Halo selamat datang di blog tentangfotografi.com ! Kali ini kita akan membahas kamera dslr untuk pemula sekalian dengan rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula  agar teman-teman bisa mendapatkan rekomendasi lebih hehe 🙂

Berbicara soal kamera DSLR untuk pemula, tentu kita tidak jauh dengan yang namanya “Budget” alias isi kantong. Pokoknya kamera DSLR terbaik dan murah ! Betul tidak hehehe?

Oke langsung saja ! Sebelum memilih kamera DSLR untuk pemula atau Mirrorless untuk newbie, ada beberapa hal  yang harus teman-teman perhatikan :

  • Jenis kamera – Pilih DSLR atau Mirrorless? Bagusan mana? Bedanya apa?. Tenang kita akan bahas nanti hehe 🙂
  • Budget – untuk meminang kamera DSLR pertama tentu sangat dipengaruhi oleh budget, jika budget anda diatas 10.000.000 maka tidak  ada masalah mau beli kamera apapun.Namun jika budget masih kelas mahasiswa seperti saya tentu perlu adanya beberapa pertimbangan seperti meminang kamera dengan gelar second alias bekas.Baca tips memilih kamera bekas dengan rasa “baru”
  • Kondisi kamera – Seperti yang sudah saya utarakan diatas, jika budget belum memungkinkan untuk membeli kamera baru maka pertimbangkan untuk membeli kamera bekas saja. Tapi yang masih bagus ya hehe

Pilih DSLR apa Mirrorless ? Bagusan Mana ?

Sebelum kita membahas dua pertanyaan diatas, mari kita mulai dengan pengertian DSLR & Mirrorless terlebih dahulu. Ini dia :

Kamera DSLR adalah singkatan dari “Digital Single Lens Reflex”, kamera DSLR juga dikenal sebagai kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan “pentaprisma” atau “pentamirror” untuk memantulkan atau meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder.

sedangkan,

Kamera Mirrorless adalah kamera DSLR yang tidak memiliki cermin pentaprisma (Mirror Less / Tanpa Cermin). Oiya, nama lain dari Mirrorless adalah DSLM (Digital Single Lens Mirrorless)

Terus, dari kedua jenis kamera diatas “Bagusan mana mas Andry?”

Jawabannya, Relatif.

Semua tergantung kebutuhan, jika teman-teman suka traveling & menyukai hal-hal ringkas maka Mirrorless adalah teman yang tepat, namun jika anda seorang fotografer yang menghabisakan banyak waktu didalam studio maka DSLR adalah teman yang tepat mengingat bentuknya yang lebih besar dari mirrorless dianggap lebih mantap ketika dipegang.

So? Apa kelebihan masing-masing kamera?

Kelebihan kamera Mirrorless

  • Ringkas – Bentuknya yang lebih kecil dari kamera DSLR mempermudah akomodasi anda khususnya saat bepergian / traveling.
  • Mengandalkan sistem live view – walaupun sekarang sudah ada viewfinder eksternal, masih banyak kamera mirrorless yang hanya menggunakan sistem live view.Apa yang kita lihat di layar adalah hasil yang kita dapatkan, berbeda jika menggunakan kamera DSLR non fitur Live View.Terkadang hasil jepretan berbeda dengan apa yang kita lihat di viewfinder (tergantung settingan kamera).
  • Keleluasaan mengatur titik fokus –  Di kamera mirrorless teman-teman bisa mengatur fokus sampai ke tepi layar (lebih fleksibel), sedangkan di DSLR titik fokus hanya berada di tengah-tengan (tidak bisa mengatur fokus di tepi layar)

Kelebihan kamera DSLR

  • Bentuk yang pas – Bentuk kamera DSLR memang lebih besar daripada kamera Mirrorless, bagi sebagian orang DSLR lebih mantap digenggam, dan lebih pas.
  • Kapasitas baterai yang tinggi – Kapasitas baterai DSLR bisa dibilang lebih tinggi daripada kamera Mirrorless, apalagi DSLR yang menggunakan aksesoris “Battery Grip” yang tentu menambah daya hingga 2 kali lipat.
  • Tombol yang lebih besar – Ukuran tombol kamera DSLR yang lebih besar dari kamera Mirrorless akan lebih mudah ditekan & lebih mudah dioprasikan. Banyak fotografer yang tidak menyukai tombil-tombol yang kecil, karena memang akan sulit ditekan oleh jari yang ukurannya besar.

Oke, selanjutnya tinggal menentukan jenis kameranya saja. Anda lebih suka DSLR atau Mirrorless? Tentukan sisimu !

Jika sudah, mari kita bahas pada topik selanjutnya yaitu :

Rekomendasi Kamera DSLR untuk Pemula

Jika anda ingin membeli DSLR dan bingung memilih Brand yang akan anda gunakan, anda bisa menggunakan data “Brand Kamera Paling Populer” dibawah ini sebagai referensi. Ini dia :

Sumber statistik saya mabil dari snapshort.com

Canon dan Nikon menduduki posisi 1 dan 2, sedangkan SONY, Panasonic, dan Fuji Film menyusul dibelakangnya. Jika anda ingin brand yang banyak digunakan oleh orang maka Canon dan Nikon adalah pilihan yang bagus.

Tapi jika anda ingin hal yang berbeda dan anti-mainstream maka Fuji Film dan Sony bisa menjadi pilihan anda! Its Choice.

Silahkan beli kamera sesuai kata hati anda hehehe, FujiFilm identik dengan kamera mirrorless yang keren-keren pas untuk anda yang ingin belajar fotografi mirrorless / menggunakan kamera mirrorless.

Kamera Mirrorless untuk Fotografer Pemula  – Canon

 kamera dslr untuk pemula

Canon EOS M3

Canon EOS merupakan generasi ketiga di keluarga Mirrorless Canon, M3 berperan sebagai penggani pendahulunya Canon EOS M2 tentunya dengan penambahan dan pemutakhiran teknologi.

Upgrade spek dilakukan pada sistem autofokus hybrid CMOS III 49 area yang diyakini enam kali lebih cepat dari Canon EOS M generasi sebelumnya. Oiya sensornya juga menggunakan APS-C yang mempunyai “Crop Factor” 1.6X

Oiya, saya sudah membahas kamera ini secara detail (spek, kelebihan, dan hasil jepretan) di artikel : 5+2 Kelebihan Canon EOS M3 yang Buat Ngiler ! (Kamera Wishlist)

Beli Canon EOS M3 Termurah

Kamera Mirrorless untuk Fotografer Pemula  – XiaoMi

 kamera dslr untuk pemula

XiaoMi Yi M1

Kamera Mirrorless Xiaomi ini bisa anda dapatkan dengan mahar 330 USD atau sekitar Rp. 4.400.000 untuk paket bodi lensa dan lensa kit 12-40 mm F 3.5 – 5.6 🙂 hhhmmm sebuah opsi yang menarik.

Jika anda pecinta lensa prime maka anda bisa memilih paket lain dengan mahar 450 USD atau sekitar Rp. 5.900.000, paket ini terdiri dari bodi lensa dan lensa prime 42,5 mm F 1.8

Sama seperti Canon EOS M3 diatas, review lengkapnya sudah saya bahas di artikel : Review Mirrorless Budget – Yi M1 

Beli Yi M1 Harga Termurah

Rp 4.319.900


Kamera DSLR untuk Pemula (Budget 3 Jutaan) – SONY

Sony A3000 KIT 18-55 Resolusi 20,1 MP (Harga Rp 3.950.000)

Stok baru sudah jarang, cari 2nd lebih Murah! Baca Tipsnya :

Tips memilih kamera 2nd rasa baru

Kamera untuk fotografer pemula bagi anda yang memiliki budget 4 jutaan, Sony A3000 saya kira pas untuk anda, spek yang dimiliki Sony A3000 adalah sebagai berikut  :

  • 20.1 MP
  • Sony E-Mount 18-55mm f / 3.5-5.6 Zoom Lens

Sony A3000 menjadi kamera dengan harga termurah untuk kalangan pemula (versi tentangfotografi.com), untuk anda yang ingin belajar fotografi dengan budget dibawah empat jutaan saya rasa cocok untuk meminang sony A3000 untuk dijadikan partner.

Beli Sony A3000 (Harga Rp.

Kamera DSLR untuk Pemula (Budget 4 Jutaan) – NIKON

Nikon D3100 – Rp 4.475.000 (included KIT lens 18-55mm VR 14.2 MP)

Stok baru sudah jarang, cari 2nd lebih Murah! Baca Tipsnya :

Tips memilih kamera 2nd rasa baru

Untuk anda yang menginginkan fitur berlimpah Nikon D3100 saya rasa menjadi jawaban atas kebutuhan anda, kelebihannya di dalam fitur menjadi alasan banyak fotografer pemula memilihnya sebagai andalan.

Disamping fiturnya yang bisa dibilang lengkap untuk pemula, Nikon D3100 juga dilapisi material yang solid untuk bagian luarnya.

Fitur “Guide Mode” menjadi andalan si Nikon, karena sangat membantu fotografer pemula dalam bereksperimen.

Beli Nikon D3100

Kamera DSLR untuk Pemula (Budget 6 Jutaan) – CANON

Canon 600D (Harga Rp 6.800.000) – Cari 2nd lebih Murah! Baca Tipsnya :

Tips memilih kamera 2nd rasa baru

Dengan harga hampir 7 jutaan kita dijamin gak bakal kecewa dengan performa dan hasil Canon 600D!

Dibekali resolusi kamera sebesar 18.0 Mp dan fitur unggulan seperti Live view, HD recording, tidak lupa hal yang membuat kamera ini beda dari dua kamera sebelumnya yaitu Flip LCD alias layar LCD yang bisa diputar sesuai kebutuhan.

Boleh lah buat ngevlog hehehe!

Rekomendasi Kamera Mirrorless untuk Pemula

Jika anda lebih menyukai kamera tanpa cermin alias Mirrorless, ini dia 3 rekomendasi kamera budget untuk anda ! Enjoy 🙂

Oiya, rata-rata harga mirrorless yang akan kita bahas berada di angka 5 – 10 juta guys

Kamera Mirrorless untuk Fotografer Pemula  – SONY

 

Sony A5000

Spek si mungil ini cukup menarik loh guys !

Ukuran Sensor kamera: 23.5 x 15.6 mm APSC
Resolusi kamera: 20,3 megapikse
Lensa kit / Lensa bawaan: 16-50mm, f/3.5-5.6
Ukuran Layar Kamera : 3 inch 460.800 titik
Viewfinder: Tidak tersedia
Kemampuan foto berturut-turut: 2,5 fps (frame per second)
Video: Full HD 1080p
Konektivitas: Wi-Fi & NFC
Berat Kamera: 210gr

Kelebihan dari A5000 : Jika teman-teman seorang vlogger, maka kamera ini bisa menjadi sahabat anda karena layarnya bisa dibalik. Kekurangannya apa mas?

Kekurangan dari sony A5000 ini adalah tidak tersedianya “HotShoe”.

Kesimpulan

Mau pilih DSLR / Mirrorless semuanya tergantung kebutuhan dan dana guys ! Tidak usah khawatir dengan kamera bergelar 2nd (second) alias bekas. Asalkan tepat dalam memilih, kamera bekas tidaklah masalah !


 

Jangan ketinggalan update artikel-artikel lain yang pastinya bermanfaat dan gratis ! dengan bergabung di grup subscriber bersama 1.500 orang yang memiliki hobi yang sama di bidang fotografi

Bergabung sekarang juga dalam grup subscriber Facebook ! 100% Gratis 

Grup ini saya jadikan tempat berbagi konten-konten baru (tips, trik, dan infografis) secara eksklusif. Saya akan senang jika anda bergabung hehe

 

2+1 Rekomendasi Kamera Mirrorless & DSLR untuk Pemula – Budget Mahasiswa

Satu gagasan untuk “2+1 Rekomendasi Kamera Mirrorless & DSLR untuk Pemula – Budget Mahasiswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.