Beberapa hari yang lalu saya memposting sebuah foto yang saya dapatkan secara tidak sengaja berseliweran di Instagram yang bentuknya seperti lensa untuk smartphone.

Awalnya sempat bingung dan bertanya-tanya “Lensa macam apa ini?” tapi kemudian setelah saya melakukan pencarian informasi di google.com akhirnya saya tahu kebenaran atas lensa “aneh” tersebut.

Melihat komentar facebook mengenai foto ini saya jadi berfikir untuk membuat artikelnya, dalam artikel ini kita akan membahas apa sebenarnya “makhluk aneh” diatas.

Oke kita mulai saja !

lensa-untuk-smartphone-4

Sumber Gambar

Apa Benar Ada Lensa untuk Smartphone Sepanjang Itu?

Lensa untuk smartphone yang kita bahas ini ternyata sebuah “kamera tanpa layar”
( Sony QX 1 yang dikawinkan dengan Lensa Canon 70-200mm )

Penggabungan antara keduanya terlihat “sangar” karena selain panjang, lensa gabungan ini jauh lebih besar daripada smartphone yang digunakan sebagai layarnya. Hhhhmmm ada-ada saja.

Untuk review Sony QX series sudah saya bahas dalam artikel lain, linknya pun sudah saya sematkan dibawah ini :

Baca juga : Review Sony QX Series – Si Ganteng untuk Smartphone

Ini adalah salah satu ulasan dari artikel yang saya maksud : “Sony QX series dilengkapi 3 mode utama, ketiga modenya yaitu : Manual, Semi-Auto, dan Full Automatic.

Anda juga bisa memilih mode lain seperti : Aperture Priority, dan Shutter Priority jika ingin sedikit main-main / bereksperimen.”

Apakah Lensa Itu Bekerja dengan Baik?

Tentu saja ! Kolaborasi keduanya bisa bekerja dengan baik kok

Ketika saya mencari informasi mengenai Sony QX1 yang dikolaborasikan dengan lensa murni Canon 70-200mm ini saya menemukan sebuah video yang menunjukan bahwa kolaborasi kedua lensa tersebut 100% bisa berjalan normal layaknya lensa biasa.

Meskipun awalnya terlihat seperti lensa untuk smartphone yang panjang tapi teman-teman harus tahu bahwa pada dasarnya ini adalah “kamera tanpa layar” yang dihubungkan dengan lensa Canon 70-200mm

Lensa Canon 70-200mm yang dari lahir sudah panjang ditambah Sony QX1 yang terhubung dengan smartphone menjadikan bentuknya aneh, Lebih besar lensa daripada body-nya. Yo jelas wong cuma pakai smartphone kok hehehe 🙂 Untuk anda yang penasaran dengan videonya bisa di cek disini.

Seperti Apa Bentuk Kedua Lensa Tersebut ?

Jika hanya Sony QX1 dan Lensa Canon 70-200mm, maka bentuknya terlihat seperti ini

Wow cukup panjang (baca : panjang sekali) ya untuk sebuah lensa, apalagi jika disandingkan dengan smartphone. Jika dipasang ke DSLR juga sepertinya masih terlihat panjang.

Mungkin teman-teman bertanya “untuk apa orang melakukan hal ini?” hehehe itulah salah satu hal yang dianggap gila yang hanya dipahami oleh fotografer dan maniak fotografi 🙂

Oiya ketika saya memposting foto kolaborasi kedua lensa tadi ada yang berkomentar “Itu kameranya ada di atas, kok taruh lensanya malah di tengah?” dalam artikel ini sekalian akan saya jawab hehehe 🙂

Kamera HP-nya Diatas Kok Lensanya Dipasang Ditengah ?

Perhatikan foto dibawah ini guys !

Lensa eksternal untuk smartphone

Ada yang janggal atau merasa aneh? Yap, judulnya lensa tapi kok pemasangannya nggak pas di kamera handphone? Itulah pertanyaan yang muncul di kolom komentar Facebook saya beberapa hari yang lalu.

Terimakasih sebelumnya untuk temjan-teman yang sudah berkomentar 🙂 Kita luruskan dulu bahwa Sony QX1 ini bukanlah “Lensa Eksternal” melainkan sebuah “Kamera tanpa lensa”, terus lensanya? Digantikan menggunakan smartphone kita. Persis seperti action-cam macam GoPro, dan XiaoMi Yi Cam.

Jadi meskipun pemasangannya tidak pas di kamera smartphone juga tidak apa-apa karena prinsipnya sama seperti GoPro dan Yi Cam tadi, peran smartphone tadi hanyalah sebagai “layar” untuk Sony QX1.

Tapi karena memang bentuknya yang seperti itu, orang-orang pada bilang “Lensa eksternal” padahal “Kamera tanpa layar” hehehe 🙂 Baca juga artikel saya yang lain yang membahas “Tidak selamanya menjadi fotografer itu menyenangkan“.

Berapa Harga Kedua Lensa Tersebut ?

Untuk Sony QX1 : 498.00 Dollar atau setara 6,6 juta. Untuk Canon : 1.199 Dollar atau setara 16 jutaan (Amazon.com)

Jika teman-teman berniat membeli keduanya, maka harus menyiapkan budget sebesar 22,6 juta (belum ongkos kirim). Wow ! dengan uang sebesar itu teman-teman bisa membeli sebuah sepeda motor baru lengkap dengan cadangan bensin selama satu bulan hehehe 🙂

Bagaimana? Tertarik menggabungkan keduanya dan menjadikan smartphone anda layar? Masukan komentar anda pada kolom yang sudah disediakan dibawah ini ya hehe 🙂 Salam !


BERGABUNG

Suka konten fotografi? Disini tempatnya ! Bergabung sekarang juga bersama 2.500+ orang yang memiliki passion yang sama dengan anda ! Mereka yang tertarik dengan fotografi berkumpul disini 🙂 Mari bergabung !

Kolaborasi Sangar Sony QX1 dengan Canon 70-200mm Ini Layak Diacungi Jempol !