Posisi kamera dalam tas tentu mempengaruhi “keamanan” dari kamera kesayangan. Posisi yang salah tentu akan berdampak buruk !

Apalagi jika sampai terjatuh ! Retak bahkan pecah bisa saja terjadi. Dalam artikel ini kita akan membahas posisi kamera dalam tas, so? kamera kita akan lebih aman 🙂

Biasanya admin meletakkan kamera dengan posisi lensa dibawah karena bentuk tas kamera admin yang mengharuskan posisi seperti itu agar kamera bisa muat. Tapi ternyata itu SALAH subs!

Perhatikan gambar cara menyimpan kamera dslr dalam tas :

Contoh posisi yang salah | Image by : snaphappymom.com

Lalu bagaimana sebaiknya? Meskipun tas kamera teman-teman sempit, akan lebih baik jika posisi lensa tidak menghadap kebawah untuk mengurangi resiko benturan langsung saat kamera terjatuh.

Perhatikan cara meletakkan kamera dslr di dalam tas ini :

Contoh posisi yang direkomendasikan | Image by : snaphappymom.com

Dengan posisi seperti gambar diatas resiko benturan pada lensa bisa diminimalisir. Memang jadi lebih sempit dan terkesan sesak ! Namun ada tips untuk mengakali hal tersebut, pisahkan antara kamera dan barang lain selain itu 🙂

Tas hanya khusus diisi oleh kamera sedangkan barang pendukung lain seperti lensa, charger, dan lainnya ditempatkan pada tas yang berbeda. (Sukur jika tas kamera teman-teman bentuknya ransel yang memiliki ruang yang banyak)

Tips kedua adalah menggunakan bantalan tambahan dibawah / alas tas kamera. Perhatikan contoh dibawah ini :

Apa fungsinya? nah, fungsi penempatan pad di bagian bawah ini adalah untuk meredam guncangan ketika tas kamera terjatuh, bayangkan jika tas anda terjatuh dengan sangat keras bisa jadi kamera didalam tas pun bisa rusak.

Dengan menambahkan pad separator di bagian bawah tas anda jadi lebih aman dan kamera pun lebih terlindungi. Pad separator ini tidak berbeda dengan gabus-gabus yang dipasang pada kardus barang elektronik, fungsinya sama yaitu untuk keamanan lebih khususnya ketika terjatuh atau terbentur dengan keras.

Estimasi Biaya : Rp. 0,-

Karena pad separator ini sudah tersedia dalam tas kamera anda. Anda cukup menempatkan 1/2 pad separator saja pada bagian bawah tas kamera anda.

Jika semua separator sudah terpakai, anda bisa mengakalinya menggunakan busa yang dipotong sesuai ukuran tas anda. Busa ini bisa anda temukan dengan mudah di toko-toko material terdekat. Namun akan lebih bagus jika anda memanfaatkan busa bekas / sisa yang ada di rumah

Dengan menggunakan cara ini resiko benturan langsung pada kamera bisa dikurangi, selain tips diatas admin juga sudah membuat beberpa tips lain. Mari kita bahas subs !

Selain Mengatur Posisi Kamera Dalam Tas – Gunakan Pengait untuk Memudahkan Anda Membawa Botol Air Minum

Pengait memang sangat berguna untuk fotografer yang hobi bereksperimen membuat hal baru dalam kategori “DIY Fotografi”. Salah satunya adalah menggunakannya sebagai pengait botol air minum.

Terlebih dahulu anda harus membuat tempat pengait pada botol minuman, cukup gunakan tali plastik yang banyak dijual di toko aksesoris sepeda motor. Memang tali ini sering digunakan menjadi perekat body motor yang longgar 🙂 Kemudian anda hanya tinggal mengaitkan botol minum pada tas kamera anda menggunakan si pengait.

Estimasi Biaya : Rp. 5.000 (Cable Ties Rp. 1.000/buah + Pengait Rp. 3.000)

Estimasi biaya diatas adalah gambaran kasar dari sebuah tali plastik dan pengait, harga di pasaran bisa lebih murah / lebih mahal (tergantung kualitas).

Saya sangat menyarankan anda membuat pengait botol minum ini, karena menurut pengalaman saya memotret adalah kegiatan yang menguras konsentrasi sehingga mudah dehidrasi.

Selain Mengatur Posisi Kamera Dalam Tas – Hindari Rembes! – Gunakan “Tent Repair Tape”, Minimal Lakban

Tent repair tape adalah selotip/lakban untuk memperbaiki tenda, banyak dijual di toko peralatan adventure/hiking. Saya menyarankan anda untuk membeli “Repair tent” dengan bentuk roll dan berwarna bening agar terlihat lebih bagus.

Setelah memiliki item ini kemudian apa yang harus kita lakukan? Nah, sekarang anda tinggal melapisi bagian bawah tas kamera anda menggunakan “Repair Tent”. Tujuannya apa? meminimalisir terjadinya rembesan air dari bawah tas anda. Akan menjadi kacau ketika tas anda rembes sampai kena kamera, bisa-bisa rusak 🙁

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, cara ini perlu anda coba !

Estimasi Biaya : Rp. 80.000 (Perkiraan harga “Repair Tent” di toko adventure)

Untuk mengakali biaya yang saya kira terlalu besar untuk membeli “Repair tent” anda bisa menggantinya dengan lakban bening yang banyak dijual di toko alat tulis.

Estimasi Biaya Setelah Instalasi “Kreatifitas” : Rp. 7.000 !

Selain Mengatur Posisi Kamera Dalam Tas – Gunakan kaki-kaki tambahan !

Kaki-kaki tambahan? Setelah anda melapisi bagian bawah tas kamera anda dengan menggunakan “Tent Repair” hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menambah kaki-kaki pada tas kamera anda.

Fungsi kaki tambahan ini adalah untuk menjaga tas kamera anda agar tidak menyentuh permukaan tanah/lantai secara langsung sehingga ketika permukaan dalam kondisi basah, tidak akan langsung mengenai tas anda

(kamera lebih aman 🙂 )

Gunakan silikon karet yang dikenal juga dengan nama “Sugru” untuk dijadikan kaki-kaki tambahan pada tas kamera anda 🙂 Silikon karet sugru ini bisa dibentuk sesuai kebutuhan anda, bentuk oval membulat untuk dijadikan kaki-kaki tambahan pada tas kamera anda 🙂

Estimasi Biaya : Rp. 34.000 (Harga di Online)

 

Selain Mengatur Posisi Kamera Dalam Tas – Rekatkan Tripod Anda pada Tas Kamera Menggunakan Velcro

Nah apa yang bisa anda lakukan pada tas kamera dengan velcro ? Banyak sebenarnya, salah satunya adalah anda bisa menggunakan velcro ini untuk merekatkan tripod pada tas kamera anda.

Bagaimana jadinya ? Pertama, anda harus melekatkan salah satu bagian velcro pada tas kamera dan bagian lain pada tripod (pada busa pada tripod). Merekatkan velcro pada tas kamera dan tripod bisa anda lakukan dengan bantuan lem / double tape, tentu dengan kualitas yang bagus agar tidak mudah lepas.

Dengan melakukan ini, resiko tripod jatuh dari tas kamera anda bisa dikurangi. Setelah direkatkan, jangan lupa menutup tas kamera anda agar tripod anda lebih terjaga dari resiko “Jatuh” bahkan Hilang.

Estimasi Biaya : Rp. 12.000

Selain posisi kamera dalam tas, ternyata ada beberapa kebiasaan burukl yang berkemungkinan bisa merusak kamera loh subs!

Ini dia : Hindari 3+2 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kamera Ini ! (100% Berbahaya!)


BERGABUNG

Suka konten fotografi? Disini tempatnya ! Bergabung sekarang juga bersama 2.500+ orang yang memiliki passion yang sama dengan anda ! Mereka yang tertarik dengan fotografi berkumpul disini 🙂 Mari bergabung !

 

Posisi Kamera Dalam Tas yang Benar – Jangan Salah Posisi!