Hal yang dianggap seorang fotografer sebagai sesuatu yang biasa kadang dianggap aneh, gila, bahkan sesat hehehe. Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai hal-hal “biasa” bagi fotografer namun dianggap aneh oleh oranglain.

Inilah 9 hal unik tentang fotografer yang haraus anda ketahui ! kita akan bahas sebentar lagi šŸ™‚

Mungkin sebagian dari pembaca blog ini akan heran, “kok blognya nggak bahas tips / trik fotografi? Atau bahas DIY fotografi seperti biasanya?”

Tenang, semua sudah ada jatahnya hehe. Jika Ingin membaca kumpulan tips fotografi lengkap dengan triknya, maka anda bisa klik tautan yang sudah saya siapkan šŸ˜€ Silahkan memilih kategori artikel yang ingin teman-teman baca, di sedebar sebelah kanan sudah saya siapkan hehehe.

Oke langsung saja, kita mulai pada keanehan-keanehan seorang fotografer atau sebut saja hal unik tentang fotografer. Biasanya sering dilakukan namun kita tidak sadar hehehe šŸ™‚ :

1. GearĀ Baru = KebahagiaanĀ Baru

Fotografer menganggap kamera, lensa, dan gear baru adalah semangatĀ hidup yang baru

Image Source

Pernah melihat wajah sumringah seorang fotografer? Saya bisa tebak, kalo nggak lagi dapat job pasti mereka baru beli gear baru ! Ya kira-kira begitulah yang saya alami jika ada yang “baru” didalam tas kamera. Entah itu lensa, filter, atau bahkan strap kamera baru.

Rasanya senang sekali, kegiatan potret memotret semakin menyenangkan seiring dengan rasa percaya diri yang meningkat hehehe šŸ™‚

Jika ada yang pinjam kamera rasanya tidak tenang, kalo bisa nggak usah dipinjemin sekalian! Masih baru sih, benar atau benar?


2. Baju Jadi Kotor Bukanlah Masalah Berarti !

Para pelaku jepret dibalik kamera rela berkotor-kotor ria demi mendapatkan angle yang pas

Ya kurang lebih seperti judul diatas deh, ketika ada momen bagus yang mengharuskan mencari angle yang pas kadang fotografer, dan orang yang menyukai fotografi seperti saya tidak berfikir panjang, eksekusi saja!

Terkadang naik pagar rumah orang, tiarap di aspal, guling-guling di lumpurĀ pun sudah biasa sepertinya. Entah kenapaĀ jika melewatkan momen bagus itu rasanya sangat menyesal. So? angle bagus adalah prioritas hehehe šŸ™‚

Pernahkan anda mengalami hal yang saya sebutkan tadi? Hhhmmm saya yakin anda pernah hehe. Oiya jangan lupa baca artikel saya yang membahas sekelumit cerita yang hanya dipahami oleh fotografer.

3. MerekaĀ Sigap, Cepat, dan Tanggap Ketika Ada Momen yang Bagus!

ParaĀ pemburu momen selalu siap dengan alat tempurnya yang berupa kamera dan lensa

Hal unik tentang fotografer

Sumber gambar

Jika anda seorang penikmat fotografi seperti saya maka kamera adalah hal wajib yang harus ada di tas ransel anda, minimal anda siap sedia dengan aplikasi jepret-menjepret yang sudah terinstall di smartphone untuk berjaga-jaga ketika ada sesuatu yang menarik terjadi secara tiba-tiba.

Katakanlah ada sesuatu yang bagus lewat didepan mata kita, maka secara otomatis tangan ini meraih smartphone dan membuka kamera kemudian mengambil 1-2 belas gambar hehehe šŸ™‚ Seperti foto diatas, padahal cuma kucing hitam-putih loh tapi para pemburu momen ini sangat antusias hehe.

Wah sepertinya fotografi dan kehidupan sudah menjadi satu kesatuan bagi penggila seni fotografi seperti saya. Terkadang saat ujian pun tangan ini otomatis membuka galeri untuk melihat karya fotografi semalam sebelum ujian yang berupa contekan hehehe (jangan ditiru!)

4. MerekaĀ Rela Menghabiskan Isi Dompet Demi “Barang Baru”

Para fotografer rela merogok kocek lebih dalam untuk membeli “Barang baru”

Hal unik tentang fotografer

Sumber gambar

Barang baru alias gear dengan gelar “New” adalah hal yang bisa membuat seorang fotografer merogok kocek lebih dalam. Kadang mereka akan membeli lensa baru guna kebutuhan fotografi, padahal lensa sudah tidak terhitung jumlahnya.

Lensa, kamera, dan gear lainnya sudah seperti koleksi bagi seorang fotografer. Namun untuk mahasiswa seperti saya cukup mengandalkan kreatifitas untuk membuat gear ala DIY fotografi alias membuat sendiri peralatan fotografi yang dibutuhkan. Filter dari jilid makalah, diffuser kertas, dan rain cover dari shower-cap adalah beberapa item khas DIY fotografi hehehe šŸ™‚

5.Ā Mereka Adalah Sahabat Semua Mahluk Hidup

Seorang fotografer bisa menjadi sahabat siapa saja, bahkan hewan sekalipun

Saya pribadi sangat menyukai kucing, dimanapun ada hewan ini biasanya saya jongkok sejenak untuk sekedar mengelus dan mengambil foto.

Dalam seni fotografi fauna / animal photography,Ā menjadi sahabat bagi hewan yang akan kita potret adalah salah satu tips ampuh karena hewan akan lebih tenang dan nurut ketika di foto.

Menjadi sahabat bagi banyak mahluk hidup itu menyenangkan! Anda bisa berbagi hasil karya dengan mereka, hah? Tenang-tenang tidak usah bingung šŸ™‚ Ini dia maksud saya :

Hal unik tentang fotografer

Sumber gambar

Hehehe lucu bukan? Anda bisa berpose seperti ini dengan sahabat kecil anda seperti kucing misalnya. Wah ternyata menjadi fotografer itu keren ya !

6. Uang 4 Juta Rupiah Sah-Sah Saja untuk Dibakar Jika itu Perlu

Sepasang sepatu ASICS dan Tripod yang terbakar bukanlah masalahĀ 

Hal unik tentang fotografer

Sumber gambar

Mengapa saya mengatakan 4 juta rupiah? Karena untuk sepasang sepatu ASICS seperti yang dipakai mas Lava (Namanya ngarang saja hehe) ini harganya bisa sekitar 1,5 – 2,5 juta rupiah, belum tripodnya. Mas Lava rela keduanya terbakar asalkan mendapatkan hasil yang luar biasa berupa Lava yang sedang mendidih.

Hal gila ini adalah salah satu keunikan menjadi fotografer, karena seni fotografi memang butuh pengorbanan. Betul apa betul ? Mungkin teman-teman secara sadar/tidak pernah melakukan hal gila seperti mas Lava, ya contoh kecil saja “Masuk ke semak-semak untuk memotret serangga kecil dan pulang dengan gatal-gatal di sekujur tubuh hehehe” inilah seni dari fotografi šŸ™‚

7.Ā Basah-Basahan Dikit Gak Masalah Deh!

Kadang menjadi basah adalah hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan sebuah master piece

Ā Hal unik tentang fotografer

Sumber gambar

Menjadi basah dan bermain dengan air adalah salah satu hal yang harus anda korbankan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Mungkin anda pernah pergi ke pantai saat pasang naik dan sengaja menunggu hingga ada ombak raksasa datang seperti mas…mas siapa lagi ini? Sebut saja mas ombak. Mas ombak rela bajunya sedikit basah (basah sekali) hanya untuk mendapatkan karya luar biasanya.

Satu pesan saya jika anda ingin mencoba hal gila seperti mas ombak, apa itu? Gunakan rain cover untuk kamera anda! Daripada rusak kena air kan hehehe.

8. Mereka Pintar Berkamuflase

Kadang menjadi batu, kadang jadi rumput, kadang juga jadi angsa !

Yap, kamuflase adalah keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang fotografer agar objek fotografi tidak kabur! Kadang mereka menjadi batu, rumput, bahkan menjadi angsa hehehe šŸ™‚ Saya sendiri belum pernah mencoba berkamuflase sampai menjadi 3 hal tersebut. Bagaimana dengan anda?

Hal unik tentang fotografer

Sumber gambar

Mas ini rela ngumpet dibalik kostum angsa saat mencoba mengambil 1-2 gambar di danau. Hhhhmmm niat banget ya hehehe ! Inilah fotografer, inilah seni, dan inilah yang kita sukai šŸ™‚

9.Ā Pegal-pegal Dikit Juga Nggak Masalah Kok !

Kadang untuk mendapatkan hasil yang sempurna harus didukung dengan angle yang sempurna

Hal unik tentang fotografer

Sumber gambar

Mencari angle yang menurut kita sempurna bukanlah hal yang mudah, kadang kita harus berbaring, berguling, bahkan sikap lilin hehehe. Seperti yang dilakukan oleh Mbak mawar (sebut saja begitu), dia rela merasakan sakit pinggang demi mendapatkan angle yang sempurna loh!

Hhhhmmm saya juga pernah hampir split hanya untuk mendapatkan angle yang sempurna (sempurna versi saya hehehe).


Jangan lupa bergabung dengan komunitas pecinta fotografi terbaik di facebook ya subs ! Jadilah bagian dariĀ 3.500 lebihĀ orang-orang yang antusias dengan fotografiĀ 🙂Ā Admin sediakan konten-konten terbaik untuk kamu semua !

BERGABUNG SEKARANG (100% GRATIS)

9 Hal Kurang Masuk Logika yang Hanya Dipahami Fotografer