Membuat Sendiri Filter Kamera

Filter, hhhmmm benda ini menjadi sangat akrab di telinga fotografer mengingat fungsinya yang memang penting. Salah satunya seperti yang kita kenal dengan ND filter atau neutral density, filter ini berguna untuk menetralkan intensitas cahaya yang berlebih. Dalamartikel ioni kita akan belajar membuat sendiri filter kamera, tepatnya filter warna untuk kamera anda.

Kembali ke judul, filter juga berfungsi sebagai penambah efek pada hasil foto. Dengan filter warna anda bisa menambahkan efek soft-color yang terlihat cantik. Kabar baiknya filter warna ini bisa anda buat sendiri menggunakan barang-barang disekitar anda. Penasaran ?

Oke oke, pertama anda perlu menyiapkan beberapa bahan (boleh dicatat 🙂 )

  • 1. Siapkan bolpoin & spidol
  • 2. Siapkan Kertas
  • 3. Plastik bening (Biasa dijadikan jilid makalah ala mahasiswa)
  • 4. Gunting
  • 5. Terakhir anda perlu “Lipstik” 🙂 (anda tidak salah baca hehehe)

Oiya selain anda bisa membuat sendiri filter kamera berwarna pada artikel ini, anda juga bisa belajar membuat peralatan fotografi yang lain. Saya memiliki banyak artikel DIY fotografi seperti membuat sendiri Rain Cover , Lensa Makro, dan Lens Hood.  Jadi pastikan anda membaca seluruh artikel DIY fotografi ya ! 🙂

Membuat Sendiri Filter Kamera

Langkah satu untuk membuat sendiri filter kamera

Pertama-tama anda harus membuat cetakan dengan mengukur diameter lensa anda. Caranya sangat mudah, cukup gunakan lens-cap sebagai cetakan 🙂

Hindari menggambar langsung tanpa menggunakan cetakan ya guys, selain “susah” hal ini juga bisa membuat gambar tidak pas. Bagaimana solusinya?

Cukup ambil lens-cap alias penutup lensa kamera anda dan jadikan sebagai cetakan. Anda cukup mengikuti alur lingkar lens-cap, mudah sekali bukan ? gunakan bolpen, pensil, atau spidol untuk menggambar cetakan, asal jangan pensil alis ya guys hehehe 🙂

Cukup lipstik saja yang kita gunakan dalam tutorial DIY kali ini ! Untuk anda yang tidak memiliki lipstik /  tidak memiliki teman yang bisa dipinjam lipstiknya, saya memiliki solusi yang tepat untuk anda! Kita akan bahas nanti 🙂

Langkah dua untuk membuat sendiri filter kamera

Membuat Sendiri Filter Kamera

Ambil cetakan kertas tadi lalu lakukan hal yang sama pada plastik bening (baca : sampul makalah hehehe) ikuti garis secara hati-hati  jangan sampai keluar jalur, kemudian gunting cetakan yang telah anda gambar tadi.

Untuk menggambar di plastik bening, gunakan spidol ya guys karena jika menggunakan bolpoin biasanya tinta tidak akan menempel dengan baik. Gunakan spidol papan tulis bukan spidol air 🙂 karena akan sama saja seperti bolpoin jika anda menggunakan spidol air hehehe (tinta susah nempel)

Langkah tiga untuk membuat sendiri filter kamera

Setelah cetakan di gunting, anda harus mewarnainya menggunakan lipstik. Lakukan pewarnaan di pinggiran filter / di tengah atau dimanapun sesuai selera anda, perhatikan contoh pewarnaan filter diatas. Kombinasikan lebih dari 1 warna guna menciptakan efek yang beragam ya guys !

Membuat Sendiri Filter Kamera

Lihat gambar diatas, bagus bukan ? Anda bisa berkreasi dengan “Lipstik” guna menciptakan warna-warna yang indah di filter “Handmade” ini. Semakin banyak lisptik yang anda miliki maka semakin banyak juga kombinasi warna yang bisa anda ciptakan hehehe.

Hampir lupa, saya memiliki artikel DIY fotografi yang paling populer. Jumlah SHARE-nya Alhamdulillah mencapai 1.3 K alias 1.300 lebih share dari teman-teman di sosial media. Jangan lupa luangkan waktu teman-teman untuk membaca 5 Trik DIY fotografi yang akan menghemat budget hingga jutaan rupiah.

Sedikit tambahan untuk anda yang tidak memiliki lipstik :

Tips jika anda tidak memiliki “Lipstik” seperti saya 🙂

Karena saya laki-laki, otomatis urusan per-lipstik-an syaa tidak tahu banyak. Solusinya adalah meminjam dari teman perempuan, saudara perempuan, atau membeli sendiri lipstik tentunya ditemani perempuan hehehe. Beli sjaa lipstik termurah karena anda tidak akan memakainya hehe

Bagaimana dengan hasilnya ?

Sebelum berbicara hasil, anda harus tahu dulu cara menggunakan filter ini karena tidak dipasang diujung lensa melainkan “dipegang dengan tangan”.Dalam artian seperti ini, tangan kanan memegang kamera dan tangan kiri memegang filter handmade.

Nah, kembali ke masalah hasil foto. Saya sendiri menilai hasil dari filter ini adalah “Keren, soft-colornya menambah estetika” tapi itu semua kembali ke masalah selera :). Tetapi yang lebih penting adalah biaya yang anda keluarkan untuk membuat filter ini, sangat mudah dan murah bukan ?

Bagaimana penilaian anda tentang ini :

Keren bukan ? Anda suka dengan hasilnya ? Saya yakin anda akan suka hehehe. Oke guys inilah akhir dari artikel “DIY Fotografi” kali ini, jangan lupa subscribe jika anda belum terdaftar di jajaran subscriber blog ini hehe 😀

Bagikan juga artikel ini untuk membantu teman anda yang sedang bingung mencari inspirasi baru dalam urusan memotret 😀

Tertarik mencoba guys? jangan lupa untuk SHARE jika artikel ini bermanfaat 🙂 Jangan lupa untuk bergabung dengan Subscriber tentangfotografi.com untuk mendapatkan notifikasi setiap kali saya mengupdate artikel di blog. 100% gratis dan valueable untuk anda yang suka fotografi !

Baca juga kumpulan artikel DIY fotografi yang akan memberikan anda pengetahuan lebih seputar dunia fotografi yang hemat biaya karena anda akan membuat sendiri peralatan fotografinya 🙂 Silahkan klik tulisan dibawah ini dan Enjoy Reading ! Sumber Referensi Artikel


Jangan lupa bergabung dengan komunitas pecinta fotografi terbaik di facebook ya subs ! Jadilah bagian dari 3.500 lebih orang-orang yang antusias dengan fotografi 🙂 Admin sediakan konten-konten terbaik untuk kamu semua !

BERGABUNG SEKARANG (100% GRATIS)

 

Daripada Beli Mahal-Mahal, Mendingan Buat Sendiri Filter Warna untuk Lensa Kamera Anda! Modalnya Lipstik + Jilid Makalah Saja Kok

Komentar ditutup.