada foto diatas, objek diletakan di 1/3 bagian frame (perpotongan antara garis horizontal dan garis vertikal). Mudah bukan ? Anda bebas menempatkan objek di titik mana saja sesuka anda, yang penting hasinya bagus dan menarik perhatian.

Oiya, jika anda memotret objek berupa manusia / makhluk hidup lain, akan lebih menarik jika perpotongan garis tadi diletakan pas pada bagian mata objek.

Itulah 2 komposisi dalam fotografi yang harus anda coba sekarang juga agar karya anda lebih menarik, saya pribadi suka dengan komposisi “Rule of Third” bagaimana dengan anda ? Masukan opini, kritik, atau saran anda di kolom komentar dibawah artikel ini ya 🙂

Saya akan sangat senang mendengar opini anda ! oiya Share juga ya hehe 🙂

Komposisi dalam Fotografi – “Center” & Permainan dengan Cahaya

Salah satu ilmu fotografi terpenting untuk dipelajari adalah cahaya, bahkan memahami cahaya lebih penting daripada memahami si dia. Cahaya memegang peranan penting dalam fotografi, seperti yang diucapkan George Eastman

“Light makes photography. Embrace light. Admire it. Love it. But above all, know light. Know it for all you are worth, and you will know the key to photography.” 

Cahaya ibarat kunci dari fotografi, nah bagaimana caranya meningkatkan kualitas foto menggunakan komposisi dan efek cahaya / pencahayaan ?

Perhatikan cahaya di langit saat jam 5-6 pagi atau saat sore sekitar jam 4-5 sore, cahaya keemasan yang indah bukan ? Nah untuk ide yang pertama ini kita akan bermain dengan cahaya-cahaya itu, coba untuk keluar rumah sesaat sebelum jam 6 pagi dan pergilah ke taman/halaman rumah.

Cari objek dan letakkan di tengah frame kemudian ambil 3,4,5 atau berapapun gambar menggunakan DSLR / Smartphone anda. Waktu saat keemasan ini dikenal sebagai golden time / golden hour. Kombinasikan permainan cahaya tadi dengan komposisi “Center” / Menempatkan objek di tengah frame, dan lihat hasilnya 🙂

Komposisi dalam Fotografi – Bermain dengan 3 Elemen

Hah 3 elemen? Kok kayak Avatar ya ? Tiga elemen komposisi dalam fotografi yang saya maksud adalah 3 objek yang anda masukan kedalam frame, 3 elemen ini akan memberikan kesan sederhana alias simple nan menarik. Elemen yang anda gunakan bisa berupa warna,  objek, tarikan garis, dan masih banyak lagi intinya gunakan 3 saja!

Foto diatas menggunakan 3 elemen yaitu, Warna cerah, Tarikan garis tegas, dan Objek berupa 2 orang yang duduk diantara garis vertikal di tengah frame. Hhhmmm simpel nan menarik ya?

Anda juga bisa membuat foto serupa dengan sedikit modifikasi, mungkin anda bisa merubah elemen warna dengan elemen lain seperti cahaya misalnya. Wah ternyata banyak ya yang bisa kita kombinasikan, namun ingat tetap gunakan 3 elemen saja ya guys !

Komposisi foto

Sumber Foto : Digital Photography School


BERGABUNG

Suka konten fotografi? Disini tempatnya ! Bergabung sekarang juga bersama 2.500+ orang yang memiliki passion yang sama dengan anda ! Mereka yang tertarik dengan fotografi berkumpul disini 🙂 Mari bergabung !

Rule of Third dalam Fotografi – Cara Mudah Memotret indah ! (100% Mudah)