Cara Efektif Meredam Guncangan pada Kamera dengan 5 Gaya Ala Professional

5 Cara Meredam Guncangan Kamera

Hai teman-teman ๐Ÿ™‚ Kali ini saya akan membahas cara meredam guncangan kamera, mengapa guncangan ini perlu diredam ? Nah teknik peredaman getaran/guncangan ini memiliki tujuan untuk menghindari blur pada hasil pemotretan, seringkali blur terjadi akibat guncangan-guncangan kecil pada kamera saat kita menekan tombol shutter

Nah, untuk menghindari blur tersebut berarti kita harus meredamnya menggunakan teknik “handheld” alias genggaman tangan yang benar dan posisi tangan lainnya ๐Ÿ™‚

Baca juga tips dan trik fotografi lainnya yang sudah saya buat khusus untuk anda, beberapa artikel yang akan memberikan manfaat untuk anda adalah Tips mengatur kamera DSLR menggunakan smartphone android, tips memotret “Group Photo” / Foto secara berkelompok agar fokus merata,ย  dan Tips membeli kamera bekas. Semuanya sudah saya sajikan untuk anda hehe, jangan lupa Share jika bermanfaat dan anda suka ๐Ÿ™‚

Banyak cara untuk meredam guncangan lensa, dalam artikel ini saya akan membahasnya satu per satu hehe. Oke kita mulai saja dari yang pertama :

Cara Meredam Guncangan Kamera I :

Elbow In / Teknik Peredaman Menggunakan Sikut

 

cara meredam guncangan kamera

sumber gambar

Teknik / cara meredam guncangan kamera ini menggunakan sikut sebagai tumpungan guna meredam guncangan yang terjadi saat kita menekan tombol shutter, teknik ini bisa dibilang teknik termudah yang bisa anda praktekan sekarang juga.

Melihat gambar diatas, sepertinya cukup mudah bukan untuk melakukan teknik “Elbow In” ini? Kita cukup menyatukan kedua sikut guna meminimalisir guncangan yang terjadi saat kita menekan tombol shutter.

Menyatukan sikut untuk memperkuat pondasi agar tidak terjadi guncangan memang mudah jika hanya melihat gambar, bagaimana prakteknya ? Anda harus mencobanya sendiri hehe, saya rasa akan lebih sulit melakukannya jika belum terbiasa ๐Ÿ™‚

Cara Meredam Guncangan Kamera II

Shoulder Raise / Teknik peredaman menggunakan bahu

Nah, untuk teman-teman yang bosan menggunakan elbow in / sudah ingin “ganti gaya” teman-teman bisa menggunakan teknik yang satu ini, dinamakan “Shoulder Raise” karena memang teknik ini mengharuskan anda mengangkat sebelah bahu untuk membantu tangan anda menopang lensa “panjang” anda. Berikut detailnya guys!

Jika anda melakukan teknik kedua ini sepertinya akan muncul rasa pegal di bagian lengan ya guys. Bagaimana tidak, kedua lengan menopang kamera dan lensa “tele” yang memang memiliki ukuran yang panjang. Berat kamera dan lensa juga sangat berpengaruh, semakin panjang lensa juga akan menambah bobot dari lensa itu sendiri.

Untuk lensa “Raksasa” sebaiknya anda menggunakan penopang yang khusus digunakan untuk menopang lensa ya guys ๐Ÿ™‚

cara meredam guncangan kamera

sumber gambar

Nah, bagaimana? Nampaknya sedikit pegal ya hehehe ๐Ÿ™‚

Cara Meredam Guncangan Kamera III

Knee Hold / Teknik peredaman menggunakan lutut

Kali ini anda akan menggunakan lutut anda untuk menahan guncangan pada kamera, memang ada keterbatasan dalam menggunakan teknik peredaman ini. Anda hanya bisa menggunakan teknik ini ketika anda akan memotret objek yang rendah (karena memang anda harus jongkok hehe).

Berbeda dengan teknik nomor 2 tadi, untuk yang ketiga ini anda tidak akan terlalu merasakan pegal karena sikut ditopang oleh lutut. Sedikit lebih mendingan namun perlu diingan anda hanya bisa melakukan teknik ini dengan posisi jongkok ya hehehe

Teknik ini cukup populer di kalangan fotografer. Setiap saya lihat fotografer yang sedang memotret model, rata-rata dari mereka pasti mempraktekan gaya ini. Bagaimana dengan anda ?

cara meredam guncangan kamera

sumber gambar

Pastikan sikut dan lutut anda bersentuhan ya guys ๐Ÿ˜€ hehe

Cara Meredam Guncangan Kamera IV

Machine Gun Hold / Teknik peredaman ala senapan mesin

Mendengar namanya memang agak keren ya guys ๐Ÿ™‚ Machine gun gitu, nah anda bisa menggunakan teknik “keren” ini dengan sangat mudah. Anda menggunakan sikut untuk menahan lensa, dan tangan kiri berpegangan pada lengan kanan guna menambah stabilitas.

Jika anda ditanya oleh teman mengenai nama teknik yang anda gunakan untuk memegang kamera, jawab dengan rasa percaya diri “This is machine gun hold” hehehe ๐Ÿ™‚

Memang keren mendengar namanya, begitu pula dengan bentuknya hehe. Sikut yang menopang lensa dan tangan kiri yang memegang lengan kanan juga membuat teknik ini “keren”.

cara meredam guncangan kamera

sumber gambar

Dari sebelum-sebelumnya teknik ini adalah teknik terkeren versi saya hehe, bagaimana menurut anda?

Cara Meredam Guncangan Kamera V

Cradle it / Teknik peredaman menggunakan tangan yang bersentuhan dengan lutut

Teknik ini dinamakan “Cradle It” yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Buai / Membuai” nah kali ini anda akan membuai lensa kesayangan anda layaknya membuai anak kecil hehe (saya juga agak bingung dengan teknik yang satu ini, namanya “Cradle” tapi posisinya tidak seperti membuai hehehe).

Dalam ilustrasi yang diberikan, gaya ini dilakukan dengan cara jongkok namun sejatinya anda bisa menggunakan gaya ini sambil berdiri bahkan duduk. Tertarik mencobanya ?

Bagaimana menurut anda?

cara meredam guncangan kamera

sumber gambar

Tertarik mencoba guys? jangan lupa untuk SHARE jika artikel ini bermanfaat ๐Ÿ™‚ Jangan lupa untuk bergabung dengan Subscriber tentangfotografi.com untuk mendapatkan notifikasi setiap kali saya mengupdate artikel di blog.

100% gratis dan valueable untuk anda yang suka fotografi ! Baca juga kumpulan artikel TIPS dan TRIK fotografi yang akan memberikan anda pengetahuan lebih seputar dunia fotografi ๐Ÿ™‚ Terimakasih banyak sudah membaca artikel ini sampai selesai guys! Semoga bermanfaat !


Jangan lupa bergabung dengan komunitas pecinta fotografi terbaik di facebook ya subs ! Jadilah bagian dariย 3.500 lebihย orang-orang yang antusias dengan fotografiย 🙂ย Admin sediakan konten-konten terbaik untuk kamu semua !

BERGABUNG SEKARANG (100% GRATIS)