Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Jamuran – Memiliki kamera digital baik DSLR maupun Mirrorless tentunya membutuhkan perawatan khusus agar kamera dan lensa lebih awet dan yang paling penting “Terhindar dari jamur!”. Dalam artikel ini saya akan mencoba berbagi tips dan cara perawatan kamera digital agar terhindar dari jamur.

Pepatah mengatakan “Mencegah lebih baik daripada mengobati” itu juga yang akan kita lakukan, upaya mencegah kamera terserang jamur nakal. Ketika saya SMP, saya pernah belajar tentang sifat jamur yang tumbuh di tempat yang lembab 🙂

Kamera dan lensa yang lembab juga termasuk ternyata hehe jadi tips utama untuk mencegah kamera berjamur adalah “Pastikan kamera dan lensa dalam keadaan kering !” tapi bagaimana sih caranya memastikan kamera kita benarbenar kering? Mari kita bahas!

Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Jamuran #1

Memastikan Kamera dan Lensa 100% Kering !

Seperti yang sudah saya bahas pada pembukaan artikel ini bahwa jamur akan tumbuh dengan cepat apabila berada di tempat yang lembab, untuk itu kita harus menjaga kamera dan lensa agar selalu dalam kondisi kering. Salah satu cara untuk memastikan kamera benar-benar kering adalah mengelapnya menggunakan tisu kering. Mengapa?

Karena jika kita mengelap menggunakan lap biasa (non-microfibre) katakanlah di-lap menggunakan baju kemungkinan tidak 100% kering alias masih ada sisa-sisa air yang tertinggal. Lebih baik cari aman dengan mengelapnya menggunakan tisu kering bukan? hehehe 🙂

Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Jamuran #2

Hindari Meniup Lensa Kotor Menggunakan Mulut !

Kembali ke pelajaran biologi jaman saya SMP, dikatakan bahwa dalam mulut manusia ada banyak sekali bakteri yang tercampur dengan air liur, ternyata bakteri juga menjadi faktor yang mempercepat pertumbuhan jamur loh!. Pernahkah anda meniup lensa dan tidak sengaja ada cipratan ludah yang ikut terbang?

Untuk menjaga agar lensa tidak berjamur sebaiknya kebiasaan meniup lensa kotor perlu kita hilangkan, lalu bagaimana jika lensa kotor? Ini dia solusinya :

Cara perawatan kamera digital

Sumber Gambar

Selalu sediakan blower dalam tas kamera anda hehehe. Dengan menyediakan blower maka akan lebih aman dan terhindar dari kemungkinan tumbuhnya jamur.

Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Jamuran #3

Pastikan Tas Anda Juga Kering !

Adalah percuma jika kita sudah cape-cape memastikan kamera kering tapi kemudian disimpan di tas kamera yang lembab, memang benar menjaga tas kamera tetap kering adalah hal yang tidak mudah, Lalu bagaimana solusinya?

Akan lebih baik kita menjemur sementara tas kamera yang basah dan menyimpan kamera di dalam “Dry Box”. Ini adalah tips jitu menjaga kamera agar tetap kering dan terhindar dari jamur, karena Dry Box bisa menyerap kelembaban hehehe

Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Jamuran #4

Menggunakan “Rain Cover” ketika memotret sambil hujan-hujanan

Cara perawatan kamera digital

Sumber gambar : Cooph

Mungkin anda adalah seorang fotografer landscape / fotografer outdoor yang aktif di luar ruangan dan sering berurusan dengan hujan dan kabut. Ternyata kabut adalah salah satu faktor pendorong pertumbuhan jamur di lensa loh ! Lensa yang berembun dan tidak di-lap tentu menjadi tempat tumbuh yang disukai oleh jamur.

Trik terbaik untuk anda yang aktif di luar ruangan alias outdoor adalah menggunakan “Rain Cover” ketika memotret dalam cuaca yang kurang bersahabat untuk memastikan kamera aman dari air.

Oiya, ketika memotret sunset/sunrise pun kita sebaiknya tetap menggunakan “Rain Cover” untuk menghindari cipratan air laut (namun jika kita memotretnya jauh dari bibir pantai, maka tidak menjadi masalah hehehe)

Saya suka hujan-hujanan sambil motret tapi belum memiliki “Rain Cover” mas. Tenang, sehabis baca artikel ini teman-teman bisa ke dapur dan mencari plastik bening dan karet kemudian mengubah 2 benda tersebut menjadi “DIY Rain Cover”.

Kesimpulan dari

Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Jamuran

Memastikan kamera terhindar dari jamur nakal bisa teman-teman praktekkan dalam 2 cara yaitu, mengelap menggunakan tisu kering, dan menyimpan kamera dalam Dry Box. (Baca cara membuat dry box sendiri disini)

Mengapa 2 tips ini sangat baperan? eh berperan?

Karena Dry Box memiliki Silica Gel yang bisa menyerap kelembaban. Akan percuma jika kita mengandalkan Dry Box saja tanpa mengelap kamera dan lensa terlebih dahulu.

Contohnya: menyimpan langsung kamera basah kedalam Dry Box tanpa di-lap terlebih dahulu. Baca juga artikel saya tentang “Tips memilih tripod sesuai budget dan kebutuhan“. So? Pastikan kamera kesayangan kita tetap kering ya guys! dan jangan lupa Share artikel ini hehehe 🙂 Baca juga artikel saya yang lainnya !


Kini update konten fotografi semakin mudah ! Langsung ke smartphone kamu 🙂
Yuk follow @779fotografi sekarang juga !

Bisa buka smartphone kamu sekarang juga dan follow @779fotografi, atau

Ikuti tautan berikut ini -> FOLLOW SEKARANG

 

Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Jamuran – 100% Mudah