Cara memotong foto – Cropping adalah salah satu bagian dari proses editing pasca pemotretan, banyak alasan mengapa foto harus melalui proses cropping atau pemotongan. Salah satunya adalah untuk mendapatkan bagian yang diinginkan tanpa harus melakukan 2-3 kali pemotretan.

Kemudian alasan berikutnya adalah “menghemat space memory”, seperti yang kita ketahui bersama bahwa ukuran file sebuah foto hasil crop dan foto non-crop jelas lebih besar ukuran yang non-crop.

Dengan melakukan crop pada bagian yang diinginkan, selain bisa menghemat tenaga untuk tidak melakukan pemotretan ulang kita juga bisa menghemat space sampai dengan 10-15% dari total size gambar.

Anda bisa menghemat 10-15% dari total ukuran gambar dengan melakukan teknik cropping pada bagian yang diinginkan.

Pertanyaannya adalah “Bagaimana Caranya?”

Cara memotong foto dengan baik dan benar tentu perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan, tentu tidak sembarangan main “crop” saja tho?

Ada beberapa hal yang harus teman-teman perhatikan, salah satunya adalah “dimana sebaiknya foto di crop” dan “seperti apa bentuk pemotongan yang baik” sekaligus contoh pemotongan yang kurang pas. 

Beberapa tips memotong foto dalam artikel ini admin harapkan bisa menjadi tambahan ilmu dan informasi untuk pembaca setia blog tentangfotografi.com 🙂 Jangan lupa Share jika bermanfaat ya !

Mari kita mulai dengan yang pertama, yaitu : Cara memotong foto yang baik & cara memotong foto yang kurang baik

Cara Memotong Foto yang Baik

Contoh diatas adalah “pemotongan yang baik” (lihat area biru) pada model diatas. Ada 5 contoh pemotongan yang baik pada foto diatas, mulai dari full body sampai close up. Sekarang mari kita bandingkan dengan contoh pemotongan foto yang kurang baik (ditandai dengan warna merah)

Contoh pemotongan yang buruk

Perhatikan foto diatas, bagian yang ditandai dengan warna merah adalah contoh yang buruk untuk pemotongan sebuah foto. Terutama bagian “close up” yang pemotongannya kurang pas (bagian dagu dan telinga terpotong). Perhatikan pula bagian kaki, pemotongan “nanggung” terlihat jelas disana (bagian sendal si model hanya terlihat sedikit, kesannya nanggung banget)

“kenapa gak sekalian aja full body? Iya kan?”

Setelah membandingkan kedua contoh pemotongan / crop pada foto diatas, sudah terlihat bukan bahwa cropping yang baik adalah peotongan foto yang simetris dan “nggak nanggung”. Simetris disini diartikan sebagai kesesuaian jarak antara bagian kosong di sebelah kiri dan kanan.

2+1 Tips untuk Memotong Foto Portrait

Kali ini kita akan bahas 5 tips cropping foto portrait, jangan lupa siapkan catatan atau tekan CTRL + D untuk mem-bookmark halaman blog ini untuk dibaca kemudian 🙂 Mari kita mulai saja dengan tips yang pertama!

1. Potong di area wajah

Untuk menghasilkan foto close up yang menarik tentunya diperlukan permainan sudut yang pas, teman-teman bisa menggunakan contoh dibawah ini :

Referensi proses pemotongan foto di area wajah.

2. Hindari memotong di area dagu! Coba tempatkan mata di titik “Rule of Third

Menghindari pemotongan di area dagu sangat penting, karena jika kita memotong di area dagu akan terlihat kurang menarik! Coba perhatikan foto dibawah ini.

Kemudian meletakan bagian mata di titik “Rule of Third” hanya sebagai saran saja, teman-teman bisa meletakan objek dimana saja selama itu dinilai “pas dan enak dilihat”.

Kiri : Contoh pemotongan yang kurang pas                   Kanan : Penempatan mata di titik “Rule of Third”

 

 3. Tidak harus mata yang ditempatkan di titik “Rule of Third”, coba kening !

Tips di poin nomor 2 hanya “masukan” saja, tidak bersifat baku 🙂 Teman-teman bisa mengisi titik “Rule of Third” dengan apa saja. Ingat apa yang saya tulis di poin nomor 2 tadi “teman-teman bisa meletakan objek dimana saja selama itu dinilai pas dan enak dilihat”.

Mencoba komposisi baru tidaklah menjadi masalah !

Software untuk Memotong Foto

Setelah memahami tekniknya, sekarang kita lanjutkan dengan alat bantu untuk melakukan proses cropping atau pemotongan foto. Pada bagian ini akan admin bagi menjadi 2, yaitu untuk PC dan Smartphone.

Jika teman-teman sering melakukan proses editing di komputer atau PC, beberapa software dibawah ini bisa dijadikan pilihan untuk membantu proses editing.

PC atau Desktop :

  • Paint (Bawaan windows) – Alternatif paling mudah
  • PhotoScape (Download gratis) – Admin biasanya menggunakan software ini

Smartphone :

  • SnapSeed – Aplikasi untuk membantu proses cropping sekaligus untuk mengedit foto.

BERGABUNG

Suka konten fotografi? Disini tempatnya ! Bergabung sekarang juga bersama 2.500+ orang yang memiliki passion yang sama dengan anda ! Mereka yang tertarik dengan fotografi berkumpul disini 🙂 Mari bergabung !

Cara Memotong (Crop) Foto dengan Baik dan Benar – Pastikan Anda Paham!