Cara Membuat Bokeh Unik

Cara membuat bokeh unik? bagi sebagian orang yang mendengar kata “Bokeh” mungkin masih asing. Bisa jadi anda salah satunya, jika ya berarti anda harus tahu dulu “apa sih bokeh itu?”.

Bokeh adalah bagian buram pada sebuah foto (biasanya di bagian background) yang disebabkan karena tidak fokusnya lensa pada bagian terkait.

Perhatikan foto berikut untuk memahami definisi bokeh dalam fotografi, dengan melihat gambar dibawah ini diharapkan teman-teman langsung memahami definisi dari bokeh itu sendiri hehehe 🙂

bokeh adalah
Definisi bokeh dalam gambar

sumber : pinterest.com

Bagaimana? Sudah paham definisinya? Yuk lanjut ke cara membuat bokeh !

BAGIAN SATU ARTIKEL CARA MEMBUAT BOKEH :

MENGENAL LEBIH LANJUT TENTANG BOKEH DALAM FOTOGRAFI

Ini adalah bagian pertama dalam artikel “Cara Membuat Foto Bokeh” yang menjelaskan secara lanjut mengenai bokeh. Sebenarnya bokeh berasal dari bahasa Jepang, nih definisi dari om Wikipedia 

In photography, bokeh (Originally /ˈboʊkɛ/, /ˈboʊkeɪ/ BOH-kay — also sometimes pronounced as /ˈboʊkə/ BOH-kə, Japanese: [boke])

Bokeh biasanya digunakan sebagai background karena memang terlihat keren, cahaya yang memudar/blur terlihat bagus dan menonjolkan objek utama dari sebuah foto. Objek utama jadi lebih terlihat dikarenakan latar belakang yang memang sengaja dibuat blur. Dalam artikel ini kita akan belajar cara membuatnya, mari kita bahas!

BAGIAN DUA ARTIKEL CARA MEMBUAT BOKEH :

BOKEH DENGAN BENTUK YANG UNIK

Bagian kedua dalam artikel ini akan membahas bentuk lain dari bokeh yang bisa disesuaikan dengan selera sang fotografer. Bokeh dengan bentuk yang bisa kita sesuaikan seperti foto diatas dibuat dengan cara yang sederhana, pada bagian ketiga kita akan belajar bagaimana cara membuatnya.

Bahannya juga bisa kita temukan dengan mudah, seperti karton, sepidol, gunting, dan selotip perekat, selengkapnya di Bagian Ketiga.

BAGIAN KETIGA ARTIKEL CARA MEMBUAT BOKEH :

 CARA MEMBUAT BOKEH DENGAN BENTUK UNIK

Bagian ketiga dari artikel “Cara membuat bokeh unik” ini menjelaskan bagaimana cara membuat bokeh dengan bentuk yang disesuaikan dengan selera sang fotografer.

Bahan : 

  1. Kertas karton ( harus karton yang agak tebal ).

Alat :

  1. Gunting
  2. Sepidol untuk membuat pola
  3. Pisau cutter
  4. Karet gelang

 

Penjelasan tentang “Cara membuat bokeh unik” dengan bentuk yang tidak biasa akan dijelaskan dengan gambar. Tanpa teks pun anda sudah bisa memahaminya 🙂 Yuk disimak !

sumber : pinterest.com

Cukup mudah bukan? Cukup modal kertas saja anda sudah bisa mempraktekkan “Cara membuat bokeh unik” tentunya dengan modal yang sangat minim ! Ini dia esensi dari DIY Fotografi

Ngomomg-ngomong tentang DIY Fotografi, saya memiliki artikel DIY fotografi yang paling populer. Jumlah SHARE-nya Alhamdulillah mencapai 1.3 K alias 1.300 lebih share dari teman-teman di sosial media. Jangan lupa luangkan waktu teman-teman untuk membaca 5 Trik DIY fotografi yang akan menghemat budget hingga jutaan rupiah.

Pada bagian selanjutnya kita akan membahas tutorial membuat foto bokeh yang sesungguhnya. Jika pada bagian ini anda belajar membuat bentuk hati untuk bokeh.

BAGIAN EMPAT ARTIKEL CARA MEMBUAT BOKEH :

MEMBUAT FOTO BOKEH 

Ini adalah bagian terakhir dari artikel “Cara Membuat Bokeh”. Siapkan catatan anda untuk menuliskan hal yang anda kira perlu dicatat. Saya akan menambahkan deskripsi singkat untuk tutorial yang berupa gambar. Tujuannya biar anda lebih mudah memahaminya. Mari kita lanjutkan!

Yang anda butuhkan :

  • Sumber Pencahayaan (Nantinya kita buat untuk Bokeh), bisa lampu atau lilin.
  • Kamera dan Lensa
  • Objek (Apapun)

Dalam foto yang saya lampirkan dibawah ini, pencahayaannya menggunakan lampu natal dan bokeh yang dihasilkan berbentuk bulat (Tanpa filter seperti yang sudah kita pelajari, but its okay).

Tutorial Cara Membuat Bokeh

sumber : pinterest.com

Beberapa hal yang harus anda perhatikan adalah :
  • Jarak antara sumber cahaya dan objek kurang lebih 1,5 sampai 2 meter.
  • Fokuskan lensa pada objek (botol) agar lampu menjadi buram dan berubah menjadi bokeh. Perhatikan gambar diatas.
  • Gunakan aperture yang anda rasa hasilnya paling bagus. Dalam gambar diatas saya lebih menyukai aperture (f/28).

Bonus : Custom Bokeh Slider

Dengan menggunakan bokeh slider ini anda bisa mengganti-ganti bentuk bokeh sesuai selera 🙂 Asyik bukan? Selain murah, trik ini juga menyenangkan hehe.

Mudah bukan? anda bisa melakukannya skearang! Hey tapi ingat, jangan terpaku pada contoh

Kreatifitas adalah hal yang membuat anda berbeda dari oranglain!

Gabungkan apa yang sudah anda pelajari di bagian sebelumnya untuk menciptakan hal yang baru! Share hasil karya anda pada teman-teman di social media agar mereka tahu !

Okay, anda sudah bisa membuat filter bokeh dan bisa juga membuat foto bokeh yang keren. Sekarang apa? Anda bisa membagikan artikel ini pada teman-teman anda.

Baca juga artikel saya yang lain mengenai cara membuat sendiri lens hood, lensa makro bermodalkan pipa air / peralon, dan membuat sendiri rain cover dengan modal shower-cap !


Jangan lupa bergabung dengan komunitas pecinta fotografi terbaik di facebook ya subs ! Jadilah bagian dari 3.500 lebih orang-orang yang antusias dengan fotografi 🙂 Admin sediakan konten-konten terbaik untuk kamu semua !

BERGABUNG SEKARANG (100% GRATIS)

 

Bosan dengan Bokeh yang Biasa Saja? – Gunakan Saja Bokeh Berbentuk Unik Ini! (Bentuknya Sesuai Mood Anda)

Komentar ditutup.