Cara membersihkan kamera hp dan DSLR

Mungkin bagi sebagian fotografer khususnya pemula seperti saya mungkin akan kebingungan jika terdapat jamur pada kamera, apalagi kita tidak tahu bagaimana cara membersihkan lensa kamera yang diserang jamur. Perangkat seperti lensa, dan sensor kamera adalah objek empuk bagi jamur, untuk itu selalu pastikan kamera kesayangan anda selalu dalam keadaan kering ya guys !

Jika anda mendapatkan masalah yang sama, ini adalah jawaban untuk masalah yang anda alami. Sebagai pembukaan, saya akan memberikan garis besar apa yang akan anda pelajari dari artikel ini.

Dalam artikel “Cara Membersihkan Lensa Kamera” ini anda akan disuguhkan :

  1. Mengapa lensa berjamur?
  2. Kenali dahulu musuh anda ! a.k.a Jenis-jenis jamur lensa.
  3. Gunakan peralatan khusus !
  4. Oke, sekarang . . . Mulai singkirkan jamur pengganggu ! (Step by Step!)

Cara Membersihkan Lensa Kamera Bagian 1

Mengapa Lensa Saya Berjamur?

Alasan mengapa lensa berjamur adalah kesalahan pada saat menyimpan kamera. Menyimpan kamera di tempat lembab dalam waktu yang lama menyebabkan jamur tumbuh di permukaan lensa kamera anda.

Selain pengaruh tempat yang lembab, menggunakan lensa di tempat dengan suhu terlalu dingin alias berembun bisa menyebabkan lensa anda berjamur.

Tapi ini tidak akan berlaku jika anda merawat kamera dan lensa dengan benar, setelah digunakan pastikan lensa dan kamera anda “KERING” dan agar lebih aman dari jamur simpan kamera anda dalam “Dry Box”. Jike belum memiliki dry box, baca artikel : Cara membuat “Dry Box” sendiri

Selain tutorial membersihkan lensa, saya juga tutorial mengenai cara mengetahui “Shutter Count sebuah kamera guna menjadi pertimbangan saat anda akan membeli kamera bekas, tutorial membuat foto light painting yang keren, dan tutorial membuat foto hitam putih lebih menarik.

 

Cara Membersihkan Lensa Kamera

 

Lalu bagaimana jika lensa sudah berjamur? Tenang solusinya sudah saya tulis dalam artikel ini. Silahkan lanjutkan membaca 🙂

Cara Membersihkan Lensa Kamera Bagian 2

Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Membersihkan Lensa Berjamur

Sebelum memulai membersihkan jamur pada permukaan lensa/sensor kamera, tentu anda membutuhkan sebuah peralatan yang mendukung anda dalam upaya membersihkan jamur.

Apa saja yang anda butuhkan?

Rekomendasi peralatan terbaik : Beli saja “Cleaner Kit” alias seperangkat alat pembersih lensa yang banyak dijual di toko kamera / aksesoris kamera. Pack ini terdiri dari lap micro fiber, blower, kuas kecil, dan cairan pembersih khusus.

Cara Membersihkan Lensa Kamera Bagian 3

Cara Membersihkan Lensa Kamera Step by Step

1. Bersihkan terlebih dahulu menggunakan “Blower” – Tiupkan blower pada permukaan yang akan dibersihkan agar debu-debu yang menempel pada permukaan lensa / sensor hilang.

2. Bersihkan debu yang tersisa dengan kuas – Gunakan kuas khusus yang terdapat pada “Cleaner Pack” untuk membersihkan debu yang tersisa di permukaan lensa/sensor anda.

3. Gunakan cairan pembersih dan lap microfiber untuk membersihkan permukaan – Basahi lap microfiber menggunakan cairan pembersih khusus, kemudian lap permukaan yang hendak dibersihkan. Untuk membersihkan permukaan lensa anda bisa menggunakan step ketiga ini, namun jika hendak membersihkan sensor alangkah baiknya cukup sampai step 2 saja.

Hindari kontak langsung dengan sensor kamera untuk menghindari resiko "Kerusakan".

Cara Membersihkan Lensa Kamera Bagian 4

Solusi Berdasarkan Jenis Jamur Pada Perangkat Fotografi

Secara umum jamur yang menyerang lensa atau sensor kamera dibagi menjadi 2 jenis, ada jamur kelas ringan dan jamur dengan level yang lebih tinggi alias jamur kelas berat.

Masing-masing memiliki penanganan yang berbeda pula, bagaimana cara mengatasinya ?

Jamur Ringan – Ciri-Ciri dan Solusi Untuk Mengatasinya

Jamur ringan ini biasanya menyerang bagian optik luar, jamur jenis ini bisa langsung dibersihkan secara langsung tanpa harus bersusah-susah membongkar lensa. Ciri jamur jenis ini adalah berbentuk titik-titik kecil atau bintik pada permukaan lensa baik bagian depan ataupun belakang.

Cara Mengatasi Jamur Pada Lensa (Kategori: Ringan)

Jamur ringan yang menempel pada lensa, bisa anda bersihkan dengan cairan pembersih dan kain lembut. Cairan pembersih dan kain tersebut bisa dengan mudah anda dapatkan di toko kamera terdekat, biasanya sudah dipaket dalam “Cleaner Kit”.

Cara Membersihkan Lensa Kamera

Basahi kain dengan cairan pembersih dan gosokkan lembut secara perlahan pada permukaan lensa yang berjamur. Ulangi proses ini sampai jamur benar-benar hilang. Perhatian ! Jangan menggosok permukaan lensa menggunakan kain kasar

(Rekomendasi : Beli saja paket pembersih di toko kamera terdekat 🙂 Hindari penggunaan kain asal-asalan apalagi kain yang bertekstur kasar, ini akan menggores permukaan lensa anda! )

Jamur Kelas Berat – Kenali, Pahami, Solusi

Jamur berat, bukan kiloannya yang berat namun dosis jamur ini-lah yang berat.Mengapa berat? karena tipe jamur ini berbeda dengan jamur ringan, jamur ini merupakan kesatuan / gabungan dari jamur ringan yang berupa bintik-bintik sehingga berukuran besar dan mentupi optik lensa.

Jika sudah terjadi seperti ini solusi terbaik adalah “Menyervis lensa / kamera anda (jika yang terserang adalah sensor)”. Mengapa langsung di servis? karena kita bukanlah ahli dalam hal ini, perlu peralatan khusus untuk menyingkirkan jamur tersebut.

Apalagi jika yang terserang jamur adalah bagian optik dalam lensa, harus bongkar-pasang terlebih dahulu. Jika anda tidak ingin mengambil resiko “Kerusakan” maka membawa lensa/kamera anda ke toko servis adalah solusi terbaik yang tersedia. Kecuali anda adalah ahli dalam hal ini dan memiliki peralatan yang dibutuhkan, its okay 🙂

Jika jamur menyerang sensor kamera anda, saya sarankan langsung saja membawanya ke tempat servis agar penanganan yang diberikan tepat sasaran dan anda bisa menghindari kerusakan akibat dibersihkan sendiri.

Sensor lensa adalah bagian yang rawan rusak jika terkena kontak langsung, hindari resiko ini dengan membawanya langsung ke tempat servis 🙂

Cara Membersihkan Lensa Kamera Bagian 5

Kesimpulan

Intinya, Jika bagian lensa yang diserang jamur maka anda bisa membersihkannya sendiri (jika level jamur tersebut masih ringan) namun jika sudah mencapai level berat, lebih baik anda membawanya ke tempat servis.

Begitupula dengan jamur pada sensor, anda lebih baik membawanya ke tempat servis saja karena sensor kamera adalah bagian sensitif dari sebuah kamera yang “Rawan” rusak.

Jangan lupa untuk SHARE halaman ini ke teman anda yang tertarik dengan dunia fotografi & ingin belajar fotografi dengan cara yang berbeda! sekaligus tunjukan pada teman-teman anda bahwa belajar fotografi itu tidak sesulit yang orang katakan!


Jangan lupa bergabung dengan komunitas pecinta fotografi terbaik di facebook ya subs ! Jadilah bagian dari 3.500 lebih orang-orang yang antusias dengan fotografi 🙂 Admin sediakan konten-konten terbaik untuk kamu semua !

BERGABUNG SEKARANG (100% GRATIS)

 

Ini Aneh ! Semua FG Ingin Kameranya Awet, Tapi Masih Salah dalam Membersihkannya. Ini Cara yang Benar !

Komentar ditutup.