Halo selamat pagi, siang, sore, malam atau kapanpun anda membaca artikel ini. Kali ini kita akan membahas mengenai “hal yang menjadi alasan fotografer memilih brand Nikon” atau sebut saja kelebihan kamera Nikon.

Oke kita mulai dari sejarah singkat perusahaan kamera asal Jepang dengan logo strip kuning yang sangat ikonik, Nikon corp pertama kali didirikan tahun 1917 dengan nama Nihon (diambil dari kata Nippon), dalam bahasa jepang ditulis Kōgaku Kōgyō (日本光學工業株式會社) kemudian pada tahun 1988 berganti nama menjadi (株式会社ニコン). Rival utama kamera Nikon adalah Canon, Olympus, dan Pentax. Namun tidak bisa dipungkiri, rival abadi Nikon adalah Canon.

Sedikit informasi mengenai Nikon guys ! Kini Nikon juga memproduksi mikroskop loh 🙂 Museumnya juga bisa teman-teman kunjungi, disana tersimpan kamera-kamera antik sampai kamera modern yang bisa memanjakan mata 🙂 Ketahui informasi lainnya seputar fotografi di Instagram @blog.tentangfotografi.com !

Untuk menang dalam persaingan, Nikon harus menyiapkan beberapa strategi untuk bertempur di pasar khususnya pasar Indonesia yang konsumennya memiliki karakteristik, daya beli, dan kebutuhan akan kamera yang berbeda dengan negara lain.  Strategi seperti apa? Salah satunya adalah menunjukan keunggulan di bidang ketajaman warna 🙂

Mari kita bahas dalam “Kelebihan kamera Nikon” dibawah ini !

1. Kamera Nikon Memiliki Body yang Lebih Solid

Body Nikon menggunakan material solid dan di-klaim lebih tahan banting walaupun sedikit berat

Kamera Nikon

Sumber Gambar

Dengan dibekali material solid dan kuat, Nikon di-klaim memiliki body yang lebih tahan terhadap benturan dibandingkan kompetitornya. Penggunaan material plastik solid di satu sisi membuat kamera Nikon lebih tahan banting namun di sisi lain penggunaan material tebal akan membuat bobot kamera Nikon lebih berat dan beresiko mengganggu pengguna (merasa terbebani).

Memiliki body yang solid dan “berat” memang menjadi keuntungan sekaligus kekurangan, ada konsumen yang merasa lebih mantap jika menggenggam Nikon, ada juga yang merasa terganggu dengan bobot kamera yang lebih berat dari kompetitornya. Mungkin ini bisa menjadi salah satu hal yang menyebalkan karena lama-lama tangan bisa berotot.

Ujung-ujungnya kembali ke masalah persepsi masing-masing, apakah anda merasa “mantap” ataukah malah terbebani. Oiya, sedikit tambahan menurut teman-teman pengguna Nikon : “Kamera Nikon lebih tahan terhadap air”. resiko serangan jamur pada lensa & sensor kameraTapi ingat, kamera yang basah harus segera dikeringkan ya guys! Untuk mengurangi .

2. Kamera Nikon Memiliki Pengaturan Manu yang Kompleks

Pengaturan yang kompleks memiliki hal baik dan buruk, namun asik di custom !

Banyak yang bilang Nikon itu pengaturannya tidak sesederhana Canon, pengaturan kompleks mungkin akan menjadi kendala bagi fotografer pemula yang baru saja belajar fotografi, namun untuk seorang mid-pro pengaturan yang kompleks menjadi sebuah keasyikan tersendiri dimana sang fotografer bisa bereksperimen lebih banyak menggunakan settingan yang berbeda-beda.

Kombinasi settingan A, B, C akan menghasilkan hasil yang berbeda pula, Nikon menyediakan banyaknya pengaturan yang bisa teman-teman custom. Fotografer yang senang mencoba (Trial) settingan yang berbeda akan menyukai Nikon.

Semua tentu tergantung kebutuhan, ada yang suka “Simple”, ada yang suka “Full Manual” semuanya diatur menggunakan tangan sendiri. It’s choice baby, tidak usah ribut soal itu hehehe 🙂

Kamera Nikon

Sumber Gambar

3. Kamera Nikon Memiliki Kualitas Gambar yang Lebih Tajam

Kamera Nikon memiliki gambar yang lebih tajam dan lebih kaya warna dibandingkan kompetitor

Ketajaman gambar menjadi hal yang layak diperhitungkan dari brand Nikon / kamera Nikon. warna yang lebih tajam & tone warna yang lebih kaya di-klaim sebagai sebuah keunggulan kamera Nikon dari kompetitor-kompetitornya.

Tapi apakah ketajaman warna Nikon lebih baik daripada Canon? Mari kita lihat komparasi atau perbandingan antara hasil  jepretan Nikon dan Canon :

Kamera Nikon
Komparasi Hasil Canon vs Nikon

Sumber Gambar

Dalam hasil komparasi diatas, Canon 5D II terlihat lebih soft / halus sedangkan D700 menunjukan kontras dan gambar yang lebih tajam (coba lihat baju anak dan tulisannya). Warna lumut pada pohon juga terlihat lebih hijau di Nikon D700, hal ini menegaskan tone warna yang lebih baik dibandingkan kompetitornya.

Oke, dari komparasi hasil jepretan Canon 5D II melawan Nikon D700n diatas, Canon menunjukan hasil soft yang lembut sedangkan Nikon tampil dengan warna yang lebih tajam (terlihat dari warna lumut yang lebih hijau dan tulisan di baju yang lebih biru).

Kesimpulan

Nikon adalah brand kamera yang unggul dalam hal ketajaman warna (rasanya pas) dan tone warna yang lebih kaya, memiliki body solid yang relatif lebih tahan terhadap benturan (bahkan air) meskipun memiliki bobot yang sedikit lebih berat akibat penggunaan material tebal.

Pengaturan yang kompleks mungkin akan menyulitkan bagi pemula, namun fotografer mid-pro akan menyukainya karena lebih banyak hal yang bisa diotak-atik khususnya apabila teman-teman tipe fotografer yang suka bereksperimen !

Setelah membahas kelebihan Nikon, adakah kekurangan dari kamera Nikon itu sendiri? tentu ada, baca selengkapnya dalam artikel lain berjudul : “5 Hal yang Paling Dibenci Fotografer dari Brand Nikon ! (Keluh-kesah pengguna nikon)” . Terimakasih banyak sudah membaca artikel ini sampai akhir guys ! Jangan lupa Share dan baca artikel lainnya !

 

2+1 Hal yang Membuat Anda Jatuh Cinta dengan Nikon (My first love is Nikon)

2 gagasan untuk “2+1 Hal yang Membuat Anda Jatuh Cinta dengan Nikon (My first love is Nikon)

  • Januari 20, 2017 pukul 1:14 am
    Permalink

    Pengalaman beberapa kali menggunakan Nikon, warna yang dihasilkan lebih lebih. Lebih cerah dibandingkan Canon. 😀

    Tapi, saya tetep maunya Fujifilm Kak. 🙁

  • Januari 20, 2017 pukul 3:30 am
    Permalink

    FujiFilm khususnya mirrorless memang lagi IN, saya juga keracunan jadi pengen hehehe. Hasilnya punya warna khas yang bisa buat kita “ngeh” oh itu hasil FujiFilm 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.