Metering dalam fotografi merupakan kemampuan kamera untuk mengukur cahaya yang masuk untuk diproses lebih lanjut didalam kamera, sedangkan mode metering adalah fitur dalam kamera DSLR dimana user bisa memilih dimana bagian dalam gambar untuk dijadikan prioritas, kemudian kamera akan mengatur eksposure yang pas untuk bagian yang telah ditentukan. Apakah hanya di satu titik, atau menyebar.

Secara default, kebanyakan kamera DSLR bawaan pabrikan menggunakan metering  Matrix atau Evaluative (kita akan bahas sebentar lagi).

Sudah siap? Ini dia artikel metering dalam fotografi !

Enjoy ­čÖé

Metering dalam Fotografi #1

Matrix Metering (Nikon) / Evaluative (Canon)

Image by : pinterest.com

Yang pertama adalah Matrix Metering atau Evaluative Metering, mari kita bahas lebih lanjut ! Metering ini cocok digunakan untuk fotografi landscape karena mode ini memperhitungkan cahaya dari semua bidang, resiko over/under exposure bisa diminimalisir karena pembagian eksposure merata.

Baca juga : 5+1 Teknik Foto Landscape yang Akan Membuat Karya Anda Makin Keren!

Intinya :

  • Gunakan mode ini untuk memotret pemandangan aliat landscape photography (Baca juga tipsnya disini)
  • Gunakan juga untuk memotret di situasi yang sulit untuk menentukan titik fokus

Metering dalam Fotografi #2

Center Weighted Metering

Image by : pinterest.com

Yang kedua adalah mode┬áCenter Weighted Metering, mode ini cocok digunakan untuk “portrait photography” dengan titik fokus di tengah frame.┬á Oiya ini juga cocok digunakan untuk foto keluarga loh !

Baca juga : Ini Dia Trik Jitu Agar Foto Keluarga / Foto Bersama Terlihat Merata Fokusnya dan Tentu Lebih Menarik

Mengapa? Karena mode ini memfokuskan untuk mengatur nilai exposure di titik fokus (tengah frame) dengan mengabaikan daerah diluar titik fokus (daerah pinggir frame).

Intinya :

  • Gunakan mode ini untuk “portrait photography” atau ketika anda menempatkan objek utama di tengah frame.

Metering dalam Fotografi #3

Spot Metering

Image by : pinterest.com

Yang terakhir adalah “Spot Metering”, metering ini digunakan ketika objek utama lebih kecil daripada keseluruhan bagian foto atau ketika anda ingin membuat satu titik dari keseluruhan bagian foto terlihat berbeda (menjadikannya “point of interest”).

Intinya :

  • Gunakan mode ini untuk menjadikan salah satu bagian dari foto menjadi “Point of Interest”.
  • Gunakan juga mode ini saat objek utama lebih kecil dari keseluruhan bagian foto (memotret burung dari jarak yang cukup jauh misalnya)
Jangan Sampai Bengong Ketika Ditanya Soal Metering ! Pahami Ini …