Kali ini saya akan membahas tentang review lensa eksternal smartphone dari SONY yang terkenal dengan embel-embel CyberShot pada era-nya (dulu-sekarang).

Lensa eksternal sebenarnya tidak semua orang suka, ada yang mengatakan lebih baik beli kamera DSLR atau Kamera Mirrorless saja daripada mengeluarkan budget diatas 3 juta untuk lensa eksternal. Bagaimana menurut anda ?

Daripada bingung, mendingan langsung saja kita ulas seperti apa Lensa eksternal besutan SONY dengan kode QX 10 dan QX100 ini ! Kita mulai dari FAKTA dan wujud sebenarnya dari lensa besutan SONY ini.

Baca juga : Lensa Eksternal untuk Smartphone Android

Sony QX Series “BUKAN” Lensa Melainkan Sebuah KAMERA

Ternyata SONY QX series bukanlah “Lensa Eksternnal” melainkan “Kamera Tanpa Layar”. Lah ? Terus kenapa disebut lensa eksternal ? Karena bentuknya yang sederhana sehingga terlihat bagian lensanya saja, sejatinya QX Series besutan SONY dilengkapi dengan sensor gambar, baterai, slot Micro SD, mikrofon stereo layaknya sebuah kamera.

Peranan layar sendiri digantikan oleh layar smartphone anda, itulah mengapa “Kamera” QX series ini lebih terlihat seperti lensa eksternal daripada sebuah Kamera utuh. Unik bukan? Saya pribadi suka dengan QX Series besutan SONY ini. Bagaimana dengan anda ?

Untuk Mengoprasikan Sony QX Series Tidak Harus Menggunakan Smartphone Besutan Sony, Merk Lain Juga Bisa

Meskipun QX series ini dikeluarkan oleh pabrikan SONY namun anda tetap bisa menggunakannya menggunakan smartphone lain berbasis android / iOS.

Anda bisa mengatur zoom in/out, eksposur, dan white balance serta fokus langsung menggunakan smartphone anda karena QX series ini terhubung dengan perangkat smartphone anda.

Jadi anda tidak perlu beli Smartphone Sony jika ingin mencoba QX series ini, cukup gunakan smartphone berbasis Android dan iOS yang sekarang anda gunakan. Baik bukan Sony ? hehehe

Yang penasaran dengan spek lengkapnya bisa dipelajari di bagan spesifikasi dibawah ini guys! Here is it 🙂 Dengan menyajikan spek dalam tabel, saya harap teman-teman lebih nyaman dalam mempelajari spesifikasi kamera. Karena bagaimanapun kepuasan anda kepuasan saya juga hehehe !

Review Lensa Eksternal Smartphone dari SONY
Review Lensa Eksternal Smartphone dari SONY

Fitur Sony QX Series yang Diadopsi dari Kamera Premium

Bagaimana dengan fiturnya ? Lensa yang katanya bukan lensa ini memiliki resolusi 20,2 mega piksel (untuk QX 100) dan 18 mega piksel (untuk QX 10) serta kesensitifan terhadap cahaya / ISO yang menyentuh angka hingga 6400.

Steady shot juga disematkan bersama dengan kemudahan konektifitas menggunakan WiFi dan NFC, fitur steady shot memungkinkan anda mendapatkan hasil yang jelas / “no blur” meskipun memotret tanpa tripod / hanya mmenggunakan tangan kosong. Menarik juga bukan ?

Tidak cukup sampai disana, anda juga bisa zoom in hingga 10x optical zoom. Melihat spek yang ditawarkan oleh Sony melalui QX seriesnya cukup untuk membuat anda mempertimbangkan antara DSLR / Lensa eksternal yang ternyata bukan lensa ini.

Silahkan memilih, its choice ! Tidak usah ribut soal ini ya hehehe

Memang kesan unik dan jarang akan muncul jika anda hadir ditengah keramaian dengan smartphone yang dipasangi lensa QX series, jangan lupakan kesan “Wah” yang muncul hehehe

Review Lensa Eksternal Smartphone dari SONY –

Shooting Mode yang Tersedia

Kamera yang tanpa layar ini dilengkapi 3 mode utama, yaitu : Manual, Semi Auto, dan Auto.

Anda juga bisa memilih mode Aperture Priority, dan Shutter Priority jika ingin sedikit bereksperimen.

Kelebihan dan Kekurangan Sony QX Series

Kelebihan :

+Memiliki kualitas jepretan yang mumpuni (berkat sensornya yang diadopsi dari SONY RX 100 Mark II)

+Kesan “Wah” yang timbul ketika anda menggunakannya.

+Tersedianya Slot Micro SD untuk penyimpanan sehingga tidak mempersempit storage smartphone anda

+Bisa digunakan di Smartphone non-Sony

+Praktis, karena memang ukurannya tidak sebesar kamera DSLR seutuhnya

Kekurangan

-Harganya yang setara dengan DSLR sehingga menimbulkan kesan “mendingan beli DSLR sekalian”

-Baterai boros (harus siap sedia power bank)

-Tidak bisa ganti lensa layaknya kamera DSLR seutuhnya, hanya tersedia pilihan QX 100 dan QX 10. Tidak ada pilihan lensa tele, lensa fish eye, bahkan lensa makro.

Review Lensa Eksternal Smartphone dari SONY –

Kesimpulan

QX Series Ini Untuk Anda “Photography Enthusiast” (Anak muda hits yang suka hunting ke tempat keren)

Kamera Sony QX Series yang tanpa layar ini ditujukan untuk anda yang ingin tampil beda dari yang lain, menyukai kepraktisan dalam bepergian karena memang ukurannya yang kompak dan tidak memakan banyak ruang dalam tas anda dan ditujukan untuk anda yang suka memotret momen bagus tanpa harus repot-repot bawa DSLR. Dan jangan lupakan kesan “WAH” yang muncul saat anda menggunakannya.

QX Series Mungkin Tidak Cocok untuk Anda yang Berprofesi Sebagi Fotografer (Baik full time / paruh waktu)

Baca juga artikel menarik seputar fotografi dalam kategori khusus yang saya buat disini :

Artikel menarik seputar fotografi (Informasi terkini, review kamera, dan hal menarik lainnya )

Karena QX series ini bukan untuk anda yang suka gonta-ganti lensa untuk mengabadikan momen, profesi fotografi memang mengharuskan anda untuk mengganti lensa lebih dari sekali. Kadang menggunakan lensa Fix, lensa Tele, bahkan Lensa Makro.

Anda yang berprofesi sebagai fotografer akan lebih cocok dengan DSLR yang memiliki kelebihan di bagian “Lens Swapping / Lens Changing” (bahasa kerennya aja sih hehehe 🙂 )

Meskipun ada QX series yang bisa ganti lensa, dalam kasus ini saya membahas hanya QX 100 dan 10 jadi bisa dikatakan seri tersebut bukan yang bisa ganti lensa hehehe. So ? Its choice ! Beli lah apa yang cocok untuk anda hehehe

Nah jika sudah cocok dengan kamera kesayangan anda pastinya anda perlu dong ide fotografi yang kekinian sekaligus bisa mengundang like yang banyak di Instagram, Facebook, maupun Media sosial lain. Jangan lupa baca artikel ide fotografi kekinian yang harus anda coba sekarang juga !


Yuk ah dilirik dulu video reviewnya 🙂


 

Gila kamera? Follow Instagram admin yah 🙂

Kamera Ini Menggunakan Smartphone Kamu Sebagai Layarnya ! – Ini Kamera Apa Lensa?

Komentar ditutup.