Halo guys ! Selamat datang di blog informatif tentangfotografi.com !

Kali ini kita akan membahas “Bad Habit” alias kebiasaan yang kita anggap biasa saja padahal berbahaya loh ! Bisa-bisa kamera kesayangan jadi rusak !

Salah satunya adalah meniup sensor kamera menggunakan mulut, hayo siapa yang suka begini? kebiasaan ini beresiko loh, bisa-bisa jamur tumbuh di sensor kamera kesayangan & akhirnya mempengaruhi kulitas gambar. Kalo sudah terlanjur, baca artikel cara membersihkan jamur lensa ini ๐Ÿ™‚

Kebiasaan apa lagi yang harus ditinggalkan saat ini juga? Mari kita bahas !

Kebiasaan Buruk Fotografer

Menyimpan Kamera di Tempat Lembab – Basah

Siapa yang suka menyimpan kamera dekat jendela? Menyimpan kamera di meja yang dekat dengan jendela beresiko ditumbuhi jamur loh guys, karena saat hujan udara di sekitar jendela menjadi lembab & sangat mungkin jamur tumbuh di kamera anda !

Solusinya gimana dong?

Simpan kamera didalam “Dry Box” adalah pilihan bijak sebab didalam Dry Box udara tidak lembab & jamur tidak akan tumbuh.

Saya tidak punya Dry Box mas Andry, gimana?

Sudah baca artikel “Membuat sendiri Dry Box Menggunakan Toples Plastik” ? Disana saya menulis tentang bagaimana membuat sendiri Dry Box dengan budget tidak lebih dari 100rb ๐Ÿ™‚ Jangan lupa share jika barmanfaat !

Kebiasaan Buruk Fotografer

Menyimpan Kamera diย Sembarang Tas

Sembarang tas? Maksudnya adalah tas selain tas khusus kamera guys

Loh mengapa tidak boleh?

Karena tas selain tas khusus kamera tidak dilengkapi sekat-sekat busa / separator guna menjaga kamera dari benturan. Jika kamera diletakan di sembarang tas& terjatuh, kemungkinan kamera terbentur sampai rusak menjadi sangat mungkin.

Akan sangat bijak jika kamera diletakan didalam tas khusus kamera guys. Oiya jika belum memiliki tas khusus kamera, ada cara kreatif yang bisa teman-teman gunakan. Ini dia caranya !

Menggunakan pakaian tebal seperti jaket, sweater, dan lainnya untuk membungkus kamera merupakan cara kreatif untuk meredam guncangan. Menarik bukan?

Kebiasaan Buruk Fotografer

Meniup Lensa, Sensor, atau Cermin Kamera Menggunakan Mulut

Kok dilarang gan?

Seperti yang pernah dibahas di pelajaran biologi kelas IX SMP, bahwa air liur mengandung banyak bakteri. Maka dari itu hidari meniup debu di kamera menggunakan mulut ! Apalagi meniup lensa, dan bagian sensitif lainnya.

Terus gimana solusinya?

Gunakan blower guys ! Ituloh alat yang berbentuk seperti ini :

Dengan menggunakan blower, resiko tumbuhnya jamur akibat air liur bisa dihindari guys ! Stop meniup debu di kamera menggunakan mulut mulai sekarang ๐Ÿ™‚

Kebiasaan Buruk Fotografer

Melepas SD Card Tanpa Mematikan Kamera

Kebiasaan ini sebaiknya dihindari guys ! Why ?

Karena bisa merusak kamera ! Ngeri kan kalo sampe kamera nggak bisa baca data di SD card ?

Biasakan mematikan kamera terlebih dahulu sebelum mencabut SD Card, ketika akan men-transfer data berupa hasil jepretan ke komputer & malas mencabut SD Card maka gunakan saja kabel data alias USB.

Cara ini juga saya rasa lebih praktis, siapa yang setuju? Kalo setuju, mari bergabung di grup subscriber tempat saya berbagi tips, trik, dan konten menarik seputar fotografi ๐Ÿ™‚ Yuk join !

Kebiasaan Buruk Fotografer

Mengelap Lensa Menggunakan Kain Kasar

Jelas ini sangat beresiko ! Goresan halus sampai goresan kasar bisa saja menempel di lensa anda !

Jeans dan kain kasar lainnya sangat “Haram” menyentuh permukaan lensa anda, biasanya karena alasan “Waktu” seorang fotografer jadi malas mengeluarkan kain mikrofiber dari dalam tasnya.

Sebaiknya kebiasaan mengelap lensa menggunakan kain kasar harus dihindari ! Tidak akan memakan waktu lama kok guys. Biar efektif & efisien, selalu simpan lap mikrofiber di saku ya !

Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat hehe ๐Ÿ™‚


Jangan ketinggalan update artikel-artikel lain yang pastinya bermanfaat dan gratis untuk membantu teman-teman dalam belajar fotografi! dengan bergabung di grup subscriber bersama 2.500 orang yang memiliki hobi yang sama di bidang fotografi

Bergabung sekarang juga dalam grup subscriber Facebook ! 100% Gratisย 

 

Hindari 3+2 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kamera Ini ! (100% Berbahaya!)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.