Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan sebuah inspirasi dari pembaca blog yang bertanya tentang tips untuk foto bersama / foto keluarga, jumlah objek yang banyak membuat kamera kesulitan mencari fokus.

Dalam artikel kali ini saya akan coba memberikan tips, dan trik singkat mengenai “Cara Membuat Kamera Fokus pada Objek yang Banyak” khususnya pada saat foto grup / foto keluarga.

The question is . . .“Bagaimana caranya membuat agar foto grup ini fokus pada semua orang?”Ā 

Menurut sumber yang saya baca disini. Salah satu cara membuat seluruh objek terlihat fokus di kamera adalah dengan menyusun anggota grup menjadi bentuk U.

Here is it !Dengan membentuk anggota grup (baca : objek foto) menjadi huruf U maka akan lebih mudah membuat fokus seluruh anggota dengan catatan jarak & jumlah anggota grup disesuaikan.

Tips Memotret Foto Keluarga #1

Mengatur anggota grup menjadi formasi U dan Memahami Dimana Harus Meletakkan Fokus

Mengatur kelompok menjadi bentuk U adalah salah satu trik pada saat anda akan membuat sebuah foto keluarga agar fokus kamera terbagi rata, masalahnya adalah “Bagaimana jika jumlah anggota terlalu banyak?”

Katakanlah anggota grup yang akan difoto sebanyak 10 orang, jika dibuat huruf U maka akan terlalu panjang sehingga tidak muat di frame. Solusinya adalah menjadikan formasi U ini menjadi 2, ada yang didepan dan ada yang dibelakang.

Kapan harus meletakan fokus di objek terdekat ?

Ketika membentuk formasi U, anggaplah “DoF / Depth of Field” alias jarak bidang fokus anda diwakili dengan perumpamaan 3/3, dimana 1/3 dari bagian tersebut adalah untuk meletakan titik fokus.

Jika anda menempatkan fokus pada orang di tengah maka akan banyak fokus yang terbuang (fokus tidak pada anggota grup) dan orang yang paling pinggir sekaligus menjadi objek terdekat dengan kamera akan terlihat “soft blur” karena tidak kebagian fokus, ini ilustrasinya :

 

Maka dalam keadaan seperti ini anda harus menempatkan fokus pada objek terdekat dengan kamera, yaitu orang paling pinggir. Dengan menempatkan titik fokus pada objek terdekat dengan kamera maka fokus akan terbagi pada seluruh anggota grup.

Perhatikan ilustrasi dibawah ini :

catatan : jangan lupa mengunci fokus setelah menemukan objek yang diinginkan guys šŸ™‚

Saya yakin anda bisa mengerti maksud saya šŸ™‚ Mari kita lanjutkan

Kapan anda tidak harus meletakan fokus di objek terdekat ?

Ketika formasi tidak berbentuk U melainkan lurus sejajar dan mayoritas anggota grup berada di belakang / baris kedua. Katakanlah anda menggunakan formasi 2-8 dimana baris pertama diisi oleh 2 orang (yang paling berbeda dari mayoritas anggota grup lainnya, seperti anak-anak) dan baris kedua diisi oleh 8 orang (mayoritas, semuanya sama. Misalkan orang dewasa semua).

Ketika menggunakan formasi ini anda tidak harus menempatkan fokus pada 2 orang terdepan, anda tempatkan fokus pada orang paling tengah di baris 2, why ? karena jika anda menempatkan fokus di 2 anak-anak terdepan maka mayoritas di baris ke 2 khususnya orang paling pinggir akan “soft blur” atau kurang fokus.

Jangan lupa untuk mengatur jarak antara anda dan objek, bagaimana caranya ? Lihat frame dan pastikan seluruh anggota grup masuk kedalam frame dengan komposisi yang pas dan proporsional (tidak terlalu banyak ruang tersisa).

Tips Memotret Foto Keluarga #2

Gunakan metering mode menyeluruh

Apakah anda asing dengan istilah metering? Pahami dulu disini :Ā Memahami Metering dalam Fotografi Kurang dari 5 Menit !

Metering dalam fotografiĀ merupakan kemampuan kamera untuk mengukur cahaya yang masuk untuk diproses lebih lanjut didalam kamera, sedangkanĀ mode meteringĀ adalah fitur dalam kamera DSLR dimana user bisa memilih dimana bagian dalam gambar untuk dijadikan prioritas.

Metering menyeluruh memiliki lambang dan nama yang berbeda-beda untuk setiap brand kamera. Pada Canon, metering menyeluruh ini dinamakan dengan EVALUATIVE METERING sedangkan pada Nikon dinamakan MATRIX, keduanya memiliki icon yang hampir sama. Anda bisa mengatur metering ini pada “setting” di kamera anda.

Tips Memotret Foto Keluarga #3

Lihat bagaimana professional melakukannya

Melihat dan mempelajari adalah salah satu trik jitu yang bisa anda gunakan ketika belajar fotografi, trik ini juga yang saya terapkan pada artikel panduan menjadi fotografer professional.

Dengan melihat settingan seorang pro, anda bisa meniru dan belajar banyak darinya.

Teman-teman bisa mengunjungi unsplash.com untuk mencari referensi foto lengkap dengan settingannya šŸ™‚

Gunakan Pose Terbaik!

Saya sudah memposting 21 inspirasi formasi terbaik untuk foto keluarga atau foto beregu dalam grup Facebook, berikut beberapa diantaranya :

Image source : pinterest.com

Jangan lupa bergabung dengan komunitas pecinta fotografi terbaik di facebook ya subs ! Jadilah bagian dariĀ 3.500 lebihĀ orang-orang yang antusias dengan fotografiĀ 🙂Ā Admin sediakan konten-konten terbaik untuk kamu semua !

BERGABUNG SEKARANG (100% GRATIS)

Sering Blur Saat Memotret Banyak Orang? – Ini Dia Trik Jitu Agar Foto Keluarga / Foto Bersama Terlihat Merata Fokusnya dan Tentu Lebih Menarik

Komentar ditutup.