Pengertian Shutter Speed

Dalam belajar fotografi tentu kita sering menemukan istilah-istilah yang terdengar asing seperti white balance, aperture, dan pengertian shutter speed itu sendiri.

Shutter speed? hhmm..sebagai pemula yang baru belajar fotografi tentu agak asing dengan istilah yang satu ini, Saya sering mendapati pertanyaan yang intinya seperti ini :

  • Apa itu shutter speed dalam fotografi?
  • Fungsi shutter speed itu apa ya?
  • Saya mau dong belajar shutter speed, tapi bagaimana ya?

Berdasarkan pertanyaan yang telah saya utarakan diatas, kita akan menyelesaikan semua pertanyaan tersebut dalam artikel ini. Artikel ini dibagi menjadi tiga bagian guys, yuk langsung saja menuju bagian satu tentang pengertian shutter speed. Oiya jangan lupa baca artikel mengenai ISO pada kamera ya guys ! penting juga loh 🙂

Berbicara soal shutter, pernah mendengar shutterstock.com? Shutterstock.com adalah situs jual beli foto yang sangat populer.

Menurut informasi, penghasilan dari shutterstock berkisar antara antara $0,25 sampai $28 per penjualan. Wow, menarik ya? o,25 dollar jika dikonversikan ke mata uang rupiah berarti Rp. 3.328,78 sedangkan maksimalnya yaitu $28 atau setara dengan 372.899,02 rupiah untuk penjualan 1 foto.

Tertarik menjadi kontributor shutterstock.com ? Pelajari dulu selengkapnya disini !

Pengertian Shutter Speed

BAGIAN SATU : PENGERTIAN SHUTTER SPEED

Shutter speed adalah  waktu ketika “shutter blade” pada kamera terbuka sampai tertutup kembali. Ketika shutter terbuka, sensor pada kamera melakukan pekerjaannya yaitu menangkap gambar. Setelah selesai maka shutter kembali tertutup.

Rentan waktu antara shutter terbuka-tertutup kembali itulah yang disebut Shutter Speed. Semakin lama shutter terbuka maka semakin banyak data (dalam bentuk momen/gambar) yang ditangkap sensor, begitu juga sebaliknya.

Oiya, saya juga membuat artikel Panduan Menjadi Fotografer Professional dalam 7 Langkah Praktis yang Alhamdulillah mendapatkan banyak sekali SHARE dari teman-teman di sosial media.

Jumlah SHARE-nya mencapai 1,1 K atau seribu lebih menurut analisa SUMO ME. Jangan lupa luangkan waktu untuk membacanya ya guys !

Pengertian Shutter Speed

BAGIAN DUA : MEMAHAMI FUNGSI SHUTTER SPEED

Setelah mengetahui definisi shutter speed, kita akan membahas fungsi dari shutter speed itu sendiri. Shutter speed memiliki banyak manfaat / kemampuan didalam dunia fotografi, saya akan mendeskripsikan fungsi dari shutter speed dalam penerapannya dalam sebuah kasus :

  • Shutter Speed digunakan untuk membekukan gerakan yang cepat “freeze” – Untuk membekukan sebuah gerakan dari objek, kita perlu mengatur shutter speed pada angka tertinggi. Shutter Speed diatur pada angka 1/1.000 detik dengan terlebih dahulu mengaktifkan mode “Shutter Priority” pada menu dial.
  • Shutter Speed digunakan untuk memberikan efek gerakan pada foto – Untuk membuat efek gerakan, kita perlu mengatur Shutter Speed dengan angka yang lebih kecil / lambat. Penggunaan SS pada angka 1/8 atau 1/15 bisa digunakan untuk membuat efek “motion” / efek gerakan.

Dalam menggunakan Shutter Speed, kita harus bisa menentukan “SS berapa yang akan digunakan” untuk menangkap objek tertentu, karena membekukan pergerakan orang yang berjalan akan berbeda dengan membekukan pergerakan orang yang berlari. Untuk itu anda harus paham fungsi setiap angka shutter speed.

Saya telah membuat “Cheat Sheet” agar anda bisa dengan mudah menentukan “Shutter Speed” berapa yang digunakan ketika ingin membekukan gerakan (cepat, sedang, lambat) dan ketika anda ingin membuat efek halus pada air yang bergerak. Download ” Cheat Sheet”-nya sekarang 🙂

Download juga CS dibawah ini, (sumbernya dari sini) :

Dapatkan CS lain dengan bergabung di GRUP khusus SUBSCRIBER 🙂 Konten Chetasheet yang memudahkan anda memilih lensa yang sesuai dengan jenis fotografi sudah saya siapkan dan siap untuk di download hehe ! Yuk bergabung guys 🙂

 

Pengertian Shutter Speed

BAGIAN TIGA : BELAJAR MENGGUNAKAN SHUTTER SPEED

Menggunakan shutter speed cukup mudah, pertama kita harus mengubah mode kamera ke “shutter priority”. Shutter priority ditandai dengan huruf berbagai singkatan, untuk Canon disingkat “TV” dan untuk kamera Nikon disingkat “S”.

Setelah anda mendapatkan “cheat sheet“, hal yang harus anda lakukan adalah mencoba setiap  shutter speed. Mulai dari yang terlambat sampai yang tercepat sesuai keterangan yang saya cantumkan dalam “CheatSheet”.

Seiring latihan yang kita lakukan, maka skill dan intuisi kita semakin terasah, ketika kita melihat objek menarik yang bergerak dengan kecepatan tertentu secara otomatis kita akan langsung mengetahui shutter speed berapa yang harus digunakan. Inilah fungsi latihan, seperti yang selalu saya tekankan dalam setiap artikel tutorial dalam website ini

Ambil kamera anda dan mulailah mencoba setiap shutter speed yang tersedia. Jangan lupa untuk menggunakan “Cheat Sheet” yang telah anda download untuk membantu anda memahami shutter speed lebih lanjut. Selamat belajar 🙂

Saya harap artikel ini bermanfaat untuk anda, jika anda merasakan manfaat dari apa yang saya bagikan disini anda bisa share ke teman-teman melalui tombol SHARE disamping kiri layar monitor anda 🙂 Terimakasih !

Jangan lupa untuk SHARE halaman ini ke teman anda yang tertarik dengan dunia fotografi & ingin belajar fotografi dengan cara yang berbeda! sekaligus tunjukan pada teman-teman anda bahwa belajar fotografi itu tidak sesulit yang orang katakan!

Memahami Shutterspeed dalam 3 Menit – Download Cheatsheet-nya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.