Cara Mengatur Kamera DSLR Menggunakan Smartphone Android

Sesuai judul diatas, kali ini kita akan mencoba “Cara Mengatur Kamera DSLR Menggunakan Smartphone Android“. Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada beberapa hal yang harus anda ketahui.

Mengontrol kamera DSLR menggunakan Android memerlukan beberapa peralatan (sebut saja bahan) kemudian setiap brand kamera (Canon dan Nikon) memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Maksudnya ? Tidak semua merk/brand bisa dikontrol menggunakan aplikasi yang sama.

Setiap brand kamera memiliki cara yang berbeda-beda untuk bisa dikontrol melalui smartphone android meskipun ada aplikasi yang bisa mengontrol lebih dari satu merk / brand kamera. Disini saya akan mengulas 1 aplikasi untuk 1 merk atau brand kamera meskipun pada aslinya anda bisa mengontrol lebih dari satu brand kamera menggunakan satu aplikasi.

Aplikasi-aplikasi untuk mengontrol kamera DSLR ini ada yang “Berbayar” dan ada juga yang “Gratis”, Tentunya dengan kelebihan dan keterbatasan fiturnya ya guys.

Ingin sesuatu yang “Gratis” dan “Lebih baik dari membeli” ? Yuk gabung di halaman khusus yang saya kelola untuk berbagi tips dan trik seputar DIY (Do It Yourself) Fotografi, Bergabung sekarang juga ! Mengapa membeli jika anda bisa membuatnya sendiri ? Do It Yourself !

Cara Mengatur Kamera DSLR Menggunakan Smartphone Android

( Bahan / Alat yang Perlu Anda Siapkan )

  • Smartphone Android yang sudah support USB OTG
  • Kamera DSLR tentunya 🙂
  • Kabel USB OTG
  • Kabel USB bawaan kamera DSLR (cek di dus kamera anda hehe)

Sedikit informasi mengenai “support USB OTG” – fitur ini bisa anda cek di mbah google dengan mengecek fitur smartphone anda, jika sudah support anda hanya tinggal jalan kaki ke konter HP terdekat untuk membeli USB OTG dengan harga 15-25 ribuan hehehe.

Baca juga tips dan trik fotografi lainnya yang sudah saya buat khusus untuk anda, beberapa artikel yang akan memberikan manfaat untuk anda adalah Tips meredam guncangan kamera saat menekan tombol shutter, tips memotret “Group Photo” / Foto secara berkelompok agar fokus merata,  dan Tips membeli kamera bekas.

Semuanya sudah saya sajikan untuk anda hehe, jangan lupa Share jika bermanfaat dan anda suka 🙂 Kembali ke pertanyaan awal “Bagaimana Cara Mengatur Kamera DSLR Menggunakan Smartphone Android ?”

Nah, jika semua peralatan yang saya tulis diatas sudah tersedia, selanjutnya kita tinggal “Setting menyetting Android” dengan aplikasi yang bisa anda download di Play Store. Saya akan memberikan penjelasan mulai dari Canon, bersiaplah anda pengguna kamera Canon 🙂

Cara Mengatur Kamera DSLR Menggunakan Smartphone Android  – Canon (via DSLR Controller)

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload Aplikasi pengontrol kamera bernama “DSLR Controller” dari Play Store. Aplikasi ini berbayar seharga Rp. 98.851, harga yang sebanding menurut saya mengingat fitur yang kita dapatkan bukanlah fitur yang bisa kita buat sendiri hehehe 🙂

Anda bisa mendownload apliklasi tersebut dari Google Play / Play Store menggunakan Android anda / Via PC yang sudah terintegrasi dengan smartphone Android anda. Bagaimana setelah selesai mendownload aplikasi tersebut ? Anda tinggal menghubungkan DSLR dengan Smartphone Android anda, HP+USB OTG, DSLR+Kamera USB bawaan.

Kemudian sambungkan Smartphone anda ke Kamera Canon, beberapa saat kemudian akan muncul pilihan “DSLR Controller”, pilih itu dan anda bisa mengontrol DSLR anda menggunakan smartphone, selamat ya kini anda bisa mengontrol DSLR via smartphone hehe !

Perhatikan ini guys

Cara Mengatur Kamera DSLR Menggunakan Smartphone Android  – Nikon (via DSLR Dashboard)

Untuk anda yang menggunakan DSLR berlabel Nikon (seperti saya) anda bisa mendownload aplikasi bernama “DSLR Dashboard” untuk mengontrol DSLR menggunakan Smartphone, sedikit catatan untuk anda bahwa aplikasi ini juga berbayar seharga Rp. 117.511 (sedikit lebih mahal dari DSLR Controller ya?).

Bagaimana ? Tertarik mendownload meskipun berbayar ? hehehe 🙂 Cara mengatur kamera DSLR menggunakan smartphone android via aplikasi qDSLR Dashboard ini bisa digunakan untuk berbagai brand kamera. Tertulis di deskripsinya, Support untuk Nikon, Canon DSLR, dan Sony hhmmm menarik !

Langsung saja menuju TKP, anda bisa mencari APL ini di Google Play menggunakan keyword “qDSLR Dashboard“.

Sama seperti sebelumnya, untuk mengontrol kamera DSLR anda menggunakan smartphone anda harus menghubungkan DSLR dengan smartphone menggunakan kabel USB OTG. Peran USB OTG disini adalah sebagai “jembatan” penghubung antara USB kamera dengan Smartphone anda.Untuk qDSLR Dashboard saya hanya menemukan informasi sebagai berikut :

qDslrDashboard is an application for controlling your Nikon, Canon DSLR or Sony mirrorless camera.

Cara Mengatur Kamera DSLR Menggunakan Smartphone Android 

Via Aplikasi Gratis / FREE

Setelah kita membahas 2 aplikasi yang berbayar diatas, mungkin anda bertanya-tanya :

“Ada gak yang gratis?”

(Share artikel ini jika anda ingin tahu cara gratisnya hehehe)

Nah untuk pembahasan kali ini saya akan memberikan “Cara Gratisnya”, pertama anda harus mendownload aplikasi bernama Helicon Remote, aplikasi tersebut bisa anda download secara GRATIS di Google Play / Play Store (sama saja hehe :))

Bagaimana cara penggunaannya ? Untuk cara penggunaan dan tutorialnya sudah tersedia dan bisa anda tonton di APL-nya, anda cukup membuka Google Play dari smartphone anda dan masukan keyword “Helicon Remote” di kotak pencarian. Tonton dulu videonya agar lebih mudah ketika penggunaannya.

Secara keseluruhan saya suka dengan aplikasi ini, kenapa ? Karena ini GRATIS hehehe 🙂

Cara mengatur kamera DSLR menggunakan smartphone android
Helicon Remote – Aplikasi Gratis untuk Mengontrol DSLR Menggunakan Smartphone

 

Memang untuk kelebihan fitur dan fleksibilitas APL berbayar lebih unggul, namun jika anda tidak mau mengeluarkan uang untuk APL tersebut anda harus mencoba APL gratis ini meskipun fiturnya tidak selelngkap APL berbayar. Saya lebih suka apa-apa yang Gratis daripada berbayar hehehe. Bagaimana dengan anda ?

Tertarik mencoba guys? jangan lupa untuk SHARE jika artikel ini bermanfaat 🙂 Jangan lupa untuk bergabung dengan Subscriber tentangfotografi.com untuk mendapatkan notifikasi setiap kali saya mengupdate artikel di blog. 100% gratis dan valueable untuk anda yang suka fotografi !

Kontrol DSLR Kamu Menggunakan HP Android Sekarang Juga ! Lumayan Buat Keren-Kerenan.

Komentar ditutup.