Membuat Sendiri Aksesoris Kamera

Kali ini saya akan memberikan trik “DIY Fotografi” mengenai membuat sendiri aksesoris kamera yang pastinya murah meriah untuk menggantikan kelengkapan fotografi yang harganya cukup mahal. Khusus untuk artikel ini saya akan membahas aksesoris kamera yang bisa anda akali dengan barang bekas dan barang yang mudah ditemukan di supermarket terdekat.

Aksesoris untuk kamera memang terbilang cukup mahal, bayangkan untuk sebuah flash diffuser saja harganya bisa mencapai puluhan hingga ratusan ribu rupiah tergantung merk dan bentuknya. Sebuah nominal yang sangat besar apalagi untuk fotografer dengan budget yang terbatas.

Kali ini kita akan membahas salah satu trik fotografi yaitu DIY atau “Do It Yourself” alias buat saja sendiri 🙂

 

Baca juga cara membuat sendiri “Dry Box” kamera + Cara memanfaatkan teh celup sebagai penyerap udara lembab  


Aksesoris kamera memang sangat diperlukan untuk menunjang aktifitas fotografi, seperti peran flash diffuser yang berguna untuk menyebarkan cahaya dari flash dan peran tripod yang menunjang proses pengambilan gambar khususnya yang menggunakan teknik “Long Exposure”.

Namun dengan harga yang bisa dibilang “mahal” ini, banyak yang berfikir ulang untuk membeli aksesoris kamera.

Tapi tenang saja, kreatifitas manusia memang tidak ada habisnya dalam menciptakan trik fotografi, ada saja cara untuk mengakalinya. Salah satu diantaranya adalah menggunakan barang-barang yang mudah ditemukan untuk dijadikan pengganti aksesoris “mahal” tersebut, apa saja itu?

Mari kita bahas !

Membuat Sendiri Aksesoris Kamera #1

Gunakan “Shower-Cap” sebagai Rain Cover Kamera Anda

Membuat Sendiri Aksesoris kamerasumber gambar

Sebelumnya saya sempat memberikan bocoran mengenai “shower-cap” ini di akun Facebook saya beberapa hari yang lalu, ada pembaca yang menebak bahwa “shower-cap” ini akan menggantikan peran filter & memberikan efek dreamy alias blur-blur lembut persis seperti kue lapis hehe 🙂

Ternyata kali ini kita akan menggantikan peran Rain Cover Camera dengan “Shower-Cap”, loh bagaimana caranya?

Caranya sangat mudah, anda cukup membungkus kamera anda dengan shower cap ini dan jangan lupa memasang lens hood agar bagian depan lensa anda juga terlindungi.

Nah, jika anda tidak memiliki lens hood anda bisa menggantikan perannya menggunakan gelas plastik bekas 🙂 serius, saya tidak bercanda hehe.

Nah, daripada membeli mahal-mahal akan lebih baik jika anda membuat sendiri aksesoris kamera yang anda butuhkan bukan?

Daripada anda membeli lens-hood yang mahal, mengapa anda tidak membuatnya sendiri ? dengan sedikit kreatifitas, gelas plastik bekas seperti gambar diatas bisa anda cat dan hias sesuai kreasi anda sendiri 🙂

Kombinasi antara gelas plastik dan shower cap ternyata anda sudah bisa melindungi kamera kesayangan anda dari hujan dan embun.

Hampir lupa, saya memiliki artikel DIY fotografi yang paling populer. Jumlah SHARE-nya Alhamdulillah mencapai 1.3 K alias 1.300 lebih share dari teman-teman di sosial media.

Jangan lupa luangkan waktu teman-teman untuk membaca 5 Trik DIY fotografi yang akan menghemat budget hingga jutaan rupiah.

Membuat Sendiri Aksesoris Kamera #2

Jangan Buang Kertas Bekas Kopi Cup Anda

Membuat Sendiri Aksesoris kamera

 sumber gambar

Pertama anda harus membeli kopi instan kemasan di minimarket terdekat, cukup dengan harga Rp. 5.000 rupiah saja. Kemudian habiskan kopinya / tumpahkan saja tidak apa-apa hehe 🙂

Nah, gelas plastik bekas dan kertas “anti panasnya” bisa anda gunakan sebagai pengganti lens hood.

Untuk menambah kesan “eye catching” anda bisa melukis kertas kopi tadi menggunakan cat / spidol agar keliatan lebih menarik. Sama seperti trik gelas plastik tadi.

Check this out ! Dengan sedikit kreatifitas kita bisa menciptakan karya DIY (Do It Yourself) yang unik dan yang terpenting adalah bisa menekan budget pengeluaran hehehe 🙂

Karena salah satu tujuan dari trik DIY adalah menghemat uang kita, khususnya mahasiswa seperti saya (curhat)

Membuat Sendiri Aksesoris Kamera #3

Flash Diffuser? Gunakan Kertas Lipat Saja !

Trik Fotografi

sumber gambar

Flash diffuser adalah aksesoris kamera yang berfungsi untuk menyebarkan cahaya pada sasaran / objek fotografi sehingga cahaya pada objek terlihat rata dan tidak terfokus ke satu titik.

Untuk anda yang membutuhkan Flash Diffuser tetapi ingin menghemat budget, anda bisa menggunakan kertas lipat dan sedikit perekat untuk mengakalinya. Trik fotografi ini mudah dilakukan dan bahannya pun mudah didapatkan 🙂

Cukup lipat kertasnya dan rekatkan pada kamera, wohla! jadilah sebuah flash diffuser fungsional yang tidak perlu waktu lama untuk membuatnya. Sederhana bukan? dengan menggunakan kertas dan selotip saja seorang fotografer kreatif penganut aliran DIY bisa membuat flash diffuser yang bisa menghemat budget !

Membuat Sendiri Aksesoris Kamera #4

Lindungi Kamera Kesayangan Anda dengan Waterproof dari Plastik dan Karet !

Apakah anda seorang fotografer outdoor yang akrab dengan cuaca extreme seperti hujan, suhu dingin, dan kabut? Namun tidak memiliki rain cover yang memadai ? bisa jadi kamera anda berjamur loh !

Lindungi kamera anda sekarang juga menggunakan “Rain Cover” ala DIY Fotografi yang hemat biaya ! Bagaimana cara membuatnya? Sangat mudah, anda tinggal menyiapkan plastik bening dan sebuah karet gelang.

Selanjutnya anda tinggal membungkus kamera kesayangan anda dan mengikat mulut plastik pada bagian lensa menggunakan karet. Perhatikan gambar dibawah ini :

Trik Fotografi

Sumber gambar : Cooph

Membuat Sendiri Aksesoris Kamera #5

Tripod dari Tali / String Tripod :

Trik Fotografi

sumber Gambar

Menggunakan tali sebagai tripod adalah salah satu trik fotografi yang bisa anda lakukan sebagai alternatif untuk anda yang ingin mencoba menggantikan peran tripod menggunakan perangkat yang lebih ekonomis dan praktis.

Bagaimana cara membuatnya ? Anda cukup menyediakan sebuah “mouth tripod” dan tali yang cukup panjang sekitar 2 meter (disesuaikan dengan tinggi badan anda saja)

Anda cukup memasukan tali tadi kedalam mouth tripod dan memberikan pemberat diujungnya berupa ring pada kedua ujung tali untuk kemudian anda injak guna menahan “string tripod”.

Membuat Sendiri Aksesoris Kamera #6

Rice Bag Pad

Rice bag ? yap, memang trik fotografi yang satu ini ada unsur berasnya. Ini adalah penyangga serbaguna untuk kamera anda ketika diletakkan di berbagai jenis permukaan.

“Rice Bag” ini juga sangat adjustable, hah?

Anda tidak salah baca kok, memang alat yang satu ini sangat mudah diatur sesuai kebutuhan anda. Bisa menahan kamera anda ketika membutuhkan angle / posisi yang agak turun hingga naik. Bagaimana cara membuatnya?

cukup siapkan kantong plastik yang biasa digunakan untuk tempat obat-obatan dengan ukuran yang agak besar, kemudian isi beras (3/4 bagian saja), dan selesai !

Baca juga artikel : Cara membuat Lenshood Sendiri (Hemat Rp. 125.000)

Selain penyangga kamera untuk permukaan yang datar, rice bag ini juga berguna ketika anda akan meletakkan kamera pada permukaan yang tidak rata.

Check this out! Ternyata membuatnya sangatlah mudah loh ! Selain mudah, rice bag ini sangatlah berguna 🙂

Apalagi jika teman-teman senang meletakkan kamera di permukaan yang tidak rata. Rice bag ini akan membantu anda menstabilkan kamera meskipun di permukaan yang tidak rata seperti bebatuan dan permukaan tak rata lainnya.

Sumber Gambar

Tertarik mencoba guys? jangan lupa untuk SHARE jika artikel ini bermanfaat 🙂 Jangan lupa untuk bergabung dengan Subscriber tentangfotografi.com untuk mendapatkan notifikasi setiap kali saya mengupdate artikel di blog.

100% gratis dan valueable untuk anda yang suka fotografi ! Baca juga kumpulan artikel DIY fotografi yang akan memberikan anda pengetahuan lebih seputar dunia fotografi yang hemat biaya karena anda akan membuat sendiri peralatan fotografinya 🙂


Jangan lupa bergabung dengan komunitas pecinta fotografi terbaik di facebook ya subs ! Jadilah bagian dari 3.500 lebih orang-orang yang antusias dengan fotografi 🙂 Admin sediakan konten-konten terbaik untuk kamu semua !

BERGABUNG SEKARANG (100% GRATIS)

 

Membuat Sendiri Aksesoris Kamera – Hemat Hingga Jutaan Rupiah ! (100% Eazy)

4 gagasan untuk “Membuat Sendiri Aksesoris Kamera – Hemat Hingga Jutaan Rupiah ! (100% Eazy)

  • September 25, 2017 pukul 2:02 am
    Permalink

    977493 736901Woh Every person loves you , bookmarked ! My partner and i take concern in your last point. 512229

  • Oktober 13, 2017 pukul 5:17 pm
    Permalink

    517994 197133Thank you for your very excellent info and respond to you. 750654

  • November 9, 2017 pukul 10:19 am
    Permalink

    Hello. fantastic job. I did not anticipate this. This is a excellent story. Thanks!

  • November 9, 2017 pukul 1:11 pm
    Permalink

    hello!,I really like your writing so a lot! proportion we keep up a correspondence extra about your article on AOL? I need an expert in this space to solve my problem. May be that is you! Looking ahead to see you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.