Memotret Kembang Api ? Tentu sangat menyenangkan jika Anda tahu cara mudah melakukannya, dalam artikel ini kita akan bahas cara paling praktis memotret kembang api 🙂 Mari kita mulai !

Selamat datang di blog kreatif tentangfotografi.com !

Kali ini kita akan membahas tips memotret kembang api menggunakan kamera DSLR subs! Yuk langsung saja mulai dengan persiapan yang wajib dibawa 🙂 Here we go !

Tips Memotret Kembang Api

1. Persiapan Gear Utama & Perlengkapan Tambahan

Sebelum berangkat menuju destinasi utama, tentu saja kita perlu mempersiapkan gear utama dan beberapa peralatan pendukung saat memotret kembang api. Ini dia yang harus kita siapkan (dicatat ya!)

  1. Kamera DSLR
  2. Tripod (Gunakan Tripod dengan kualitas jempolan ya guys !), jika belum punya silahkan baca : Tips memilih tripod sesuai budget & kebutuhan.
  3. Remote Release
  4. Kardus yang diwarnai “Hitam” (cat / spidol its okay)

Mungkin teman-teman bertanya untuk apa menggunakan kardus yang diwarnai hitam, kardus ini tidak sembarangan loh subs! Ada fungsinya 🙂 Terus membaca, kita akan cari tahu di pembahasan selanjutnya !

Tips Memotret Kembang Api

2. Settingan Kamera

Source : Pinterest.com

Setelah menyiapkan gear utama dan perlengkapan tambahan kini saatnya kita mengatur settingan kamera yang akan digunakan untuk memotret kembang api. Sudah siap? Pegang kamera DSLR anda sekarang juga dan gunakan settingan (rekomendasi) dibawah ini :

  • Ubah mode kamera ke Manual
  • Set shutter speed ke mode BULB
  • Set Aperture ke f/8 – f/16 (Gunakan mana yang dirasa paling pas)
  • Set fokus kamera ke “Infinity”
  • Gunakan ISO 100 / 200
  • Matikan “Image Stabilization” / “Vibration Reduction”
  • Matikan “Noise Reduction”
  • Matikan Flash

Bagaimana? Sudah mengeset settingan sesuai rekomendasi diatas?. Settingan diatas tidaklah mutlak, teman-teman bisa menyesuaikan settingan yang dirasa pas 🙂

Mari kita lanjutkan !

Tips Memotret Kembang Api

3. Teknik Sederhana Memotret Kembang Api

Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya memotret kembang api menggunakan teknik atau trik sederhana, perhatikan ilustrasi dibawah ini :

Source : Pinterest.com

Untuk mendapatkan jepretan yang pas, yaitu tepat ketika kembang api meletus dan membuat bentuk bunga maka kita bisa menggunakan teknik sederhana seperti ilustrasi diatas.

Ketika mendengar suara kembang api dilepaskan ke langit “cuiiinggg” saat itu pula kita membuka shutter kamera dan membiarkannya terbuka sampai kembang api meletus sempurna.

Mudah bukan?

4. Teknik Anti Mainstream Memotret Kembang Api menggunakan Kardus Hitam

Masih ada teknik lain yang bisa teman-teman gunakan loh, masih ingat dengan kardus yang diwarnai hitam? kali ini kita akan menggunakannya untuk memotret kembang api. Begini caranya :

 

Source : Pinterest.com

Dengan menggunakan kardus yang di cat hitam kita bisa menangkap beberapa “letusan kembang api” dalam satu jepretan, caranya cukup mudah cukup atur shutter speed minimal 20 detik kemudian tutup menggunakan kardus hitam sampai ada “letusan kembang api”, lakukan hal yang sama untuk menangkap 2-3 letusan kembang api dalam satu jepretan.

 

Mudah bukan? Ternyata kardus yang diwarnai hitam bermanfaat ya subs?


Jangan ketinggalan update artikel-artikel lain yang pastinya bermanfaat dan gratis untuk membantu teman-teman dalam belajar fotografi! dengan bergabung di grup subscriber bersama 1.500 orang yang memiliki hobi yang sama di bidang fotografi

Bergabung sekarang juga dalam grup subscriber Facebook ! 100% Gratis 

Grup ini saya jadikan tempat berbagi konten-konten baru (tips, trik, dan infografis) secara eksklusif. Saya akan senang jika anda bergabung hehe

Cara Memotret Kembang Api Menggunakan Kardus Hitam – Rugi Nggak Coba !