Filter kamera? Apasih itu? Menurut Wikipedia, filter kamera adalah Aksesori kamera yang terdiri dari filter optik yang dapat dimasukkan ke dalam jalur optik .

Filter kamera berupa kaca tipis dengan fungsi tertentu (akan dibahas di bagian 3) dan diletakan didepan lensa kamera. Sesuai definisi dari Wikipedia diatas, filter adalah salah satu aksesoris kamera yang cukup populer. Tapi sebenarnya “Apasih kegunaan atau fungsi filter kamera?”. Sabar, kita akan membahasnya di bagian kedua.

Nah salah satu fungsi dari filter kamera adalah melindungi lensa anda dari goresan bahkan resiko pecah ketika terbentur benda tumpul atau jatuh, filter yang digunakan untuk melindungi lensa biasanya adalah filter bening alias “clear“. Apalagi jika anda baru saja membeli mirrorless XiaoMi yang baru saja launching atau membeli lensa eksternal garapan SONY untuk smartphone anda, sepertinya wajib memakai filter hehehe.

 

Dapatkan konten-konten seperti infografis diatas di Grup Facebook yang saya kelola sendiri 🙂

Rutin update loh ! 100% gratis hehe.

BERGABUNG SEKARANG (100% GRATIS)

FUNGSI FILTER KAMERA

Bagian kedua ini akan membahas dan menyelesikan pertanyaan yang sering diajukan para fotografer pemula, yaitu “Apasih fungsi filter kamera itu?”. Filter kamera selain berguna untuk melindungi lensa dari goresan pada kaca lensa, filter ini memiliki fungsi lain sesuai dengan jenisnya.

Jadi fungsi filter pada kamera adalah melindungi lensa dari goresan dan memberikan efek sesuai jenis filter tersebut. Jenis pada filter kamera ini terbilang cukup banyak. Kita mengenal filter ND, filter Netral, dan Filter GND. “Istilah macam apa lagi itu?”. Tenang, kita akan mengetahuinya dalam bagian ketiga dalam artikel ini. Just keep going guys!


 JENIS-JENIS FILTER KAMERA

Filter pada kamera memiliki banyak jenis dilihat dari fungsi atau efek yang diberikan, namun jika dilihat dari bentuknya filter dibagi menjadi dua guys, yaitu :

  1. Filter berbentuk persegi panjang atau istilah kerennya adalah Slot In : filter ini berbentuk persegi panjang dan penggunaannya “Slot-In” / filter dimasukan kedalam frame yang sudah disediakan. Yang kedua adalah
  2. Filter berbentuk lingkaran atau round filter : Filter berbentuk bundar seusai diameter lensa, mekanismenya tinggal dipasang saja dengan cara diputar searah jarum jam.

Bentuk dari filter tergantung jenisnya, filter yang berbentuk persegi panjang biasanya adalah filter GND, dan yang berbentuk bulat atau melingkar biasanya filter UV, CPL (Circular polarizer), dan filter ND atau Neutral Density. Selanjutnya akan kita pelajari dalam bagian ini. Kemudian kita akan membahas jenis filter berdasarkan efek yang diberikan

  • Filter Netral / Filter UV : Sejatinya filter ini ditujukan untuk melindungi sensor kamera dari sinar UV yang bisa merusak sensor kamra, namun dengan teknologi yang semakin berkembang sensor kamera pada kamera-kamera modern tidak akan rusak oleh sinar UV.

Berbeda halnya jika jika masih menggunakan kamera dengan “film” (kamera jadul), sensor pada kamera jaman dulu masih rentan rusak dikarenakan sinar UV berlebih pada sensor. Pada era ini filter UV ini beralih fungsi menjadi pelindung lensa kamera dari benturan dan goresan.

Image Source

  • Filter ND (Neutral Density) : Filter ini berfungsi untuk mengurangi intensitas cahaya (density) tanpa merubah arah cahaya (neutral), intensitas cahaya yang dikurangi akan semakin banyak jika warna filter ND semakin gelap atau dengan kata lain…

semakin gelap filter ND = semakin banyak intensitas cahaya yang dikurangi.

Para fotografer menggunakan filter ini untuk kegiatan pemotretan dengan durasi lama / long exposure, Mengapa? Karena dengan filter ini, kecepatan / speed yang diperoleh akan semakin lambat sehingga hasil foto long exposure semakin bagus. Pergerakan lambat akan memberikan kesan lembut pada foto.

  • Filter GND (Gradual Neutral Density) : Filter GND memiliki fungsi untuk menyeimbangkan intensitas cahaya, filter GND ini digunakan untuk pemotretan luar ruangan / outdoor seperti Landscape. Dilihat dari tampilannya filter ini dibagi menjadi dua bagian, sebagian gelap dan sebagian terang.

Tingginya intensitas cahaya pada bagian matahari (atas) dan netralnya intensitas pada bagian laut (bawah) perlu diseimbangkan, untuk itu ketika memotret sunset /sunrise kita membutuhkan filter GND ini.

Perhatikan gambar ilustrasi dibawah ini, bagian atas gelap dan bagian bawah bening :

sumber gambar

Bagian gelap pada filter GND berfungsi sebagai pengurang intensitas cahaya karena di bagian atas-lah intensitas cahaya terlalu banyak, sedangkan bagian bening (bawah) sudah netral.

Itu sebabnya filter ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu bagian gelap dan bagian terang / bening. Sekarang sudah paham kan? Oke kita lanjutkan.

Beli Filter GND disini.

  • Filter Polarizer / Circular Polarizer (CPL) : Filter ini berfungsi untuk membelokkan cahaya yang tidak diinginkan agar tidak masuk kedalam sensor, filter CPL ini digunakan dalam pemotretan luar ruangan seperti Landscape, dan Pemotretan hewan liar atau wild photography.

Berikut ini adalah foto yang menggambarkan hasil foto dengan dan tanpa filter CPL atau filter Polarizer.

Polarizer Filter

Sumber Gambar

Filter polarizer ini bisa dikatakan sebagai penghapus pantulan, maksudnya adalah filter ini mengurangi pantulan/bayangan objek pada benda reflektif seperti air, dan kaca. Bayangan pada kaca kadang mengganggu hasil foto, untuk itu kita perlu menggunakan filter CPL untuk mengatasi masalah ini. Perhatikan contoh berikut ini :

CPL filter menghapus pantulansumber gambar

Itulah fungsi dari filter CPL atau Circular Polarizer, untuk filter CPL ini akan lebih optimal dan memberikan hasil terbaik jika digunakan dalam posisi membelakangi matahari.

Cara Menggunakan Filter CPL / Circular Polarizer

Berbeda dengan beberapa filter lain, filter CPL ini memiliki cara penggunaan yang unik. Filter harus diputar untuk mendapatkan efek “polarisasi” yang sesuai. Setiap putaran akan memberikan efek polarisasi yang berbeda-beda, anda cukup memutar filter lensa sampai mendapatkan polaritas yang pas.

Setiap filter memiliki fungsi masing-masing, kita tinggal memilih filter mana yang cocok untuk jenis pemotretan yang kita lakukan. Banyak ide fotografi yang bisa anda praktekkan, salah satunya adalah memotret menggunakan filter ketika matahari terbit atau terbenam. Efeknya akan lebih cantik daripada memotret tanpa filter 🙂

 

Berminat Membeli Filter Lensa? – Pahami Dulu Jenis, dan Fungsinya Disini! Jangan Sampai Salah Beli Loh!

Komentar ditutup.