Edit Foto Hitam Putih

Cara Edit Foto Berwarna Menjadi Hitam Putih

Dalam artikel ini kita akan membahas cara edit foto berwarna menjadi “hitam-putih” dengan cara yang sangat simpel ! Kita juga akan membahas tips memotret untuk jenis fotografi hitam-putih. Kita akan bahas dibawah ūüôā

Selain membuat artikel mengenai cara membuat foto berwarna menjadi hitam-putih, saya juga membuat artikel tutorial yang lain seperti cara mengetahui Shutter Speed sebuah kamera, dan tutorial membersihkan lensa dengan cara yang aman.

Kembali ke bahasan utama artikel ini, sebelum mengubah foto berwarna menjadi foto hitam-putih anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Berikut apa saja yang harus anda lakukan :

1. Download “Photoscape”

Download Photoscape

2. Edit Foto Hitam Putih

  • Drag & drop foto yang akan anda buat menjadi hitam putih.
  • Klik Pangkal – kemudian klik skala abu-abu
  • Woohla ! Selesai, sangat mudah bukan?

Edit Foto Hitam Putih Bagian 2 :

Black and White Photography

Teknik B&W (Black and White) Photography atau yang lebih sering disebut fotografi hitam-putih bisa anda pelajari dalam waktu yang tergolong cepat, karena hanya membutuhkan sedikit pengaturan saja.Jika anda pengguna kamera Nikon, anda bisa menemukannya di bagian menu-Set Picture Control.

Untuk Canon, Sony, dan Brand liannya tidak jauh berbeda. Anda hanya perlu mengeksplorasi kameramu dan menemukan mode hitam-putih. Simple right?

Namun tidak semudah itu, anda harus mengetahui teknik memotret dengan mode ini agar anda bisa membuat maha karya anda sendiri, so? Bagaimana cara membuat foto hitam-putih supaya nampak luar biasa ?

Sebenarnya jika anda sudah merasa puas dengan mode hitam-putih yang ada pada fitur bawaan kamera, its okay.

Tapi anda harus tahu cara atau metode lain agar anda bisa lebih mengeksplorasi lagi dunia hitam-putih pada fotografi. Seperti apa caranya? let’s check this out!

Pertama, anda harus menggunakan mode normal (berwarna), potret objek yang anda nilai layak untuk dikonversi menjadi hitam-putih.

Kedua, anda harus mengolah foto tadi menggunakan software pengolah gambar seperti photoshop. Tahapan pengolahannya seperti ini :

 Konversi Warna
 

Edit Foto Hitam Putih Bagian 3 :

Tips Membuat Foto Hitam-Putih

Berikut adalah tips memotret untuk menghasilkan foto hitam putih yang keren :

1. Gunakan ISO yang rendah

Dengan menggunakan ISO yang rendah anda bisa mengurangi “noise” pada foto. Bintik-bintik yang muncul pada foto disebut “noise”, dengan menggunakan ISO yang rendah anda bisa mengurangi kemungkinan munculnya noise pada foto. Anda bisa mencoba memotret pada angka ISO dibawah 1000.

Eiits, tidak semua “noise” itu buruk loh teman-teman. Justru dalam proses edit foto hitam putih, anda bisa memanfaatkannya menjadi efek yang keren, seperti apa jadinya jika kita memanfaatkan “noise” ? Perhatikan foto dibawah ini.

Dengan kreatifitas anda bisa menyulap sebuah foto yang memiliki noise menjadi terlihat klasik seperti foto diatas, yang perlu anda catat adalah

Anda perlu melihat sebuah kekurangan dari sudut pandang lain

Jika anda bisa melakukannya, foto ber-noise pun bisa anda sulap menjadi foto klasik yang keren. Tentunya dengan bantuan software pengolah gambar seperti photoshop dan photoscape.

Bagaimana Saya Membuat Foto “Hitam Putih” dengan Cara yang “Berwarna” dalam 2 Langkah Praktis.

Jika anda menggunakan photoscape, anda bisa memberikan efek klasik dengan lebih mudah.

Perhatikangambar berikut ini :

mengolah foto hitam putih

Anda bisa mendapatkan efek klasik di menu TAPIS -> FOTO ANTIK

Anda bisa memilih efek mana yang paling keren untuk dipakai di foto anda.

2. Cari Moment yang Luar Biasa

Maksudnya? Anda bisa meningkatkan kesan emosional dari sebuah foto hitam-putih dengan dukungan momen yang tepat. Selain terlihat lebih emosional, foto anda juga akan menyadarkan audience agar lebih peduli pada apa yang ada di lingkungan kita. Perhatikan foto berikut :

Apa yang anda rasakan? Sedih dan lebih bersyukur kah? Jika iya maka foto ini sukses menyentuh hati anda. Selain menyentuh hati anda, foto ini juga akan menyadarkan banyak orang untuk lebih bersyukur. Benar?

3. Manfaatkan Cuaca

Kebanyakan fotografer menghindari cuaca yang mendung/berawan dikarenakan alasan kurangnya pencahayaan atau “poor lightning” namun saat cuaca mendung dan kurangnya pencahayaan, anda bisa memanfaatkan ini untuk membuat karya fotografi hitam-putih. Mengapa cuaca berawan¬†menjadi waktu yang sempurna untuk foto hitam putih?

Karena, pada saat cuaca mendung foto yang dihasilkan memiliki tingkat kontras yang pas (tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap). Anda cukup mengedit sedikit saja menggunakan photoshop untuk mengubah dari foto berwarna menjadi foto hitam putih.

Berikut adalah contoh foto yang diambil sesaat sebelum hujan :

SOURCE

So jangan takut untuk keluar rumah saat cuaca berawan bahkan mendung, sebelum hujan turun akan ada banya momen yang bagus untuk anda tangkap.


Dapatkan CheatSheet & Update konte secara eksklusif dengan bergabung di GRUP khusus SUBSCRIBER 🙂 Konten Cheatsheet yang memudahkan anda memilih lensa yang sesuai dengan jenis fotografi¬†sudah saya siapkan dan siap untuk di download hehe ! Yuk bergabung guys 🙂


4. Gunakan Filter

Saat memotret diluar ruangan alias outdoor, anda tentunya akan menghadapi pencahayaan yang tidak menentu. Untuk meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan, anda memerlukan filter.

Filter yang sebaiknya anda gunakan adalah ND (Neutral Density), mengapa? Karena filter ND berguna untuk menghindari “over exposure

Overexposure adalah keadaan foto yang dipajan lebih lama dari yang diinstruksikan lightmeter atau subjek yang ditangkap lebih terang dari sebenarnya (WIKIPEDIA INDONESIA)

Singkatnya, over eksposure adalah keadaan saat foto lebih terang dari keadaan sebenarnya. Untuk menghindari hal ini anda memerlukan filter ND atau Neutral Density.

All right, anda sudah mengetahui fungsi filter ND. Sebenarnya masih banyak filter yang sering digunakan dalam dunia fotografi, anda bisa mempelajarinya dalam artikel lain berjudul ” Belajar Memahami Fungsi Filter dalam Dunia Fotografi “.

5. Coba Long Eksposure

Long Eksposure?

Definisi dari¬†Long Eksposure pada fotografi adalah penggunaan “shutter speed” pada intensitas waktu yang lama. Saat menggunakan “shutter speed” dengan waktu yang lama, diafragma pada kamera terbuka dengan waktu yang lama juga.

Hal ini memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk kedalam sensor kamera sampai diafragma kembali tertutup.

Cahaya membawa banyak informasi dari objek, semakin lama diafragma terbuka maka semakin banyak cahaya masuk (makin banyak juga informasi yang ditangkap sensor kamera).

Informasi yang ditangkap sensor berupa pergerakan objek seiring waktu. Kamera menangkap pergerakan objek dari waktu ke waktu selama diafragma kamera terbuka. Sudah paham?

Saya yakin anda sudah mengerti maksudnya ūüôā

Dalam tips nomor 4 ini kita akan membuat foto hitam putih dengan menggunakan “Long Eksposure”, apa saja yang anda perlukan? Simpel, anda cukup mengatur shutter speed kamera anda pada waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Anda bisa mengatur shutter speed mulai dari beberapa detik, menit, sampai hitungan jam. Untuk foto hitam putih, anda cukup mengaturnya dalam beberapa menit saja, kemudian cari objek bergerak yang anda nilai bagus untuk dijadikan foto hitam putih.

Kedua foto diatas menggunakan Long Eksposure untuk mendapatkan efek pergerakan. Anda bisa mencobanya menggunakan bantuan dari filter ND seperti yang sudah dijelaskan di tips nomor 3 untuk mendapatkan foto yang halus.

Kunci untuk menguasai setiap teknik fotografi adalah “Paham Teori, dan mempraktekkannya” seiring praktek yang kita lakukan, maka akan timbul “passion” terhadap fotografi sehingga kita dapat menikmati proses.

Ini adalah akhir dari artikel “Edit foto hitam putih”, anda bisa kembali ke halaman tutorial untuk mempelajari teknik fotografi yang lainnya.


Jangan lupa bergabung dengan komunitas pecinta fotografi terbaik di facebook ya subs ! Jadilah bagian dari¬†3.500 lebih¬†orang-orang yang antusias dengan fotografi¬†🙂¬†Admin sediakan konten-konten terbaik untuk kamu semua !

BERGABUNG SEKARANG (100% GRATIS)

Cara Mengedit Foto Menjadi “Hitam Putih” – ( Hanya 2 Klik Saja!)

Komentar ditutup.