Cara Membuat Sendiri Dry Box Kamera – Halo guys ! Berbicara soal merawat kamera agar terhindar dari jamur tentu tidak lepas dari kata Dry Box, apa itu Dry Box ?

Hhhmm mari kita mulai dengan pengertian Dry Box !

Dry Box adalah kotak / tempat kedap udara untuk menyimpan kamera yang kelembabannya terjaga. Berfungsi untuk menjaga kamera dari proses penjamuran akibat suhu yang lembab.

Namun harga Dry Box ini tidaklah murah, mungkin bagi mahasiswa seperti saya akan lebih masuk akal jika uangnya digunakan untuk makan sehari-hari saja hehehe 🙂

Terus solusinya gimana?

Ya buat sendiri to hehe, emangnya bisa? Tentu bisa ! Kita akan manfaatkan silica gel guys 🙂

Silica gel? Mungkin sebagian dari anda bingung mendengar istilah ini, sebenarnya kita akrab dengan benda yang satu ini.

Kapan? saat membeli sepatu baru, biasanya didalam box ada bungkusan kecil seperti obat bukan? Itulah silica gel. Bentuknya seperti ini guys ! Mirip obat, tapi didalamnya seperti butiran-butiran kecil (bukan serbuk loh ya)

Cara Membuat Sendiri Dry Box Kamera

Sumber Gambar

Sebenarnya apa guna dari silica gel ini? Gunanya untuk menyerap kelembaban. Nah, fungsi inilah yang akan kita manfaatkan untuk menyerap kelembaban didalam Dry Box. So? Inilah bahan pertama yang harus anda siapkan.

Jika anda mencari silica gel tidak usah membeli sepatu baru hanya untuk mendapatkan silica gelnya saja, karena benda ini bisa anda beli secara kiloan! Ya, kiloan guys 🙂

Kemudian yang anda butuhkan selanjutnya adalah Box / kotak dengan penutup (Tupperware kalo emak-emak bilang), anda dengan mudah bisa mendapatkannya di toko plastik terdekat.

Yang terakhir adalah Higrometer, pengukur kelembaban ini berguna untuk melihat kadar kelembaban didalam Dry Box.  Harganya terjangkau kok guys, tidak lebih dari 100 ribu!

Jadi kesimpulannya, bahan yang anda butuhkan adalah :

  • Silica Gel, bisa bekas pengawet sepatu / beli secara kiloan. Its okay
  • Kotak Plastik dengan Penutup, Tupperware atau merk lain juga boleh
  • dan Higrometer

Cara Membuat Sendiri Dry Box

Setelah mengumpulkan ketiga bahan diatas, nantinya semua bahan diatas akan kita susun menjadi seperti gambar dibawah ini.

Silica gel, dan higrometer dimasukan kedalam box plastik bersama dengan kamera kesayangan teman-teman. Pastikan sebelum dimasukan kedalam Dry Box, kamera dalam keadaan kering ya guys !

Cara Membuat Sendiri Dry Box Kamera

Sumber Gambar

Secara teknis Dry Box buatan anda sudah selesai, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita mempraktekkan “Cara Membuat Sendiri Dry Box

Menurut sumber yang saya jadikan referensi, ini dia takaran yang harus teman-teman perhatikan :

  • Takaran silica gel untuk kotak ukuran medium (16 cm x 16 cm x 10 cm) – Gunakan silica gel sebanyak 100 gram
  • Untuk box yang ukurannya besar (20 cm x 20 cm x 29 cm) – Gunakan 300 gram silica gel
  • Jika silica gel sudah berubah warna menjadi merah jambu (kualitas menyerap kelembabannya sudah menurun) cukup disangrai sampai warnanya kembali menjadi biru pekat.

Jika sudah melakukan langkah satu sampai tiga, taaraa sekarang Dry Box anda sudah jadi dan siap digunakan untuk menyimpan kamera kesayangan ! Mudah bukan ?

Alternatif lain menjaga kelembapan kamera dan perangkat fotografi lainnya

Follow Instagram Saya untuk Update Terbaru Info Fotografi Guys !

Menggunakan teh celup yang dimasukan kedalam toples / box bertutup – Cara ini saya dapatkan dari salah seorang pembaca blog. Silahkan dicoba guys hehe selain menjaga kelembapan kamera, cara ini juga bisa membuat kamera anda beraroma wkwkwk

Menggunakan beras dalam box tertutup – Beras memang bisa menyerap air & kelembapan, jadi jika tidak ada silica gel atau teh celup, beras bisa menjadi penggantinya guys ! Wanna try?

Baca juga cara membuat Bokeh dengan bentuk yang bisa diubah-ubah 


 Punya foto keren? Jual sekarang ! Lumayan kan buat beli kamera baru 🙂
DAFTAR KE SITUS JUAL BELI FOTO ONLINE SEKARANG ! Begini caranya …

(Bergabung dahulu dengan grup “Pecinta Fotografi” kemudian nikmati kontennya)

Dry Box Memang Tidak Murah, So? Gausah Beli ! Kan Bisa Bikin . . . Gini Caranya !