Ada kalanya sebagai photography enthusiast kita merasa bosan, stuck, dan kehabisan ide fotografi. Perasaan ini sudah, itu sudah, ini-itu juga sudah nah jika anda adalah orang yang haus akan berkarya, ide-ide foto dibawah ini akan membuat ide anda bermunculan dan lebih fresh !

Berbekal kamera DSLR, Mirrorless, ataupun Smartphone yang dikolaborasikan dengan lensa eksternal tentu tidak masalah, menggunakan kamera apapun anda tetap bisa berkarya hehe.

Salah satu cara agar ide fotografi dan inspirasi bermunculan adalah dengan bepergian, traveling, piknik atau sekedar keluar rumah. Melihat sekitar dan mencoba mencari sudut pandang baru bisa menjadi alternatif solusi yang layak dicoba.

Yang anda butuhkan tidak perlu kamera DSLR yang berharga diatas 10 juta rupiah, menggunakan kamera smartphone juga sudah lebih dari cukup ! Apa bisa? BISA 🙂

Yuk diambil dulu smartphonenya kemudian gali inspirasi via artikel ini hehehe, efek sampingnya adalah Like yang berdatangan apalagi anda menggunakan trik meningkatkan Like di sosial media ini.

Kembalilah ke Alam, dan Berbaur dengan Sekitar !

Ide fotografi
Ide Fotografi

Gambar via mddyelrck

Jika anda jenuh dan bingung ingin membuat karya seperti apa lagi, cobalah pergi ke wisata alam ! Tidak harus jauh-jauh, yang dekat saja. Wisata alam yang banyak pepohonan seperti di pegunungan atau pergi ke danau alami adalah hal yang layak anda coba untuk memancing agar ide fotografi anda muncul !

Jangan lupa untuk mengajak teman anda dan mintalah memotret 2 atau 3 foto dari belakang (lihat foto diatas), menarik bukan ?

Anda bisa mencobanya dimana saja asalkan ada yang motret dari belakang hehehe 🙂 Jangan lupa gunakan aplikasi pengolah foto untuk mempercantik hasil foto anda ! Keren bukan contoh foto diatas? yuk dicoba ! Gunakan berbagai komposisi yang dirasa cocok guys. Banyak sekali komposisi yang bisa teman-teman coba, dalam artikel ini saya akan membahas beberapa! Enjoy 🙂

Lihat Sekitar dan Manfaatkan Objek dengan Bentuk yang Similar

Via Visual Traveler

Jika anda suka suka traveling ke tempat dengan bangunan klasik seperti kota tua, reruntuhan peradaban masa lampau bahkan pergi ke situs candi pastinya anda akan “ngeh” bahwa arsitekturnya banyak yang similar alias sama.

Atau ketika anda bepergian ke objek wisata alam yang banyak pepohonannya dan sadar ada “view” bagus disekitar anda.

Ketika melihat hal yang menarik seperti ini biasanya naluri fotografer akan muncul, lihat kembali foto diatas guys 🙂 menarik bukan ?

Dengan menempatkan objek utama ditengah frame maka foto anda akan lebih eye catching ! Kesan keren pun akan muncul jika anda berhasil mengkombinasikan “background” dengan objek utama, seperti foto wanita berpayung diatas, terlihat keren bukan ide fotografi yang satu ini ?

Sama seperti yang sudah saya sampaikan pada poin 1 mengenai peran aplikasi pengolah gambar / aplikasi untuk mengedit foto bisa anda download gratis di Google Play / Apple Store. Gunakan yang simple dan mudah digunakan, saya biasanya menggunakan App SnapSeed karena mudah hehe, bisa juga menggunakan VSCO-cam yang sedang hits sekarang ini.

Gunakan Smartphone Anda Sebagai Objek Utama

Bermodalkan smartphone dan mengajak 1 atau 2 teman saja anda sudah bisa membuat karya fotografi yang keren, by the way akan lebih menyenangkan jika anda pergi bersama keluarga atau pasangan anda, kenapa ? Karena yang namanya pasangan / keluarga biasanya lebih nyaman dan lebih nyambung hehehe.

Mengajak orang spesial saat liburan atau sekedar hunting foto adalah hal kecil yang besar, maksudnya? Hal yang sering kita lupakan (kecil) namun memiliki dampak yang besar 🙂

Cobalah sekali-kali mengajak keluarga untuk hunting hehehe, Jika sudah sering maka tingkatkan ! Mari kita masuk ke inti pembicaraan yaitu komposisi 🙂 Dengan menjadikan smartphone sebagai objek utamanya !

ide-fotografi-5
Ide Fotografi

Via Visual Traveler

Keren ya ide fotografi nya ? Trik diatas sangat mudah dan bisa anda lakukan sekarang juga loh ! Jika anda bepergian ke hutan pinus / daerah yang masih terjaga alamnya jangan lupa potret objek menarik dengan smartphone terlebih dahulu kemudian potret (lagi) smartphone anda menggunakan kamera HP teman anda / gunakan Mirrorless XiaoMi yang terkenal terjangkau dan berkualitas.

Foto diatas tidak lepas dari peran soft-editing, jadi pintar-pintarlah dalam meracik efek warna menggunakan aplikasi pengolah gambar ya guys ! Tidak harus sama seperti foto diatas karena foto diatas hanyalah contoh / referensi untuk anda dalam berkarya hehe 🙂

Gaya Hits ala Murad Osmann dan Istrinya Natalia

Ide Fotografi

Via Muradosmann

Pernah melihat gaya foto diatas ? saya yakin banyak yang melakukan gaya ini dan anda pun sering melihatnya baik di Facebook ataupun di Instagram. Nah kenapa anda tidak coba sendiri ? dengan sedikit racikan komposisi “center” ala fotografer kekinian anda bisa membuat foto gaya #followmeto lebih menarik dan juga lebih keren !

Yuk dicoba guys, ide fotografi yang satu ini memiliki hashtag #followmeto. Jangan lupa cantumkan hashtag ini ketika anda memposting foto dengan gaya ini di Instagram !

Tidak perlu pergi ke luar negeri, cukup ke tempat wisata dalam negeri saja. Karena Indonesia itu indah ! Banyak pilihan destinasi yang bisa anda pilih, mulai dari pantai dampai pegunungan Indonesia punya semua. So ? Mari cintai Indonesia hehehe 🙂

Action-Cam Mania ? Coba Trik Komposisi 50:50 Ini !

ide-fotografi-9
Ide Fotografi

Sumber : Instagram

Jika anda seorang Action-Cam mania yang suka mengabadikan momen menggunakan kamera aksi atau action cam, maka trik diatas wajib anda coba ! Pertama kali saya melihat foto diatas, yang pertama muncul adalah kesan “Wah”. Ide fotografi nya sederhana, menunjukan 2 elemen berbeda dalam 1 frame namun hasilnya jauh dari kesan sederhana, yang ada malah luar biasa hehe.

Padahal mudah saja untuk melakukan trik foto diatas, cukup merendam separuh dari Action-Cam anda di air dan tentukan komposisi yang pas. 50:50 antara air dan udara, usahakan yang banyak objek bagusnya guys! mau terumbu karang, ikan, atau apapun yang penting menarik hehehe.

Bisa juga anda menyelam dan anggota keluarga anda berada diatas permukaan air, teetap keren juga bukan? Banyak pengembangan yang bisa anda lakukan dengan teknik komposisi 50:50 ini. Perbanyak eksperimen dan perbanyak jalan-jalan saja ya guys 🙂

Bagaimana ? Tertarik mencoba semua ide diatas ? Jangan lupa untuk Share artikel ini guys dan jangan lupa untuk menyempatkan diri membaca artikel saya yang lainnya !


Jangan lupa bergabung dengan komunitas pecinta fotografi terbaik di facebook ya subs ! Jadilah bagian dari 3.500 lebih orang-orang yang antusias dengan fotografi 🙂 Admin sediakan konten-konten terbaik untuk kamu semua !

BERGABUNG SEKARANG (100% GRATIS)

 

3+2 Ide Fotografi yang Unik, Kreatif, dan Bisa Anda Coba Sekarang Juga ! – Makin Kekinian dengan Ide Fotografi Unik Ini !

Komentar ditutup.