Cara Membuat Light Painting dengan Android & DSLR

Cara membuat light painting dengan android & DSLR / seni melukis cahaya sudah terkenal sejak era fotografi modern, tidak heran kan jika sekarang jenis fotografi ini menjadi primadona untuk kalangan muda yang hits?

Bisa jadi salah satunya adalah anda, untuk anda yang penasaran tentang bagaimana cara membuat foto keren dengan teknik light painting photography, artikel ini adalah jawabannya ­čÖé

Mari lanjutkan ! Karena disini kita akan membahas cara membuat foto keren menggunakan teknik light painting photography dari A-Z menggunakan smartphone android & Kamera DSLR

Mempersiapkan Kelengkapan Melukis Cahaya
(Menggunakan DSLR)

  • Sebuah kamera yang dilengkapi “Bulb Mode”. Mode ini digunakan pada pemotretan diatas 30 detik.
  • Kabel shutter release, guna alat yang satu ini adalah untuk memudahkan kita dalam menangkap gambar tanpa menyentuh tombol shutter. Terkadang jika kita menekan tombol shutter kamera, akan terjadi sedikit guncangan pada kamera yang menyebabkan gambar/hasil foto menjadi blur.
  • Tripod, dalam pemotretan menggunakan teknik light painting photography yang membutuhkan waktu lebih dari 30 detik, kita tidak mungkin menahan alias memegangi kamera sampai proses melukis cahaya selesai. Untuk itu kita memerlukan tripod untuk membantu kita menahan kamera sampai proses pelukisan selesai.
  • Ini dia poin paling penting di bagian persiapan, memerlukan sumber pencahayaan. Kita bisa menggunakan senter, lampu dari handphone, atau apapun yang bercahaya.

Saya sarankan agar anda menggunakan lampu warna-warni agar hasil foto lebih menarik. Ya kurang lebih kita akan menciptakan hasil foto yang berbeda alias unik!

Setelah semua dipersiapkan, kini kita akan bersiap ke tahap kedua yaitu proses pembuatan foto keren menggunakan teknik light painting photography.

Ada sebuah hal yang harus selalu kita lakukan ketika memotret objek dengan teknik manapun, yaitu harus selalu menyetting kamera terlebih dahulu sebelum memulai proses pemotretan.

Mengapa? Karena kita bisa mendapatkan hasil maksimal jika pemotretan dilakukan dengan persiapan yang matang.

Salah satunya adalah menyesuaikan settingan kamera dengan teknik fotografi yang akan digunakan.

 

Untuk melukis cahaya, dibutuhkan pengaturan khusus juga support dari alat bantu berupa sumber pencahayaan, tripod, dan beberapa orang teman yang akan kita jadikan crew ­čÖé

Mari kita mulai dari menyetting kamera terlebih dahulu, pastikan teman-teman sudah menyiapkan seperangkat alat potret seperti kamera, baterai cadangan, tripod, dan kabel rilis (cable release)

Selain membuat artikel mengenai cara membuat foto light painting, saya juga membuat artikel tutorial yang lain seperti cara mengubah foto berwarna menjadi hitam-putih, cara mengetahui Shutter Speed sebuah kamera, dan tutorial membersihkan lensa dengan cara yang aman.

Berikut settingan terbaik untuk teknik “foto light painting” :

  • Aktifkan mode “Bulb”.
  • Gunakan ISO antara 100-200, gunakan percobaan pada keduanya baik 100 maupun 200, kita nantinya akan memilih mana yang terbaik untuk digunakan dalam proses pemotretan.
  • Gunakan aperture┬áf/5.6, ini adalah sebuah rekomendasi dari salah satu web khusus belajar fotografi terbesar.
  • Anda bisa berkunjung ke Digital Photography School┬áuntuk belajar fotografi (dalam bahasa Inggris). Agar kita lebih mudah dalam belajar fotografi tanpa kendala bahasa, kita bisa mengunjungi halaman ini.
  • Gunakan shutter speed pada angka diatas 30 detik (disesuaikan dengan kondisi saja)
  • Jangan lupa untuk mengunci objek utama kita dengan menggunakan fitur “lock focus”
  • Oke, settingan kamera sudah. Kemudian kita harus menentukan “dimana lokasi yang tepat”, lokasi yang tepat memiliki banyak kriteria.

kriteria tempat untuk melakukan foto light painting

1. Memiliki pencahayaan yang cukup (meskipun pada malam hari).

2. Tidak terlalu ramai. (jika kita akan melakukannya di luar ruangan/outdoor)

3. Memiliki latar belakang yang mendukung.

Ketiga kriteria diatas sebaiknya kita penuhi, rekomendasi tempat yang pas untuk melakukan pemotretan dengan teknik “light painting photography” adalah sebagai berikut :

Taman kota – Biasanya taman di kota-kota besar memiliki lampu-lampu taman yang membantu pencahayaan pada malam hari.

Lapangan yang memiliki pencahayaan cukup, Kita bisa menggunakan lapangan indoor maupun outdoor asalkan dilengkapi penerangan yang cukup. Mengapa saya merekomendasikan lapangan? Karena kita bisa mendapatkan “space” yang lebih luas, sehingga kita bisa berkreasi dengan lebih bebas.

Sejauh ini masuk akal? Yap, saya kira sudah cukup.

Didalam ruangan/indoor (rumah), pemotretan menggunakan teknik “light painting photography” tidak harus diluar ruangan. Kita bisa berkreasi didalam ruangan dengan settingan kamera yang sama.

Oke kita masuk pada bagian terakhir sekaligus inti dari artikel ini

PROSES PEMBUATAN

“Foto light painting menggunakan DSLR”

  1. Pasang kamera anda di tripod (pastikan sudah terpasang dengan benar & tidak goyang).
  2. Pastikan mode bulb sudah aktif.
  3. Set shutter speed menggunakan kabel “locking release” selama 60 detik atau lebih (disesuaikan saja).
  4. Mulai “menggambar” menggunakan sumber cahaya.
  5. Selesai

Eits, tunggu dulu ! Melakukan painting menggunakan cahaya tidak semudah itu. Kita memerlukan teknik khusus (tips dan trik) agar proses pemotretan sesuai dengan harapan. Berikut tips yang akan membuat foto kita terlihat lebih professional !

  • Lakukan percobaan terlebih dahulu –┬á kita harus memastikan settingan kamera diatur dengan benar, cobalah mengambil 2-3 kali tes potret untuk memastikan apakan mode bulb bekerja dengan baik. (Jika bekerja dengan baik, mode ini akan menangkap pergerakan cahaya).

Lakukan tes dengan melukis goresan-goresan cahaya didepan kamera, jika kamera menangkap pergerakan cahaya, maka kita sudah siap untuk pemotretan yang sesungguhnya.

  • Gunakan baju dengan warna gelap, ini akan membantu kita supaya tidak terlihat di kamera.
  • Selain menggunakan baju gelap, kita harus terus bergerak melukis menggunakan sumber cahaya. Jangan berdiam di tempat yang sama selama lebih dari 3 detik! Ini akan membuat kita nampak pada hasil foto nantinya.
  • Gunakan kecepatan yang sama saat melukis cahaya agar hasilnya rata (tidak ada yang terlalu tebal dan terlalu tipis) cahaya yang rata akan menghasilkan foto yang lebih menarik.

Mempersiapkan Kelengkapan Melukis Cahaya
(Menggunakan Smarthone Android) 

Setelah mencoba trik melukis cahaya menggunakan kamera DSLR, sekarang giliran menggunakan smartphone android.

Tentu akan lebih mudah bukan?

Bagaimana caranya? Mari kita bahas dalam artikel bagian kedua ini ­čÖé Enjoy !

Unduh Terlebih Dahulu Aplikasi di Google Play

Kedua aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan “Long Exposure” menggunakan smartphone android. Opsi manual kontrol juga tersedia sehingga memudahkan teman-teman untuk mengatur settingan kamera secara manual.

Teman-teman bisa langsung membuka Google Play / Play Store di smartphone, kemudian masukan kata kunci sebagai berikut :

Camera FV-5 

Cara Membuat Light Painting dengan Android

Long Exposure Camera 2

Cara Membuat Light Painting dengan Android

Untuk proses melukis cahaya / cara membuat light painting dengan android, tidak berbeda dengan melukis cahaya menggunakan kamera DSLR, teman-teman harus membawa tripod khusus smartphone (Ada U hold-nya).

Kemudian persiapkan sumber cahaya seperti senter / lampu berwarna.

Mulai melukis dengan menerapkan tips yang persis ketika teman-teman melukis cahaya menggunakan kamera DSLR.

Oke ini adalah akhir dari artikel┬ácara membuat light painting dengan android & kamera DSLR, semoga bermanfaat ­čÖé Jangan lupa share guys !


Jangan ketinggalan update artikel-artikel lain yang pastinya bermanfaat dan gratis ! dengan bergabung di grup subscriber bersama 1.500 orang yang memiliki hobi yang sama di bidang fotografi

Bergabung sekarang juga dalam grup subscriber Facebook ! 100% Gratis 

Grup ini saya jadikan tempat berbagi konten-konten baru (tips, trik, dan infografis) secara eksklusif. Saya akan senang jika anda bergabung hehe

Cara Membuat Foto Light Painting Menggunakan HP Android & Kamera DSLR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.