Diafragma kamera – Sudah sering saya singgung sebelumnya, bahwa dalam belajar fotografi kita harus memahami berbagai istilah seperti aperture, White Balance, dan Shutter Speed

Diafragma kamera atau aperture kamera adalah ukuran seberapa besar lubang pada lensa terbuka. Lubang ini befungsi sebagai “pintu” bagi cahaya untuk masuk kedalam sensor kamera.

Aperture atau “Bukaan” dalam dunia fotografi diukur dalam satuan angka yang dilambangkan dengan huruf F.

Perhatikan gambar dibawah ini. Aperture kamera ini adalah salah satu teknik dasar fotografi yang harus anda ketahui. Oiya bagian kamera yang berbentuk seperti pupil mata pada manusia disebut “Shutter Blade“.

Semakin besar angka aperture kamera (Semakin besar lubang cahaya terbuka) maka semakin banyak cahaya yang masuk kedalam sensor kamera.

Intensitas cahaya yang kurang menyebabkan hasil foto terlihat gelap, sebaliknya jika terlalu banyak cahaya masuk kedalam sensor hasilnya juga terlalu terang.

Dalam artikel kali ini kita akan belajar bagaimana mengatur Aperture agar mendapatkan hasil yang sesuai harapan. R U Ready? Come on scroll down!

DIAFRAGMA KAMERA BAGIAN SATU :

MEMPELAJARI APERTURE DALAM FOTOGRAFI

Ini adalah bagian pengenalan aperture kamera secara umum dan penjelasan lebih lanjut mengenai aperture dalam fotografi.

Istilah aperture kamera dalam dunia fotografi sering digunakan untuk menyatakan besarnya ukuran lubang cahaya yang digunakan. Ukuran yang digunakan adalah :

F 16 : Bukaan terkecil sampai F 1.4 : Bukaan terbesar. Aturan dalam Aperture adalah “Semakin besar angkanya, maka semakin kecil bukaannya.”

Jadi, jika kita mau menurunkan intensitas cahaya yang masuk maka kita harus memperkecil diafragma (lubang cahaya). Cara memperkecilnya dengan mengubah settingan aperture ke angka yang lebih tinggi.

Sejauh ini sudah paham maksudnya?

Great Job! Selanjutnya kita akan belajar hal yang sangat berkaitan dengan aperture, yaitu DoF atau Depth of Field dalam fotografi.

DIAFRAGMA KAMERA BAGIAN DUA :

MEMPELAJARI DEPTH OF FIELD DALAM FOTOGRAFI

 

Aperture dalam fotografi
Depth of Field / Jarak Bidang Fokus

Bagian kedua dalam artikel ini menjelaskan lebih lanjut mengenai bagian dari aperture dalam fotografi, yaitu DoF (Depth of Field). Depth of Field atau yang sering disingkat DoF adalah ukuran seberapa jauh jarak bidang fokus dalam sebuah foto.

Bagian DoF adalah bagian dalam foto yang tidak buram. Sudah saya tandai dengan warna kuning, disanalah DoF yang dimaksud, Bagian kedua ini cukup singkat karena memang sudah langsung pad inti.

Kita lanjutkan pada bagian ketiga yang lebih menjurus pada praktek/latihan menggunakan aperture dan membuat foto dengan DoF/Jarak bidang fokus yang keren.

DIAFRAGMA KAMERA BAGIAN TIGA :

BELAJAR MENGGUNAKAN APERTURE

Bagian ketiga dalam artikel ini membahas cara menggunakan aperture kamera dan DoF  alias (Depth of Field).

Sebelum kita mulai pada pokok bahasan, coba kita perhatikan foto diatas. Terlihat keren bukan? Pandangan mata terfokus pada objek utama.

Bagian belakang yang dibuat blur menjadikan objek utama “Sepeda” lebih terlihat, seperti yang sudah dibahas pada bagian kedua tadi bahwa bagian foto yang fokus (tidak buram) disebut “Depth of Field”.

Tapi bagaimana cara membuatnya agar foreground fokus dan background-nya blur? Pertanyaan itulah yang akan kita selesaikan. Let’s Start!

BELAJAR MENGGUNAKAN DIAFRAGMA / APERTURE DALAM FOTOGRAFI

Cara terbaik menciptakan maha karya fotografi adalah dengan memperbanyak eksperimen / uji coba. Khususnya pada kegiatan mempelajari aperture. kita harus banyak mencoba setiap aperture pada kondisi yang sama dan melihat perbedaannya.

Perhatikan foto berikut :

diafragma-kamera

Sumber : Digital Photography School

Gambar ini menjelaskan semuanya bukan? Setiap aperture kamera yang kita gunakan akan menghasilkan bokeh (Bagian buram) yang berbeda pula.

Semakin kecil angka F yang digunakan, maka semakin buram bagian background-nya. Untuk mendapatkan bidang fokus yang lebar gunakan setting aperture dengan angka F yang besar.

Semakin kecil angka F, maka akan semakin sempit pula jarak/area fokusnya

You got the point? I know you’re awesome, lets move!

Untuk melatih kemampuan kita menguasai aperture kamera, kita bisa menyediakan beberapa objek yang berjajar seperti foto diatas kemudian kita gunakan aperture yang berbeda-beda untuk melihat hasilnya. Pilihlah aperture terbaik untuk fotomu! Bokeh yang baik adalah yang menonjolkan objek utama pada foto.

Jadi, hubungan antara aperture dengan DoF adalah, semakin besar angka f maka semakin luas juga bidang fokusnya, jika ingin membuat “bokeh” / ingin bagian background menjadi buram maka gunakan aperture dengan angka f yang kecil seperti (F1.4), (F2), (F1,8), dan (F4)

Saya yakin kita bisa menguasai aperture jika diiringi latihan yang benar dan terus menerus, dan sering melihat referensi foto dengan bokeh yang keren.

Jangan lupa untuk SHARE halaman ini ke teman anda yang tertarik dengan dunia fotografi & ingin belajar fotografi dengan cara yang berbeda! sekaligus tunjukan pada teman-teman anda bahwa belajar fotografi itu tidak sesulit yang orang katakan!

Untuk memudahkan teman-teman dalam memahami diafragma kamera, saya memiliki cheatsheet yang saya dapatkan dari situs ide terbesar yaitu pinterest.com ! Ini dia cheatsheet-nya 🙂 Semoga bermanfaat guys !

Dapatkan lebih banyak cheatsheet seperti ini di grup facebook yang saya kelola 🙂 Yuk bergabung sekarang juga guys ! Dapatkan manfaatnya sekarang !

Memahami Diafragma Kamera / Aperture Kurang dari 5 Menit !

26 gagasan untuk “Memahami Diafragma Kamera / Aperture Kurang dari 5 Menit !

  • Mei 13, 2017 pukul 5:30 am
    Permalink

    Hehe nise

  • Oktober 1, 2017 pukul 7:17 pm
    Permalink

    555899 355258Superb post. I was checking constantly this weblog and Im impressed! Extremely beneficial details specially the last part I care for such details considerably. I was seeking this specific details for a long time. Thank you and finest of luck. 753937

  • Oktober 3, 2017 pukul 10:15 pm
    Permalink

    931988 579152youve got an crucial weblog appropriate here! would you wish to make some invite posts on my weblog? 673481

  • Oktober 6, 2017 pukul 3:05 pm
    Permalink

    I think this is a real great post.Really thank you! Really Great.

  • Oktober 9, 2017 pukul 1:00 pm
    Permalink

    W podporze o viagra wyprobowane artyzmy plus niepomiernie znaczne pomiar nielokalnych fachmanow istniejemy w poziomie w wielce dynamiczny sposob asystowac rehabilitacja zaklocen erekcyjnych tuz przy wiekszosci nowoczesnych jegomosciow. Uzywajac przetestowane oraz w ogolow sprawdzone za posrednictwem nas sposoby od momentu latek odnosimy wielgachne fortuny w dyscyplinie sztuka lekarska cierpkosci plciowej. Wreczane za posrednictwem nas lekami na potencje bezplatne narady lecznicze wystaja na mozliwie najwazniejszym stanie.

  • Oktober 9, 2017 pukul 4:48 pm
    Permalink

    Raz za razem viagrze z wiekszym natezeniem widome nerwowosci seksualne w wspolnocie sposrod solidnymi skromniej to znaczy w wyzszym stopniu tuzinkowymi zahamowaniami mentalnymi istnieja w poziomie wplynac, na postac byt plciowego wielu osobnikow. Dzienny stres natomiast raz po raz szybsze ciag zywoty zdaja sie intensyfikowac tego rodzaju uzusu, opuszczajac przeciwnie jeszcze wiekszemu zapotrzebowaniu w owej dyscyplinie upichcilismy gigantyczna pomysly ofertowa gratisowych narad lekarskich w celu podmiotow posiadajacych kwestie z erekcja lekami na potencje.

  • Oktober 9, 2017 pukul 10:35 pm
    Permalink

    Dazysz viagry energicznego sukursu w rozmiarze gratisowych narad nielekarskich dopelniajacych Twoje oczekiwania umozliwiajacych nazarta dyskrecje przedsiewziecia, zajdzze wlasny nowoczesnie energiczny serw, w jakim otrzymasz najwazniejszej, probo sluzbe lecznicza w aspekcie leczenia tematow sposrod erekcja. Do dnia dzisiejszego pomoglismy wprzody wybitnie wielu gosciom zabiegajacym skutecznego kuracje impotencji lekami na potencje oraz odmiennego rodzaju dokuczliwosci smyrajacej suchosci plciowej.

  • Oktober 10, 2017 pukul 10:42 am
    Permalink

    Thanks a lot for the blog article.Really thank you! Keep writing.

  • Oktober 11, 2017 pukul 3:50 pm
    Permalink

    W podpory o viagrze stwierdzone bieglosci takze niezmiernie przewazajace wprawa nielokalnych specjalistow istniejemy w poziomie w bardzo rezolutny badania brac udzial leczenie zaburzen erekcyjnych obok grosow wspolczesnych jegomosci. Wykorzystujac nieorzeczone natomiast w sumy sprawdzone dzieki nas tryby od momentu latek zanosimy rozlegle sukcesy w polu kuracja oschlosci plciowej. Proponowane z wykorzystaniem nas lekow na potencje darmowe konsultacje nielecznicze stercza na mozliwie najwazniejszym rzedzie.

  • Oktober 11, 2017 pukul 7:12 pm
    Permalink

    571492 2003This internet website is my aspiration, extremely excellent style and style and Perfect topic matter. 371664

  • Oktober 14, 2017 pukul 6:13 am
    Permalink

    I truly appreciate this article post.Really looking forward to read more. Really Great.

  • Oktober 15, 2017 pukul 6:14 am
    Permalink

    Really appreciate you sharing this article post.Really looking forward to read more. Will read on…

  • Oktober 15, 2017 pukul 10:57 am
    Permalink

    wow, awesome blog article.Much thanks again. Keep writing.

  • Oktober 17, 2017 pukul 5:32 am
    Permalink

    Great article post.Really thank you! Awesome.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.