Membuat Sendiri Lenshood Kamera

Halo teman-teman, kali ini saya akan membahas trik “DIY Photography” ketika cuaca sedang tidak bersahabat dengan anda, trik ini bisa anda lakukan menggunakan bahan-bahan yang murah bahkan sudah tersedia di rumah anda. Banyak fotografer yang menyukai teknik “DIY Photography” ini karena memang murah alias hemat biaya, termasuk saya 🙂 artikel ini saya sebut dengan “Cara Kreatif Membuat Sendiri Lenshood Kamera”.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat memposting pre-artikel di kronologi saya untuk melihat respon audiens. Banyak komentar-komentar yang masuk seiring pertanyaan  yang saya ajukan tentang fungsi gelas plastik diujung lensa.

Saya senang melihat banyak audiens yang tertarik dengan artikel yang saya buat, banyak komentar masuk dan beberapa komentar belum sempat saya balas, intinya banyak yang berpendapat bahwa fungsi gelas plastik di ujung lensa tersebut adalah sebagai “Lens Hood“.

Membuat Sendiri Lenshood Kamera :

Dari Gelas Plastik

Oke kita mulai, fungsi gelas plastik ini berkaitan erat dengan fotografi jarak dekat alias makro. Pernahkah anda merasa kesulitas dalam menjaga objek agar tetap di tempat dan kesulitan menjaga kamera agar tetap stabil (tidak goyang) saat berusaha mencari fokus pada objek yang dekat karena tidak menggunakan tripod?

Bahkan sudah bersusah payah menjaga objek, dan kestabilan kamera namun hasil yang didapatkan tidak sesuai ekspektasi karena cahaya yang over sehingga hasilnya terlihat jelek. Ah man !

Lupakan semua masalah diatas, mulailah mencari sebuah gelas plastik, lakban, dan gunting di lemari perkakas anda 🙂

Hal yang harus anda lakukan :

  1. Potong bagian bawah dari gelas plastik dan atur sedemikian rupa agar pas dengan ujung lensa anda.
  2. Jika sudah dirasa pas, lapisi bagian bawah menggunakan lakban hitam agar bagian yang tajam tidak meggores bodi lensa.
  3. Tempelkan gelas plastik yang telah dilapisi lakban pada ujung lensa anda sehingga terlihat seperti ini :

Membuat Sendiri Lenshood Kamera

Untuk apa sih sebenarnya kita meletakkan sebuah gelas plastik di ujung lensa seperti foto diatas ? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut saya ajak anda untuk memahami masalah-masalah yang timbul ketika anda memotret outdoor. Jangan lupa untuk membaca artikel DIY fotografi lainnya guys ! Saya memiliki artikel mengenai membuat sendiri filter warna, cetakan bokeh, dan rain cover.

Terkadang banyak sekali kesulitan-kesulitan yang akan kita hadapi ketika memotret jarak dekat seperti makro fotografi, ketika hendak memotret tanaman seperti bunga tidak jarang ada angin kencang datang sehingga membuat bunga tersebut bergoyang alhasil kamera tidak bisa fokus.

Kesulitan kedua datang ketika anda memotret tanpa tripod, ada tentu akan sangat kesulitas untuk menjaga kamera tetap stabil ketika anda berusaha mendapatkan fokus terbaik pada objek. Memang akan lebih bagus hasilnya jika kita melakukan fotografi makro di studio khusus bernama “Macro Photography Studio” yang bisa anda beli bahkan dibuat sendiri menggunakan kardus bekas

Baca juga : 6 DIY fotografi yang akan menghemat budget hingga jutaan rupiah.

Namun, ketika anda keluar rumah untuk memotret tanaman seperti bunga dan lainnya maka anda tidak harus membawa objek ke studio makro. Langsung saja jepret di tempat hehe !

Kembali ke 2 masalah diatas, nah bagaimana solusi untuk kedua masalah tersebut ? Ini dia sebenarnya tugas gelas plastik di ujung lensa tadi.

Dengan adanya gelas plastik di ujung lensa, anda akan lebih mudah mengatasi angin yang datang tiba-tiba ketika hendak memotret tanaman, selain fungsi tersebut gelas plastik tersebut juga berfungsi sebagai diffuser, dan penghalau cahaya matahari yang berlebihan (khususnya ketika anda memotret pada siang hari yang

terik).Perhatikan foto dibawah ini :

Membuat Sendiri Lenshood Kamera
Kiri menggunakan gelas plastik – Kanan tanpa gelas plastik

Saya mengatakan bahwa selain berfungsi sebagai penetral untuk cahaya berlebih dan penghalau angin yang datang tiba-tiba, gelas plastik ini juga berfungsi sebagai diffuser. Diffuser ini berfungsi sebagai penyebar cahaya agar tidak terfokus ke satu titik hingga menyebabkan efek yang jelek, cahaya yang tersebar rata akan membuat hasil lebih menarik dan tidak over.

Perhatikan hasil foto dibawah ini :

WhiteCupMacro-flower1
Kiri menggunakan gelas plastik – Kanan tanpa gelas plastik

Bagaimana ? Tertari membuat sendiri lenshood kamera menggunakan gelas plastik ini sebagai teman anda memotret anda saat angin dan cahaya sedang tidak bersahabat? Nice idea bukan ? Saya pribadi juga tertarik menggunakan trik kreatif ini 🙂

Sedikit catatan :

  • Jika anda merasa satu gelas plastik saja tidak cukup panjang untuk kebutuhan fotografi anda, anda bisa menggunakan 2 atau lebih gelas plastik yang disatukan menggunakan lakban tadi. Hal ini berkaitan dengan ukuran lensa yang anda gunakan, semakin lebar diameter lensa maka semakin pendek gelas plastiknya.

Semoga bermanfaat guys ! Jangan ragu untuk berkomentar, memberikan kritik, dan saran pada tulisan saya. Saya juga masih belajar hehe, mohon kritik dan sarannya 🙂

Jangan lupa untuk share artikel ini jika anda mendapatkan manfaatnya, by the way anda sudah baca artikel hits ini ? jangan lupa untuk menyempatkan untuk membacanya hehe.

Terimakasih banyak semoga bermanfaat ! Baca juga kumpulan artikel DIY fotografi yang akan memberikan anda pengetahuan lebih seputar dunia fotografi yang hemat biaya karena anda akan membuat sendiri peralatan fotografinya 🙂


BERGABUNG

Suka konten fotografi? Disini tempatnya ! Bergabung sekarang juga bersama 2.500+ orang yang memiliki passion yang sama dengan anda! Mereka yang tertarik dengan fotografi berkumpul disini 🙂 Mari bergabung dan hemat lebih banyak uang!

Butuh Lenshood Sekaligus Penghalau Angin? – Ini Dia Sahabat Memotret Anda Ketika Angin, dan Cahaya Sedang Tidak Bersahabat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.