Memahami format RAW dan JPEG, yup seperti yang kita ketahui bahwa format dalam dunia fotografi terbagi menjadi format RAW dan JPEG. Keduanya memiliki masing-masing kelebihan juga kekurangan 🙂

Tapi apa perbedaannya?

Yang terbaik yang mana?

Kelebihan format RAW apa ya mas? lah. . .

Kelebihan format JPEG juga saya belum tau, gimana dong?

Tenang-tenang artikel ini menjawab semua pertanyaan diatas, marti kita mulai dengan perbedaan keduanya :

Memahami Format RAW dan JPEG dalam Fotografi

Format RAW biasa disebut sebagai “Mentahan” sedangkan JPEG adalah hasil yang “matang”. Begitu kira-kira untuk memudahkan dalam mengingat.

lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan “mentahan” dan “matang” ? Oke begini penjelasannya guys !

Ketika tombol shutter ditekan, maka kamera akan merekam data berupa cahaya yang diterima oleh sensor. Data yang diterima oleh sensor ini berupa data “mentah” karena belum diolah menggunakan software didalam kamera, inilah RAW.

Sedangkan JPEG adalah data RAW yang sudah diolah menggunakan software dalam kamera, pengolahan data RAW ini meliputi ketajaman gambar, pemilihan white balance yang sesuai, pemilihan level eksposur yang dipakai, pengolahan saturasi warna dan seberapa besar perbedaan kontrasnya. Setelah pengolahan selesai, format ini disebut dengan JPEG.

Untuk pemula dan photography enthusiast, rasanya format JPEG saja sudah cukup bagus tapi untuk kalangan professional biasanya lebih puas jika memotret menggunakan format RAW.

Ingin mencoba mengedit foto mentah? gunakan software pengolah foto mentah alias RAW seperti : Adobe Photoshop, dan Adobe Lightroom)

Kelebihan RAW dan JPEG

Kekurangan & Kelebihan memakai RAW ?

  • Menggunakan format RAW mengurangi kapasitas memory card yang cukup banyak (baca : sangat banyak), kenapa? karena file tidak dikompres (diperkecil), oiya ukuran file RAW 3 sampai 4 kali lebih besar dibanding JPEG loh guys !
  • Menggunakan format RAW membutuhkan waktu yang lebih banyak. Lebih lama dalam proses pengeditan di PC anda, berbeda dengan format JPEG yang sudah diolah menggunakan software didalam kamera.
  • Tapi sisi baiknya kita bisa lebih leluasa dalam mengedit foto menggunakan software di PC.

Kekurangan & Kelebihan memakai JPEG ?

  • Menggunakan format JPEG tidak bisa se-leluasa saat kita menggunakan format RAW d-mengedit alam urusan edit karena JPEG adalah produk “matang” olahan kamera anda.
  • Menggunakan format JPEG kurang cocok untuk anda yang suka main-main dengan software seperti photoshop. Rasanya ada yang kurang sreg, pengennya diedit dulu baru dipajang hehehe 🙂
  • Sisi positifnya kita bisa menghemat space di memory card sekaligus menghemat waktu.

So? Yang terbaik yang mana ? RAW apa JPEG?

Tergantung kebutuhan dan kelegaan memory card.

  • Jika teman-teman suka dengan yang namanya edit-mengedit & memiliki memory card dengan kapasitas diatas 32GB tentu tidak akan menjadi masalah memotret dengan format RAW, masih muaaaat !
  • Namun, jika hanya sekedar suka memotret, belum menguasai proses editing, ditambah kapasita memory card kurang dari 16GB maka akan lebih baik menggunakan format JPEG saja hehe, toh lebih simpel 🙂

What do you think guys? RAW apa JPEG?

Yuk nimbrung di grup!


Jangan ketinggalan update artikel-artikel lain yang pastinya bermanfaat dan gratis untuk membantu teman-teman dalam belajar fotografi! dengan bergabung di grup subscriber bersama 1.500 orang yang memiliki hobi yang sama di bidang fotografi

Bergabung sekarang juga dalam grup subscriber Facebook ! 100% Gratis 

Grup ini saya jadikan tempat berbagi konten-konten baru (tips, trik, dan infografis) secara eksklusif. Saya akan senang jika anda bergabung hehe


 

Memahami Format RAW dan JPEG – Cukup 2 Menit!